Animasi Efek Riak Air Dengan ‘Sqirlz Water Reflection’

Kali ini kita akan mencoba membuat animasi dengan bayangan obyek di atas gerakan atau riak air seperti gambar di samping, memakai ‘Sqirlz Water Reflection‘. Program ini masih “keluarga” ‘Sqirlz’, yang khusus menangani pantulan atau refleksi obyek di atas permukaan air.

Dengan perkataan lain permukaan air jadi cermin; karena air umumnya bergerak atau bergelombang, bayangan obyek di atas permukaannya jadi sangat unik.

Animasi ini relatif mudah dibuat karena kita tak perlu repot-repot membuat gelombang sendiri. Terimakasih para pakar matematika ‘Sqirlz Water Reflection‘ yang berhasil memformulasikan riak air ini. Pasti rumus matematikanya rumit! Kita tinggal pakai saja… enak sekali.

Buka ‘Sqirlz Water Reflection‘, buka gambar ‘AZ_Teks.jpg’ yang tersedia di bawah. “Cermin” dibentuk oleh menu kiri atas, klik [Lingkaran]. Buat kotak cermin seperti gambar, stop klik kiri, selesai klik kanan.

Langsung saja animasi, klik [Panah] menu atas dan klik [OK].  Jadi ‘deh.

Itu intinya. Menu kiri bagian bawah, adalah base line atau garis/marka batas bagian obyek yang akan dicerminkan di atas permukaan air.

Mudahnya lihat gambar berikut. Kita buat kotak dengan salahsatu sisi base line #1. Obyek terpotong; yang menjadi bayangan adalah yang di atas garis. Cobalah.

Hapus kotak dan buat kotak baru dengan satu sisi garis pembatas #2, lalu animasikan. Coba juga garis #3. Lihat perbedaannya?

Gambar bisa diganti foto; buka menu [Examples] di program dan coba ikuti. Berbagai efek gerak riak air dilakukan dengan mengubah-ubah parameter di menu. Program ‘Sqirlz Water Reflection‘ juga bisa membuat riak air “cincin” yang terbentuk oleh jatuhnya tetesan air hujan atau salju. Menarik untuk dicoba.

Tidak pernah terpikirkan sebelumnya menggabungkan hasil ‘Sqirlz Water Reflection‘ dengan hasil ‘Sqirlz Lite’! Bisa ‘gitu? Lihat saja gambar di samping. Cara buatnya? Ssst, ..rahasia. (Berkas ‘AZ’ dibuka di ‘Lite‘, buat “tulang” vertikalwarpnya idem, vertikal. Simpan berkas dalam format .avi; buka berkas ini di ‘Reflection‘ lalu buat cerminnya. Animasikan. Selesai.  ‘Kok sebentar.)

Sebagai penutup cobalah tiru animasi gambar cantik ‘Juggernaut‘, yang diambil dari situs www.blender.org/features-gallery/gallery/art-gallery/ . Berkas ‘Juggernaut’ besar (798 kB), sabar tunggu sampai loading animasinya selesai. Ini berkas latihan untuk ‘Reflection‘ dan ‘Lite‘: ‘AZ_Teks.jpg‘.

:D  (klik ‘Like’ di bawah kalau posting ini bagus ya)

Animasi & Desember 2010

Program animasi serial ‘Sqirlz’ sekaligus menutup posting animasi tahun 2010. Banyak perangkat bantu membuat animasi yang lebih canggih, lebih sempurna, mudah-mudahan dapat disajikan di tahun 2011. Jangan salah, meski animasi di blog ini termasuk primitif (dasar) sesungguhnya ketrampilan kita meningkat pesat. Manfaatkan ketrampilan ini sebaik-baiknya, jangan pernah bosan berlatih dan berkreasi. Selamat beranimasi, sukses!

Tanpa terasa kita sudah memasuki penghujung akhir tahun 2010. “Salju” WordPress sudah menyemaraki blog meski kita berada di daerah khatulistiwa yang panas.  Mungkin untuk mengingatkan kita, prestasi apa yang telah kita capai selama 2010 ini?

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Animasi, Media, Tutorial

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: