Animasi Warp Dengan ‘Sqirlz Lite’ (2)

Warp adalah cara atau teknik untuk mengendalikan gerak sebuah obyek. Misalkan kita memiliki 1 obyek, dalam hal ini gambar, ingin kita ubah bentuk dan gerakannya. Gunakan warp. Warp lebih mudah karena cara kerjanya tidaklah serumit morph. Jelas sekali pada contoh di posting terdahulu, ya.

1.  Membuat ‘Gambar-1’

Buka gambar ‘1Pelangi.jpg‘ yang tersedia, di program ‘SqirlzLite’. Gambar-1 harus kita definisikan dulu dengan membuat outline dari menu di samping kiri.

Klik tombol [1], klik-kiri di dalam gambar “pelangi” untuk memulai membuat garis, klik-kiri untuk selesai, dan klik-kanan untuk menyudahi. Baru saja kita membuat “tulang” (spine) atau “urat nadi” dari Gambar-1.

Sekarang “daging”nya. Jendela kecil terbuka menanyakan ketebalan “daging” Gambar-1 (default 10), klik [OK]. Jadi sudah Gambar-1 kita. Lanjut dengan Gambar-2.

2.  Membuat ‘Gambar-2’

Di sini kita dituntut kreatif! Kita mengulang membuat outline persis sama seperti Gambar-1 tadi tetapi menggunakan menu kembarannya di samping kanan. Letakkan gambar outline di bagian bersih di bagian bawah ‘Pelangi’.

Bisa seperti contoh? Bisalah. Pekerjaan menuntut ketekunan dan kehati-hatian. Gambar-2 selesai.

3.  Warp

Sekarang proses animasi warp. Sederet menu di bagian atas akan kita pakai. Seperti morph terdahulu, kita tentukan jumlah bingkai atau framenya, klik menu  ketik 15, [OK]. Klik sebelahnya , klik sebelahnya lagi . Horee! Animasi warp kita sudah jadi. Ngebut, pelankan dengan tombol [Panah-Turun] di keyboard. ‘Ah iya, jangan lupa klik menu paling kanan . (Coba sendiri nanti menu [Roda].)

4.  Simpan Berkas

Pekerjaan belum selesai. Kita ingin simpan bagian bergerak saja (Gambar-2), Gambar-1 tidak usah ikut-ikutan. Lanjutkan klik menu atas. Klik di sebelahnya, lalu klik di sebelahnya lagi [Segitiga] untuk memperkecil ukuran visual gambar kita. Sekarang terserah, mau disimpan dalam format Flash, AVI, atau GIF.

Beres.

5.  Eksperimen

Tuntas sudah eksperimen mendasar kita. Agar latihan bisa segera dimulai, gambar ‘Pelangi’ disediakan. Kita baru menggunakan sedikit menu ‘Outline‘ dan sebagian menu berkas di atas. Ada baiknya menambah ketrampilan dengan mengkutak-katik menu samping ‘Kiri ‘-‘Kanan’-‘Atas’. Coba buat warp seperti di posting sebelum ini, coba “tulang” berkelok-kelok untuk Gambar-1 dan buat ‘kata’ untuk Gambar-2 . Hasilnya bisa-bisa sangat menarik tak terduga!

😀 warp, warp, warp
Gambar untuk latihan perdana warp: Pelangi.jpg

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: