Keluyuran di Situs Tanya-Jawab

Di atas tercantum sejumlah situs bukan seperti situs yang biasa kita kenal. Situs adalah semacam forum lepasan, tempat di mana kita bisa bertanya (bebas sesukanya, ada kategorinya), atau di mana kita bisa menjawab (sesukanya juga). Situs ini bisa dilihat sebagai cara baru menjalin pertemanan meski bukan jaminan berteman selamanya.

Kalau kita lebih suka memilih memberi “jawaban” daripada “pertanyaan”, ada kesempatan menggiring si penanya untuk berkunjung ke situs kita. Situs kita disisipkan di dalam jawaban atau sebagai referensi. Tentu saja jawaban utama kita harus relevan dengan pertanyaan yang diajukan. Misalkan pertanyaan, “di mana mencari handphone terbaik?”. Kebetulan blog kita membahas handphone, beri jawaban yang tepat kemudian giring ke situs kita!

Lumayan. Berharap jawaban juga terlihat pencari informasi serupa. Coba klik “Yahoo Answers” di atas (bahasa Indonesia). Di san ada kotak [Temukan], lihat gambar di bawah, mereka mungkin akan mengisinya dengan kata seperti ini, “handphone terbaik”.  Jawaban kita lalu muncul dan kalau dia suka, kemungkinan juga akan berkunjung ke situs kita. Asyik juga.

Tampilan beberapa situs Tanya-Jawab

Inilah salahsatu tips atau seni(?) pemasaran, pandai-pandai membuat jawaban yang menarik dan melibatkan situs kita di dalamnya. Ini berlaku umum pada situs Tanya-Jawab (1) sampai (4). Sayang situs (5) sudah tidak diaktifkan lagi oleh Google; situs (6) lebih menyangkut ke produk Microsoft.

Kalau situs Tanya-Jawab tadi bersifat umum, tiga situs berikutnya lebih spesifik (khusus). Situs (7) jelas berhubungan dengan masalah teknis komputer; (8) adalah situs serius untuk berbisnis (baru saja coba menjadi member gratis, ingin tahu). Juga situs (9), situs ini menekankan pada pemasangan iklan dan program PPC (pay-per-click). Di sini kita hanya bisa bertanya saja, jawaban datang dari mereka. Profesional sekali, menarik, tetapi belum coba.

Saya memandang situs Tanya-Jawab bagus untuk kita berlatih membuat jawaban atau pertanyaan bermutu. Situs juga bagus sebagai solusi alternatif untuk membangun jejaring (network) sosial; untuk yang bisnis, hehe.. nanti dululah, belum berani!

😀

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
27 comments on “Keluyuran di Situs Tanya-Jawab
  1. Renditya berkata:

    coba deh ikutan tanyainaja.com.. disini bagus juga ada rewardnya soalnya

  2. rendity berkata:

    kalo di indonesia ada tanyainaja.com

    bagus bro, ada reward pulsa gratis

  3. rizal berkata:

    cara mengaktifka screen saver gimana,padahal langkah langkahnya sudah saya terapkan,kok masih gak bisa?????

    • rioseto berkata:

      langkah-langkah mengaktifkan screensaver yang dimaksud yang mana ya? rasanya salah ‘kamar’ deh, buat komentar baru lagi ya dik rizal… ditunggu.

  4. Kiwil berkata:

    Sebenarnya ada situs tanyajawab asli buatan indonesia, yaitu tanyasaja.com , buatan detikcom situs berita, cuman sayang, tgl 24 november sudah tutup, skarang beralih ke forum tuh 😦

    • rioseto berkata:

      terimakasih infonya mas Kiwil… bagaimana kalau kita bangun lagi? yah, mirip-mirip ‘FAQ” begitu, yang jawab diseleksi dulu supaya jangan asal jawab, begitu… (eh, blognya ke mana?) 😀

  5. m-iccank berkata:

    kerennnnnnn.!!!!!!!!!!

  6. iamsevent berkata:


    • rioseto berkata:

      Halo iamsevent, terimakasih kunjungannya ..tak ada komentar ‘nih. Saya sudah berkunjung juga ke situsnya iamsevent. Silakan lihat.

  7. gabenx rap berkata:

    alamat surel itu apa sih……?????

    • rioseto berkata:

      surel singkatan surat elektronik, terjemahan bebas dari email bahasa kerennya, tetapi saya lebih suka menggunakan kata ‘imel’. jangan hiraukan kata ‘alamat’, maksudnya ya ‘imel’ itulah. oke? kapan bikin blognya ‘nih, ditunggu, ya.

  8. trusted ptc berkata:

    Boleh tuh dicoba buat menjual sesuatu, atau bahkan untuk mempopulerkan blog kita.. 😀

  9. nice info, thanks for sharing.

    find yahoo answer easily. visit : http://filesearch.web.id/Yahoo_Answers/

  10. nurdianto berkata:

    mas rio,kalo berkenan saya mau tuker link mas..tapi blog saya belum ada PRnya,makasih…

    • rioseto berkata:

      hehe… jujur sekali mas nur, kita tukar link dengan kesepakatan, saya pasang link blognya dengan janji konten blognya mas nur diisi 7 artikel bahasa indonesia berturut-turut dalam 2 minggu, topik sekitar “cari uang melalui blog” (earning online) saja. mau bagus atau jelek bukan soal, tetap bangga gua punya, oke? 😀 (sudah dipasang, coba lihat)

  11. adiarta berkata:

    Kalo saya lebih suka memberi pertanyaan, daripada jawaban… 😀
    Mungkin dari situs2 di atas, saya akan coba melatih diri menjadi penjawab… 🙂

  12. nurdianto berkata:

    wah betul tuh,perlu dicoba nih..

  13. wahyu berkata:

    saya biasanya cuma cari2 aja terus ketemu. jarang menjawab atau ngasih pertanyaan soalnya. hehe..

  14. drummerfan berkata:

    saya biasa pake yahoo 😀

    • rioseto berkata:

      wow asyik tuh, boleh YahooAnswers versi Indonesia dicoba, menjadi penjawab dan terus cek pengunjungnya naik atau tidak… eksperimen kecil. hehe… salam
      😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: