WordPress 101 Slideshow

Posting enteng hari ini, buat slideshow di WordPress. Ini diperuntukkan bagi bloger pemula; untuk yang sudah pakar dinikmati sajalah itung-itung penyegaran, atau nikmati slideshownya, “The Blogger’s Red String”, yang sudah diindonesiakan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ada suatu ketika ingin menampilkan banyak gambar sekaligus di blog. WordPress menyediakan sarananya: (1) gambar ditampilkan semua, atau, (2) dibundel layaknya album dan ditayangkan berurutan satu per satu seperti kita membuka lembaran album. Inilah slideshow.

Menu [Galeri] dan [sisipkan Slideshow]. Ketika mengupload banyak gambar untuk posting kita ada menu dan submenu yang luput dari perhatian karena jarang kita pakai yaitu, menu [Galeri], dan di bawahnya, submenu [Sisipkan Galeri] dan submenu [sisipkan Slideshow]. Klik menu submenu [Sisipkan Slideshow], semua gambar yang banyak tadi langsung jadi slideshow seperti di atas. Sederhana sekali, ya.

Tayangan slideshow bisa diatur otomatis atau manual. Tampilan hanya ‘segini-gininya, warna latar dan ukuran layar mengikuti lebar kolom, mode pergantian antar slide juga tidak bisa, latar musik juga belum ada. Apa adanya. Sebagai eksperimen, cobalah klik [Sisipkan Galeri] dan lihat apa yang terjadi.

Urutan slideshow. Urutan tayang gambar bisa kita atur di sini juga. Lihat gambar di bawah. Seret gambar ke atas atau ke bawah sampai urutannya betul. Kalau sudah, kllik [Bersihkan], lalu klik untuk mode tayang mau “maju” (meningkat) atau seperti slideshow kita di atas, “mundur” (menurun). Nomor urutan tayang ditampilkan di sebelahnya. Selesai.

Gambar lain ikut slideshow. Celaka, kalau kita tambahkan 2 gambar menu seperti di atas, dan emoticon di bawah, WordPress akan menyertakan gambar ikut ‘mejeng di slideshow. Rusak ‘dehslideshow kita. Diakali, gambar dihapus dari Pustaka lalu terbitkan posting dulu, gambar menu dipanggil lagi untuk disimpan. Sama saja. Pokoknya, semua gambar di posting ikut tayang. Gambar tidak bisa dipilih yang untuk tayang saja, ya.ah, ..gado-gado, apa boleh buat.

Slideshow di atas. Sumber gambar slideshow di atas berasal dari PowerPoint 2007. Cobalah blok atau tekan [Ctrl]+[A] di ruang editor slide. Klik kanan, ada tulisan [Save as Picture… ]. Simpan gambarnya dengan format yang bisa dipilih. Sunting ulang ukuran untuk memenuhi lebar layar, dalam hal ini 560 piksel. Lebar kolom berbeda, cari ukuran gambar yang sesuai; kalau tidak layarnya lebar gambarnya kecil (seperti gambar emoticon). Belum coba kebalikannya.

Photo slideshow? Ganti gambar dengan foto, jadi ‘deh photo slideshow!

Slideshow di widget. Slideshow bisa diletakkan di widget, tetapi kacau. Masih dalam tahap eksperimen, nanti diupdate kalau sudah dapat solusinya.

Untuk memperkaya pengetahuan cara buat slideshow di WordPress, ada beberapa situs:

  1. ‘Slideshows’ (bahasa inggeris dari WordPress). Ada baiknya dikunjungi, ada 3 tutorial tentang slideshow yang bisa diintegrasikan ke WordPresss: ‘Slide’, ‘RockYou’, dan ‘Slideshare’.
  2. ‘Membuat Slideshow Pada WordPress’ (bahasa indonesia, contoh photo slideshow).
  3. Slideshow original di atas (bahasa inggeris) ada di Slideshare, “The Blogger’s Red String”.
    statistik minggu-2:   selasa.16.nov  1793   1973   2022   2077    2309   2402    2809   2905
    statistik<minggu-3:  selasa.23.nov  2921   2975   3002

slideshow? animasi? (sumber:Wiki)

Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: