Eksperimen SEO: Reddit dan Delicious, Apalagi Nih?

(Wah, meski sudah ngeblog sejak 2007, sampai sekarang saya ndak mengerti tentang SEO. Soalnya saya ngeblog cuma untuk nulis saja. Hehe! ) … (Setelah di-cek, ternyata blog saya masih kelas nol besar) … (jadi pingin tahu juga mas) … (thanks sharingnya coba dipelajari dl) … (tapi saya tetap gak ngerti… hehehe) .. dst.dst.

Mungkin tidak semua menyadari dibalik cuplikan komentar teman-teman ini ada kekuatan besar, blogging tidak hanya sekedar fun, dikerjakan karena gemar menulis, tetapi ada semangat belajar terus-menerus agar blognya juga ikut maju. Begitulah yang saya rasakan. Terus terang komentar semacam di atas itu jugalah yang membakar saya belajar lebih cepat. Terimakasih kepada teman-teman semua.

Mungkin tidak semua kita sepaham, bermimpi memanfaatkan blog menjadi sebuah mesin penggerak ekonomi. Tidak apa-apa bagi yang tidak tertarik dan sudah senang curhat dengan menulis. Itu juga sudah bagus. Silakan enjoy. Saya sudah melakukan riset kecil-kecilan melakukan kontak dengan yang di luar sana, melakukan blogwalking mengamati perilaku blog 100 terbaik Indonesia, memperhatikan yang bisa naik jadi tenar karena menulis dan yang bisa kaya dari blog. Semua mengagumkan!

Saya melawan tidak mengikuti arus seperti pada umumnya. Banyak jalan menuju Roma, mencari solusi alternatif yang bisa saya buktikan dan diikuti teman-teman nanti, khususnya pemula. Posting di blog ini merupakan sejarah perjalanan pikiran saya yang mencerminkan itu semua, menjadi fondasi yang mendasari kerja bisnis saya nanti.

Akhirnya waktu jugalah yang membatasi. Dalam 1-2 bulan saya sudah harus memutuskan dan meluncurkan 1 atau 2 blog bisnis yang serius (ada 2 calon produk andalan). Berhasil atau tidak itu soal nanti, yang pasti jangan tersendat hanya gara-gara tidak faham link, keyword, SEO, pagerank, trafik, atau faktor lainnya antara lain seperti social bookmarking StumbleUpon, Digg, Reddit , dan Delicious, yang katanya bisa mendongkrak trafik. Sekarang masih belajar. Belum faham.

Mungkin saya keliru tetapi social bookmarking seperti Digg, StumbleUpon, yang diperkenalkan di posting lalu dan sekarang Reddit dan Delicious, adalah semacam “surat kabar” yang berita di halaman utama diisi posting blog atau website terkini. Kita juga bisa mengisi. Umur hanya sehari, besok sudah “basi” dan bersaing lagi! Setiap hari kita diuji membuat tulisan bagus dan berkualitas kalau ingin mendapat tempat di halaman pertama, mendapat “bookmark” dari pengunjung. Ini tantangan menarik.

Bookmark adalah tanda pembatas di buku; fungsinya sama atau mirip seperti kita menyukai situs-situs tertentu lalu disimpan di “Favorite” atau “Bookmark” (Firefox).

Pengalaman adalah guru terbaik. Tidak kenal maka tak sayang. Harus dicoba, dan hari ini sudah mendaftar di Delicious (dan beberapa hari lalu medaftar di  Yahoo!Answers (Indonesia), menyusul segera Ask dan Answers. Hehe… daftar sana sini memperkenalkan diri. Cobalah, menyenangkan.) Delicious sepertinya cocok dan mudah diikuti pemula.

Saya sudah membuat catatan kecil perkenalan dua social bookmarking tersisa. Silakan ambil di sini (.pdf). Mudah-mudahan mudah difahami. Kalau ada yang bersedia menerjemahkan, wah, senang sekali. Memakai mesin oenerjemah kurang baik hasilnya. Beritahu saja nanti saya kirim versi [.doc] agar mudah disunting. Maaf teman-teman yang belum mengerti atau tidak faham, saya juga belum bisa cerita banyak soal social bookmarking. Saya bercerita pengalaman hasil eksperimen dan dampak positif atau negatifnya terhadap blog ini, nanti.

😀

Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
13 comments on “Eksperimen SEO: Reddit dan Delicious, Apalagi Nih?
  1. Ar-Rijal mengatakan:

    saya baru saja mendaftar di delicious, tp ga tau apa fungsinya.. hehe… makasih mas atas infonya….

  2. d0rman mengatakan:

    sip infonya …

  3. bisnispasti mengatakan:

    wihh..wiihh.. perkembangan ngeblog ternyata berkembang amat pesat. Saya mau nimbrung aja deh…

  4. ZX AUDIO mengatakan:

    Boleh nih kalo pembahasannya lebih diperdalam lagi, spy sy menjadi semakin mengerti lagi🙂

    • rioseto mengatakan:

      oke… ini semua memang masih intro, pendahuluan, belum diperdalam karena saya juga sambil belajar. tentu suatu saat dibahas mendalam dengan pengalamannya sekalian.

      sudah lihat blognya, berjualan car-audio ya; bagus sekali…

      terimakasih.😀

  5. Red mengatakan:

    Ngeblog sejak 2007? Gw mah ketinggalan banyak. Br ngeblog sekitar 2009, banyak sekali yg harus dipelajari

  6. fanz mengatakan:

    wah saya juga ga mendalami SEO🙂

    • rioseto mengatakan:

      halah SEO itu cuma ukuran saja, tidak peduli juga tidak apa-apa,saya sudah visit ke blognya uda, wow! hebat sekali! Alexa oke, Pagerank oke, link popularity sangat oke..

  7. adiarta mengatakan:

    Sepertinya itu salah satu komen saya deh… Masa’ sih ada sesuatu kekuatan yang besar di dalamnya??? hehehe…
    btw, pengen juga ya blog saya di-bookmark. Cuma membuat tulisan yg berkualitas masih susah bagi saya…🙂

    • rioseto mengatakan:

      hua-ha-ha… ijin pinjem komentar bli Adiarta! Bali di bookmark dunia sehingga lebih dikenal dari Indonesia. Tulisan bagus? Dimana-mana untuk bisa jadi juara juga harus berlatih keras, ya ‘kan? salam,😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

