Eksperimen SEO: Link dan Media Sosial

Posting ini pendek memberi kesempatan otak rehat dulu sambil menikmati skor link popularity ([FreeTools] Submit Express): 5223 (12 Feb), 5841 (16 Feb), 6191 (19 Feb, hari kemarin). Horee… naik terus! Sedikit lagi nyundul situs serem www.horror.com yang berbahasa inggeris dengan skor 7462. Wah bangga kalau berhasil. Apakah ada kaitan dengan posting terbit teratur berkala 2 hari sekali? Terbit teratur memang dimasukkan sebagai salahsatu strategi eksperimen SEO yang masih berlangsung sampai sekarang.

Otak direhatkan karena posting beruntun eksperimen SEO (AWSurveys, Shvoong) dan yang terkait seperti kata kunci atau keyword, Pagerank, trafik Alexa, link popularity, cukup menegangkan (dan melelahkan) juga. Hehe… tapi senang hasilnya nyata, sering muncul di situ ‘tuh.. halaman satu Google atau Yahoo! Membuat rasa percaya diri lebih besar, mendorong untuk memonetisasi blog segera. Namun masih terkendala sedikit, bagaimana cara menjaga posisi atau ranking di halaman depan yang berubah-ubah, supaya stabil?

Belum tahu caranya hanya menduga-duga saja. Kalau kita buka googlepagerankchecker posting kemarin dan mengamati pengelompokannya, ada kelompok “1-2-3”: 1 kelompok urusan trafik melalui media sosial (Digg, Reddit, Stumbleupon, Delicious), 2 kelompok urusan link [Siterank], [Indexed Data & Backlinks], [Other Backlinks], dan, 3 kelompok urusan ranking blog berdasarkan trafik: [Alexa Rank], [Site Rank], [Compete-quantcast:].

Wow, ternyata masih banyak juga yang harus dicoba ya, terutama “gaul” di media sosial. Belum pernah tahu, belum pernah coba. Ingin mempelajari karakteristik dan manfaatnya lebih dulu. Juga link. Link ternyata dideteksi beberapa mesin pencari yang masih asing bagi saya. Tetapi kalau sungguh-sungguh ingin mengglobal, tampaknya tak ada pilihan kecuali mencoba semuanya. (Biar tidak disebut gaptek? Iyah.)

Otak direhatkan untuk link, sekarang sambil bersantai di akhir pekan otak kita ajak ber’wisata’ melihat media sosial. Untuk para pemula seperti saya, tersedia 2 artikel media sosial siap kaji,

Kedua media ini mirip, bandingkan dan dapatkan persamaan dan perbedaannya (termasuk dapat duitnya juga!). Sederhana, tidak serumit yang dikira. Sekarang kita jadi tahu dan pintar dan coba ambil manfaatnya.

Sampai bertemu di posting media sosial berikutnya.

πŸ˜€

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
13 comments on “Eksperimen SEO: Link dan Media Sosial
  1. Blog SEO mengatakan:

    wah, saya kurang suka sama digg lho..:mrgreen:

  2. […] saya keliru tetapi social bookmarking seperti Digg, StumbleUpon, yang diperkenalkan di posting lalu dan sekarang Reddit dan Delicious, adalah semacam “surat kabar” yang berita di halaman […]

  3. adiarta mengatakan:

    Ternyata ada group2 juga ya “1 2 3”
    baru tahu…
    tapi saya tetap gak ngerti… hehehe…
    Harus lebih banyak belajar lagi nih.πŸ™‚

    • rioseto mengatakan:

      hehehe… jangan dianggap serius bli, kebetulan saja ‘kok biar gampang dihafalkan begitu! kalau diperhatikan ada sebab-akibat, ada link, muncul trafik, akibat ranking! (‘ngarang!)

  4. Mas Ben mengatakan:

    Memang banyak banget tools SEO, setiap kali main ke blog kawan-kawan selalu aja ada logo-logo baru yang belum ada di blog saya atau teman saya lainnya hehehe

    Salam bentoelisan

    Mas Ben

    • rioseto mengatakan:

      Mas Ben, pikiran saya sama, saya mencoba bisa menyusun sistematikanya, menyederhanakannya, supaya mudah diikuti teman-teman dan tahu persis harus bertindak apa untuk mempopulerkan blognya… terimakasih Mas Ben.

  5. A.J.I mengatakan:

    thanks sharingnya coba dipelajari dl

  6. Agung Pushandaka mengatakan:

    Wah, meski sudah ngeblog sejak 2007, sampai sekarang saya ndak mengerti tentang SEO. Soalnya saya ngeblog cuma untuk nulis saja. Hehe!

    Tapi sekali-kali saya sempat cek pagerank.πŸ™‚

    • rioseto mengatakan:

      Wah, mas Agung rupanya sudah senior juga, blog ini jadi malu sibuk sendiri ber-SEO ria. Lihat tulisan mas Agung di blog, bagus! Berarti bisa lebih banya yang menjadi fans di blog tersebut. Biar ramee!

      Mohon ijin ambil data Blog Pushandaka: Google 6, Yahoo = 188, rank trafik (Alexa) tingkat dunia = 1,369,926, indonesia = 45,195, kata pop = “kenapa malaysia maju”, Pagerank = 2.. Target naik 50% bulan ini, mengapa tidak? Hehe… kerjaku menggoda, boleh dong ya.

      Salam,πŸ˜€

  7. romailprincipe mengatakan:

    doh..aku ga mudeng mas…

    • rioseto mengatakan:

      hehe… mas romail, ‘ndak susah ‘kok; mungkin saya memang mendorong terlalu jauh soal SEO ini. Ah dienjoy saja, mas…πŸ˜€

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: