Handphone Blackberry (Contoh Eksperimen SEO)

Tulisan ini hanya contoh saja, untuk menguji benarkah “teori” SEO yang kita kaji kemarin dengan memilih kata kunci dasar atau utama ponsel atau handphone, dan ikutannya dalam hal ini Blackberry, dapat merebut posisi di halaman pertama Google dan Yahoo. Dasar pemalas, konten untuk eksperimen SEO ini dicuplik dari posting khusus bedah handphone, BlackBerry Roundup: Bold vs. Storm vs. Tour vs. 8900 dari phoneWreck. Disadur bebas, bukan nyontek lho!

Judul kita geser sedikit, handphone Blackberry kita taruh di depan! Sisipkan pasangan kata kunci handphone Blackberry di posting karena kita memang sedang membahas produk ini.

Handphone Blackberry: Bold, Storm, Tour, 8900

Siapa tak mengenal ponsel atau handphone Blackberry? Kali ini kita kaji karakteristik 4 buah model unggulan, istilah kerennya, ‘flagship‘: Bold (9000), Storm (9530), Tour (9630), dan 8900.

Berikut tabel kasar data spesifikasi teknis dari ke 4 handphone Blackberry tersebut. Nilai 0-3 (terbaik), 0 = tidak ada. Di sebelah kanan adalah data kinerja pemakaian.

  • Model __Bold_ Storm Tour 8900 _Loading (detik) __Bold_ Storm _Tour _8900
    _OS 2 3 3 3 __7,5 MB (musik) 1,0 9,3 9,4 1,1
    _Layar 1 3 2 2 __65 MB (album) 5,4 53,7 53,8 5,3
    _Resolusi 1 2 2 2 __145 MB (teve) 19,2 108,8 108,3 19,1
    _Memori 3 3 2 2 __675 MB (film) 46,5 432,0 432,4 46,4
    _Wi-fi 3 0 0 3 __(MB/detik) (14,5) (1,6) (1,6) (14,5)
    _Jejaring 3 3 3 1
    _GPS 3 3 3 3
    _Kamera 1 2 2 2

Kalau koneksi ke internet bisa dilakukan tanpa wi-fi, maka dari sisi teknis produk unggulan handphone dimenangkan oleh Blackberry Storm dan Tour.

Tetapi untuk kinerja pemakaian tampaknya produk unggulan dimenangi Blackberry Bold dan 8900. Keduanya menjadi hp favorit untuk menikmati musik, TV, gambar/foto, dan film. Waktu loading 10 kali jauh lebih cepat dibandingkan kedua lainnya!

Hasil SEO?

Belum tahu, dan tidak terlalu berharap, SEO langsung bisa memunculkan posting ini di halaman satu Google atau Yahoo. Mesin pencari “kaget”, kontennya tidak konsisten dan relevan dengan misi dan tema utama blog yang sudah diindeks oleh mesin. Artikel pendatang di situs yang fokusnya bukandi  handphone mana bisa langsung tampil di depan, menyerobot situs “senior” khusus handphone?

Tetapi, siapa tahu? Namanya juga eksperimen. Coba ketikkan “handphone”, “blackberry”, “handphone blackberry” di mesin pencari; boleh juga dicoba, “ponsel Blackberry”, “hp Blackberry”. (Jangan-jangan “eksperimen SEO” peringkatnya lebih bagus!)

Selamat mencoba!

😀


Sepuluh menit setelah upload yang lolos di Google adalah seperti ini. Hihi… tanpa komentar, no comment! Jelas sekali kata kunci apa yang dipakai di sini. (Tidak diperlihatkan screenshot 40 menit kemudian, sudah naik ke posisi 4 dari atas.)

Celaka, di Yahoo nihil, barangkali bingung blog ini urusan “handphone” atau “SEO”.

Meski ini mustahil, mana mungkin pengunjung cari hp Blackberry mengetik “handphone Blackberry SEO”, tetapi iseng cobalah… . Dia masih mau tampil di Google tapi mogok total di Yahoo (ngamuk!).

Kesimpulan penting: (1) sekarang kita kira-kira tahu salah satu penyebab posting tidak muncul-muncul di halaman 1 atau 2 Google dan Yahoo, beradu kepentingan atau bahasa gayanya, conflict of interest. (2) ranking/posisi berubah atau bergerak dengan waktu, (3) artikel harus diuji kembali dengan memposting di blog khusus handphone (ada yang mau meminjamkan blognya untuk eksperimen SEO ini?), (4) satu artikel saja belum layak menempati posisi teratas.

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
4 comments on “Handphone Blackberry (Contoh Eksperimen SEO)
  1. Joddie berkata:

    he.he.. dua-duanya belon pernah beli.. hihi.. jadi gak tau gimana rasanya

    • rioseto berkata:

      pura-pura saja dulu, bisa cerita meyakinkan biar pun “katanya” posting ini, hehe… selamat berblackberry ria di akhir pekan!
      😀

  2. rioseto berkata:

    siip… terimakasih, harus semangat terus rupanya, ya, hehe.
    😀

  3. z4nx berkata:

    terus berjuang mas..menarik untuk disimak perjalanan berikutnya..

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: