Tips Backup Posting Dengan Editor Blog

Clipboard01Oops, posting di blogku terhapus tak sengaja kemarin!

Para blogger WordPress yang pernah mengalami hal ini tentu kecewa berat karena tidak bisa diundelete, tidak ditemukan di ‘keranjang sampah’, tidak ada cadangan alias backupnya. Autosave (simpan otomatis) tidak menjamin posting kita masih ada dan tersimpan di sana. Hilang, ya hilang. Sedih.

Kecelakaan hanya dapat dicegah atau dihindari dengan membuat posting masternya di editor lain. Salinan atau copynya yang diupload. Editor di blog pada dasaranya adalah editor teks biasa, jadi posting bisa dibuat dengan Word atau semacamnya. Karena kode format  editor teks seperti ini tidak kompatibel dengan kode format blog, upload ke blog memerlukan penyuntingan ulang. Tidak bisa sekali jadi, bahkan terkadang harus memindah teks dan gambar secara manual. Ribet.

Untunglah ada editor blog. Tidak ada yang istimewa dan jauh lebih sederhana dari Word, tetapi diperlengkapi kemampuan menyesuaikan format agar bisa diupload ke berbagai program blog terkenal seperti WordPress, Blogger, TypePad, atau yang lain. Bahkan tag dan kategori bisa kita tentukan di editor ini. Enak juga…

Selesai menulis naskah kita tinggal klik [Upload] dan horee … berkas langsung masuk di blog! Tidak perlu apa-apa lagi; tag dan kategori ikut ada di sana. Penyuntingan pun, kalau ada, hanya minor. Kalau sudah trampil, kita tinggal posting berulang-ulang artikel sesuka kita, tanpa perlu membuka blognya. Sudah percaya hasilnya tentu bagus!

Artikel ini dibuat dengan editor blog BlogDesk. Tanpa sunting ulang. Lumayan ya?

Ada banyak blog editor yang bagus-bagus, tetapi baru coba yang satu ini, BlogDesk (kita bahas di posting berikutnya). Beberapa yang terkenal, ada yang berbayar dan ada yang gratis, ada di bawah.

Editor blog (klik)
Windows Live Writer WindowLive Writer
Qumana Qumana
BlogDesk Blogdesk
CKEditor CKEditor
w.bloggar w
zRaven zRaven

Pilih mana yang nyaman dan sesuai bagi kita. Terimakasih editor blog; kesederhanaannya membuat master blog secara offline, memudahkan kita dan sekaligus membantu kita menghindari risiko fatal berkas posting yang tidak ternilai itu, sirna. Kita cukup banyak menginvestasikan waktu, energi, dan materi di sana. Sayang sampai terbuang sia-sia.

Selamat mencoba!

😀

Update: Saya eksperimen menyunting di blog (termasuk teks ini), ingin melihat apakah hasilnya bisa dibaca kembali oleh dan disimpan di BlogDesk. Ternyata oke, wah bisa bolak-balik nih. Asyik!

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blog Tips dan Trik, Blogging
2 comments on “Tips Backup Posting Dengan Editor Blog
  1. skema rangkaian berkata:

    tipsnya sangat bermanfaat banget mas…
    ijin bookmark dolo ya..
    tengkyuu..

    • rioseto berkata:

      blognya skema rangkaian juga bagus, sayang dalam bahasa inggeris, ada niat di indonesiakan? lebih bagus juga kalau ada tutorialnya sehingga orang tertarik mencoba.. dan membeli! he,he… he. sukses skema rangkaian!

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: