Social Bookmarking

maaf buat teman-teman, jadi blogger sejati ternyata susah juga, janji mau posting 2 hari sekali, dilanggar sendiri! memalukan, bangkit lagi, coba lagi…

Social bookmarking dapat dipakai menaikkan ranking dan trafik dengan memanfaatkan perilaku pengunjung mencari informasi di internet. Social bookmarking sudah biasa kita lakukan sehari-hari saat mencari informasi. Informasi dibaca (review), ditata dan dibagi menjadi kelompok (kategori), lalu disimpan. Proses ini disebut bookmarking.

Kelemahan bookmarking “jadul” adalah tempat simpan. Komputer berganti, bookmark situs tidak terbawa. Dari awal lagi? Capek deh. Kelemahan bookmark lain adalah bersifat personal. Situs tidak bisa disemaikan ke teman-teman. Sayang rekan tidak bisa turut menikmati. Kelemahan lainnya lagi adalah keterbatasan kita menilai, apakah situs bookmark sudah cukup bagus dan bermanfaat?

Muncul cara bookmarking baru. Bagaimana kalau hasil bookmark situs, kita simpan di web? Biar orang lain ikut melihatnya juga. Ternyata bisa. Bookmark situs kini tak lagi harus bergantung kepada komputer; bookmark situs bisa diakses kapan saja, dan diteruskan kepada teman kita yang memerlukannya (yang mungkin bookmark juga). Cara ini jadi populer dan diikuti semua orang. Terciptalah situs-situs social bookmarking, melayani penyimpanan berbagai situs yang disukai dan diminati orang.

Prinsip bookmarking sama saja, tidak berubah, hanya cara yang berbeda. Kumpulan bookmark situs sekarang menjadi pustaka beraneka topik yang bagus-bagus hasil seleksi kita dan orang lain. Kita bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang sama (atau berbeda) alur pikirannya. Selain itu social bookmark bisa dimanfaatkan menggiring orang berkunjung ke situs kita. Horee.. trafik!

Itu berita bagusnya, ada juga kelemahannya. Salahsatu adalah ‘tag’ bookmark dengan kata kunci tunggal. Handphone, misalnya. Ada puluhan juta bookmark situs tentang handphone, padahal yang diperlukan hanya bookmark situs yang menjelaskan cara kerja handphone GSM! Repot, ‘tag’ harus menggunakan 2 kata kunci atau lebih. Ini disebut ’long tail’ (“ekor panjang”). Kita akan bahas nanti di posting berikut.

Dari beberapa situs social bookmark yang saya amati, strukturnya masih rumit, kurang bersahabat, kurang user friendly. Sukar diikuti. Belum lagi ada orang yang membuat ‘tag’ secara otomatis (tagging spam) dengan maksud memperoleh trafik tinggi (dan uang!) dalam waktu singkat.

Namanya juga belajar harus berani mencoba. Berikut adalah daftar nama social bookmark, melengkapi yang telah diperkenalkan di posting lalu: Digg, Delicious, Reddit, StumbleUpon.

_

Daftar ini hanya situs yang populer dan setengah populer saja; untuk yang penasaran, masih ada sekitar dua ratus lebih situs social bookmark beredar di web.

Selamat ber-social bookmarking!😀

* cobalah klik, mudah dimengerti.

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
11 comments on “Social Bookmarking
  1. Rafi berkata:

    Hmmm….Keren banget Infonya pak Rio, Keep Posting n thanks for share

  2. Rajwa berkata:

    Wah jadi nambah Ilmu baru lagi nih, Sallam kenal ya pak. Ditunggu kunjungan baliknya 🙂

  3. and1k berkata:

    waduh saya masihperlu banyak belajar nih ama mas rio

    • rioseto berkata:

      mas andik, ayo sama-sama belajar, ayo sama-sama maju! posting semacam ini sebetulnya sudah ada/banyak di tempat lain, saya hanya melengkapi saja ‘kok. 😀

  4. wahyu berkata:

    waduh pak kayanya harus belajar banyak ni sama bapak. saya g ngerti masalah long tail, tailing, apa lagi sampe tail recursion (wah apa lagi ini?) haha..

    salam kenal pak. btw dari bandung ya pak? 🙂
    saya TN15

    • rioseto berkata:

      salam kenal lagi mas wahyu… jika yang susah dilihat sebagai tantangan, semua akan terasa ringan dan mudah diikuti. enjoy posting “buntut panjang” nanti oke (iya saya di bandung, si bungsu TN 18) 😀

      • wahyu berkata:

        wah adik kelas dong hehe. tapi g sempat ketemu pak, saya keluar dianya masuk. siapa namanya? dibagus ya? salam kenal aja dari abgnya angkatan 15 hehe..

  5. annosmile berkata:

    saat ini saya baru memanfaatkan digg saja bro

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: