Entrepreneur 101 Peluang Ada di Mana-Mana

Dua posting lanjutan ‘Entrepreneur 101 Dari Mana Mulai’, berkisah tentang pengalaman menjelajahi dunia bisnis yang sudah (posting ini) dan akan datang (posting berikutnya) menggunakan taktik ‘mo-dul‘ alias modal dengkul. Pengalaman adalah ‘guru’ berharga, yang berhasil menempa dan mengeraskan naluri kewirausahaan dalama diri. ‘Sekolah’ sudah cukup, tinggal ‘praktek’. Setuju banget.

Bisnis Pasar Global

What – merasa tidak punya produk maupun jasa yang layak jual, nekat memberanikan diri menjual produk atau jasa orang lain. Salahsatunya tudung lampu hias dari kerang hasil industri kerajinan di Cirebon.

Where – ke mana menjual? Tawarkan ke dunia? Iya, betul! ‘Think big, act small‘ (berpikir besar, bertindak mulai dari kecil).

Wh0 – peminat produk bernuansa klasik antik khususnya negara asal Eropa dan Amerika Latin; masih banyak (perlu survei kecil). Why – tudung atau kap lampu kerang adalah produk dekorasi interior yang mudah diganti, desain berubah dinamis, harga terjangkau. When – segera.

How – portal ‘B2B’ (business-to-business, perdagangan antar perusahaan, bukan perorangan), seperti Alibaba.com (berpusat di Hangzhou Cina, saham Yahoo = 40%, peringkat Alexa = 87).

Hasil positif, ada peminatnya, meminta brosur, contoh produk, harga, pembayaran, kurir, lama waktu penyerahan, garansi. Hasil negatif, ada penyimpangan kode etik kemitraan bisnis meski telah disepakati. Misalnya, layanan tidak kompak atau lamban. Kita terkena malu, nama baik atau kredibilitas kita, turun.

Bisnis batal (tetapi masih anggota Alibaba).

Bisnis Pasar Domestik

Ini bisnis jasa. Memaksakan tetap berangkat berlibur ke Bali tanpa reservasi hotel memakai jalan darat, tertolong sebuah biro perjalanan kecil nyaris tak kelihatan di sebuah hotel di Surabaya. Layanannya luar biasa bahkan agenda liburan di Bali disusunkan tanpa tambahan biaya sampai ke penitipan mobil segala. Kagum!

Ah, itu ‘kan sudah seharusnya demikian. Betul, yang tidak biasa adalah respon pemilik biro perjalanan. Ucapan terimakasih dan kritik membangun ke biro telah membuka jalan dengan menawarkan kemitraan berbisnis membantu penyelenggaraan wisata turis asing di Jawa Barat hingga Jawa Tengah!

Beneran ‘nih, pengalaman nihil besar. Penawaran lengkap dengan pelatihan di hotel segala. Gratis. Rupanya biro perjalanan ini bukan kecil seperti yang terlihat, tetapi luar biasa besar dengan jangkauan jejaring Asia termasuk Cina. Nama bironya saja keren, ‘BMW Tours‘ (Bali Megah Wisata).

Baru berkenalan sudah jatuh cinta pada pandangan pertama. Trust yang diberikan di awal, begitu besar. Sayang peluang emas bisnis tertunda karena diminta menaruh uang jaminan, waktu itu, 1/2 milyar! Besar sekali (sekarang juga masih).

Bisnis batal.

Bisnis Jasa & Produk Lainnya

Kisahnya tidak muat hanya dalam 1 posting. Sekedar berbagi, ada industri olah limbah elektronika seperti ‘pachinko’ (lihat Wiki), membangun kawasan ‘PIEK’ (Perkampungan Industri Elektronika Kuningan), industri budi daya ayam kampung, perdagangan tambang batu bara, MLM, industri jasa desain notebook (cerita ada di blog),  industri jasa pengembangan aplikasi baru ponsel (ada di blog), industri magnet, pengembangan bisnis produk baru dengan bantuan ‘Sanyo Indonesia Corporation’ (untuk fabrikasi, tidak ada situsnya) dan ‘Columbia‘ (untuk penjualan dan kredit). Kenyanglah pokoknya, pernah jadi reviewer buku juga.

Kesimpulan

  1. Peluang bisnis ada dimana-mana, baik untuk tujuan pasar global maupun domestik.
  2. Bisnis bisa dikembangkan berpasangan modal dengkul dan ‘trust’.
  3. Bisnis harus fokus dan ditunggui, jangan tanggung paruh-waktu atau part time.  Bekerja all-out! (komitmen ‘abis).
  4. Terapkan rumus praktis, ‘5W1H’ (What-Where-When-Who-Why, How) untuk pengembangan bisnis.

😀

Artikel berseri:

[1]  Entrepreneur 101 Dari Mana Mulai
[2] Entrepreneur 101 Peluang Ada di Mana-Mana (posting ini)
[3] Entrepreneur 101 Memilih Bisnis (1)
[4] Entrepreneur 101 Memilih Bisnis (2)
[5] Proyek 01: Bisnis Temulawak (Rencana)
[6] Entrepreneur 101 Memilih Bisnis (3)

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
4 comments on “Entrepreneur 101 Peluang Ada di Mana-Mana
  1. […] Entrepreneur 101 Dari Mana Mulai [2] Entrepreneur 101 Peluang Ada di Mana-Mana [3] Entrepreneur 101 Memilih Bisnis (1) (posting ini) [4] Entrepreneur 101 Memilih Bisnis (2) [5] […]

  2. […] → Entrepreneur, MotivationStories ← Entrepreneur 101 Peluang Ada di Mana-Mana Entrepreneur 101 Memilih Bisnis (1) → Like2 bloggers like this post. 2 Komentar […]

  3. […] apa ya? Menurut konten posting “Peluang Bisnis Ada Di Mana-Mana” kemarin sepertinya bisnis itu mudah. Kalau tahu caranya. Sesungguhnya peluang bisnis benar […]

  4. […] berseri: [1] Entrepreneur 101 Dari Mana Mulai (posting ini) [2] Entrepreneur 101 Peluang Ada di Mana-Mana [3] Entrepreneur 101 Bisnis Pilihan Masa Depan [4] (masih kosong) [5] (masih […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: