Google World, Bisakah Jadi Mimpi Kita Juga?

Tak kenal Google? Kelewatan ‘deh. Kita mengenal Pagerank, yang banyak dikejar-kejar para blogger untuk meningkatkan gengsi blognya. Pagerank (PR) adalah produk Google yang diambil dari nama belakang Larry Page, salah satu pendiri Google. Banyak sekali produk Google, sebagian besar terkenal sehingga tak heran PR Google meraih peringkat tertinggi, 10!

Google memiliki visi jauh ke depan, mengetahui betul tren pergeseran etos kerja manusia di masa depan berkat kemudahan berinteraksi di internet. Google sadar dan mengantispasinya dengan mengakusisi banyak perusahaan penting yang dianggap strategis dalam bisnis Google ke depan. Sebagian, ditunjukkan tabel berikut di bawah.



Hebat ya Google, ehm, maksudnya banyak sekali duitnya! (Padahal rata-rata perangkat Google gratis. Bagaimana ya cara dapat duit melalui teknik “gratis”? Canggih.)

Menarik di sini, teknik atau cara Google mengelompokkan perangkat alat bantu yang diperlukan dalam bekerja di kemudian hari nanti. Ada 4 kelompok besar: (1) Mesin pencari (search engine) (2) Alat bantu meningkatkan produktivitas (3) Iklan/promosi (4) Alat bantu bisnis bagi para entrepreneur atau wirausahawan.

Kalau dicermati pengelompokan ini, runut dan masuk akal. Informasi dikumpulkan dari sana-sini (mesin pencari), diolah dan dikembangkan jadi produk baru siap jual (alat bantu produktivitas). Untuk itu perlu perusahaan untuk promosi dan menangani bisnisnya. Virtual? Mungkin saja, transaksi terjadi melalui trust (kepercayaan) tanpa harus mengenal secara fisik satu sama lain. (Barangkali perusahaan termasuk OTB, organisasi tanpa bentuk atau semacamnya, begitu.)

Berikut contoh perangkat bantu Google yang dipakai mendukung aktivitas dalam pendidikan dan bisnis.

Gambar menunjukkan dengan jelas pemakaian alat bantu yang dimiliki Google untuk melayani dunia pendidikan. Semua masih dipakai kecuali Google Notebook yang dihapus (Januari 2009) karena sudah terwakili Google Docs dan ‘Google’ lainnya. Berikut aplikasi Google untuk dunia bisnis.


Konsep “gila” Google sangat jelas, ‘Google for all‘, yang dapat memenuhi semua keperluan kita.

Dapatkah cara berpikir Google diterapkan ke dalam pola pikir kita dengan mengatur strategi blog dan blogging agar menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita maupun orang lain?

(Salahkah saya kalau blog bisnis yang diluncurkan nanti memilih produk fokus handphone? Perhatikan alat bantu Google yang mulai merambah ke dunia mobile, termasuk Android! Handphone diperkirakan akan jadi piranti vital dalam memajukan dunia pendidikan dan bisnis. Sambutlah…)

😀

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
4 comments on “Google World, Bisakah Jadi Mimpi Kita Juga?
  1. Toko Parfum Online mengatakan:

    Sepertinya tanpa Google, online activities yang mengejar SEO dan SERP, makin berat..jadia terima kasih google.

    • rioseto mengatakan:

      terimakasih kunjungannya Toko Parfum Online, saya juga sudah berkunjung balik… wanginya masih tercium ‘nih. mungkin ini kelemahan satu2nya dunia maya ya, tidak bisa mencicipi enaknya makanan atau minuman, tidak bisa mencium wanginya parfum (yang belum kenal)…

  2. Blog Peluang Bisnis mengatakan:

    Google memang mantaf..kalo kita teliti, google mempermudah kita dalam hal kegiatan online marketing..

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: