Blog 2011: Manipulasi Teks di Gambar dengan Irfanview

Judul beda tipis dengan posting sebelum ini karena masih terkait gambar dan teks. Kali ini lebih rumit dimana teks asli di gambar diganti dengan teks baru. Masih ingat gambar samping dengan gambar di posting 2 minggu lalu? Kita akan ganti teks di pelat nomor mobil ini dengan teks sendiri. Masih pakai Irfanview.

Gambar asli berukuran lumayan besar, 480 x 304 piksel. Apakah gambar diperkecil disesuaikan untuk blog baru ditulisi teks, atau, ditulisi teks baru diperkecil? Diambil yang terakhir, bahkan gambar akan kita ‘zoom’ sehingga mudah manipulasinya.

Irfanview: Show Paint Dialog, [F12]

Dua pekerjaan menulis teks baru di gambar: menghapus tulisan lama dan membubuhkan tulisan baru. Menu favorit kita [Edit] dipakai kembali di sini.

Lihat pelat nomor mobil gambar samping (atas). Kita hapus bersih 5 (6?) kelompok tulisan yang ada di sana. Setelah dihapus dan ditulisi kembali, jadilah seperti di bawah (kiri, kanan).

Mungkin tulisannya terlalu kecil; di pelat tertera tulisan  Visit Indonesia (bawah), Borjuis (atas), tidak terlalu jelas di latar hijau, 2011, dan Lagi Kosong Tapi Bokek. Mau?

Kira-kira begitulah.

  1. Buka gambar pelat nomor di Irfanview. Perbesar gambar dengan menekan [Ctrl] sambil memutar roda mouse.
  2. Tekan [F12] atau buka menu [Edit], klik ‘Show Paint Dialog‘. Muncul perkakas bantu menggambar seperti di samping. ‘Panah’ menunjuk peralatan manipulasi gambar. Dipakai hanya yang bernomor saja.
  3. Hapus: teks asli dihapus dengan ditimpa ‘kotak penuh’ (Panah-3); warna kotak dibuat sama dengan warna latar gambar (misalnya abu-abu).
  4. Warna kotak ditentukan tanda ‘cek’ (Panah-1) dan ‘pencuplik warna’ (Panah-2). Klik ‘pencuplik’ dan cari warna gambar yang akan kita ‘contek’. Klik kiri. Latar depan (1) berganti warna.
  5. Ulangi ‘pencuplik’ di warna tadi dan klik kanan. Latar belakang (2) berganti warna. Ini adalah warna kotak kita yang akan difungsikan jadi penghapus.
  6. Klik ‘kotak’ (Panah-3). Buat kotak menimpa tulisan pelat nomor. Tulisan terhapus.

Ulangi langkah hapus dengan mengubah warna kotak yang sesuai. Pelat nomor sekarang sudah polos dan siap ditulisi teks.

  1. Teks: dilayani oleh “A” (Panah-4). Coba klik. Muncul kursor “A” diikuti tanda “+”, yang menunjukkan posisi awal teks.
  2. Muncul dialog menyunting teks. Tidak digambarkan di sini. Sebelum menulis tentukan dulu font, ukuran, warna, rata kiri-tengah-kanan.
  3. Di bagian bawah, pilih tombol “Text”.
  4. Mulai ketik teks dan lihat hasil sementaranya dengan klik “Hold to Preview”.
  5. Geser tanda awal teks “+” hingga posisi teks akhir sesuai yang diinginkan. Klik [OK].
  6. Jadi ‘deh teks kita.

Lanjutkan membuat teks di tempat lainnya.

Selesai? Hebat. Jangan lupa membiasakan save atau simpan setiap langkah yang telah jadi. Sekarang gambar diperkecil untuk posting di blog. Sudah tidak terkait langsung dengan teks lagi, jadi kita tunda dulu dan dilanjutkan di posting berikutnya.

Penutup

Dua hal kita lewatkan di sini: (1) menghapus dengan “blok”, menimpa teks gambar dengan kotak penuh, kurang alami (kesan 3-dimensi hilang, bandingkan dengan aslinya)  (2) font huruf untuk pelat nomor mobil adalah khusus.

Font pelat nomor mobil di atas adalah buatan Dave Hansen. Untuk memanipulasi pelat nomor tampak natural, pilih tombol “antialiased text” dan ‘zoom’ gambar lebih besar lagi. Latar dikerjakan hati-hati piksel demi piksel dengan bantuan “stempel” di atas. Hasilnya lebih realistik. Masuk ke tingkat lanjut  ‘nih!

Sekedar ide kreatif, ‘jepret foto motor atau mobil dengan kita mejeng di sampingnya, sunting yang rapi dengan teks semaunya, terus di print yang besar dan tempel di dinding kamar kos. Pasti penasaran orang mau lihat motor aslinya. (Coba tes.)

Kapan lagi bisa gonta-ganti pelat nomor seenaknya tanpa takut ditangkap polisi?

:D  (he.he..he ya di sini)

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
3 comments on “Blog 2011: Manipulasi Teks di Gambar dengan Irfanview
  1. Herdi @pekalongan mengatakan:

    Thanks …. nice info …😀

  2. […] ingin tahu cara buat pelat nomor jadi lebih realistik? Manipulasi teks dengan Irfanview di posting sebelum ini, ekspres. Hasilnya kurang memuaskan. Dengan bersabar dan tekun, teks di gambar tadi […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: