Long Tail 2-Program Bantu & Tips Menulis

__
Long tail alias “ekor panjang” ini adalah lanjutan Long Tail 1-Intro yang di posting sebelum ini. Menarik, ya! Berikut adalah terjemahan klip video tersisa, membahas pemakaian program atau perangkat bantu mencarikan kata kunci yang kita perlukan untuk long tail. Di bagian akhir ada tips atau strategi yang menganjurkan menulis konten di semua bagian, “kepala-badan-ekor”, kurva long tail.

Berikut terjemahan dan penjelasan tambahan klip video long tail pada posisi menit:detik 03:05,

    Klip lalu: (… bagaimana mengetahui atau menduga kata atau ungkapan pencari yang diketikkan kustomer? Paling baik adalah memposisikan atau menempatkan diri kita sebagai kustomer. Cari kata apa kira-kira yang akan diketik mencari konten yang diperlukan. Teruskan, perhalus kata-kata yang mungkin muncul dan terpikirkan kustomer. Kumpulkan temuan ini dan jadikan pustaka long tail andalan di dalam menyusun artikel nanti!)
    Kemampuan kita terbatas. Mencari atau menduga kata-kata kunci long tail tidak mudah dan melelahkan. Beruntung ada program atau alat bantu yang bisa menolong kita mencarikan kata-kata tersebut untuk dipakai di daerah long tail. Salahsatu adalah Wordtracker. Wordtracker menghasilkan kata-kata atau ungkapan untuk diumpankan ke mesin pencari.
    Lalu ada Keyword Discovery, semacam kamus atau pustaka hasil mengumpulkan dan mencatat pemakaian kata-kata kunci di semua mesin pencari.
    Kedua program, Wordtracker dan Keyword Discovery, berbayar.
    Good Keywords memintakan mesin pencari memperlihatkan kata-kata pencari atau ungkapan yang “bagus” (sering dipakai) untuk kita pakai. Program juga berbayar, versi gratisnya ada dengan kemampuan terbatas. Bagi pemula untuk belajar, nanti kita kupas.
    Google juga memiliki perangkat serupa, Google Alerts dan Google Suggests. Google Alerts mengirim surel kepada kita menginformasikan kata-kata kunci terbaharu terkait topik, kata kunci, atau ungkapan atas permintaan kita. (Untuk memahami ini harus coba sendiri.)
    Google Suggests sering kita lihat ketika mengetikkan kata pencari di kotak Google, ada kata-kata lain ikut ditampilkan di bawahnya. Seperti ini,
    (Google mencoba menebak kelanjutan ketikan kata yang belum tuntas; bilangan di samping adalah jumlah temuan; amati jumlah “long tail”, “~ theory”, “~ economy”, “~keyword” dan “~ marketing”, dan yang panjang, “~ video player … .)
    Memahami dengan baik dan mengisi tulisan di daerah long tail sangat menguntungkan dan efektif. Posting berpeluang menempati posisi terdepan, sangat strategis dan penting untuk menarik pelanggan, kustomer, atau klien, yang sedang serius mencari produk atau jasa spesifik. Kita ada di sana tepat pada saat yang dibutuhkan. Ibarat sedang lapar berat, ada warung nasi di depan kita; ini dia, pucuk dicinta ulam tiba!
    Jadi ada pengunjung yang sedang perlu sesuatu; ada kita di tempat yang mudah ditemukan karena tidak banyak pesaingnya; dan boom! , terjadilah transaksi karena kita memenuhi apa yang dicarinya. Inilah kondisi ideal yang ingin kita kejar di daerah long tail.
    Tetapi jangan terlalu terikat menulis semua artikel di long tail. Berbagi menulis untuk bagian lainnya juga dengan aturan kasar 20-30% untuk “kepala”, 70-80% untuk “badan” dan “ekor”.
    Ini kita lakukan mengantisipasi ketidaktahuan kita kapan sebuah artikel menciptakan sebuah transaksi (uang!). Ciptakan artikel sebanyak-banyaknya dengan cakupan kata kunci seluas-luasnya untuk memaksimalkan pencarian sehingga mudah ditemukan.
    Mulailah berlatih melibatkan long tail sebagai bagian penulisan artikel kita. Ini akan mendorong posisi blog kita ke tempat yang lebih layak, agar bisa dan mudah ditemukan calon kustomer potensial yang bersiap membelanjakan uangnya!
    Ayo segeralah mulai membuat tulisan 5, 10, 20 atau lebih artikel berbasis long tail. Percayalah artikel memberi imbalan balik yang sangat layak kelak!

__


End! Video habis sudah. Long tail tidaklah sukar. Rajin-rajin saja memposting artikel yang bagus-bagus, memadukan kata kunci yang sering dipakai orang sebagai long tail … (faham ‘kan sekarang maksud gambar kartun di atas?).

😀

ditampilkan
Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blog Tips dan Trik, Blogging
6 comments on “Long Tail 2-Program Bantu & Tips Menulis
  1. Blogger Ceria mengatakan:

    wah boleh jg nih infonya..🙂

  2. wahyurez mengatakan:

    kata kunci sebenarnya kata2 di dalam content, atau “tag” pak ya? bingung juga nih hehe

  3. zheno2009 mengatakan:

    makasih infonya mas..,artikelY top bgtz..
    salam kenal…

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: