Blog 2011: Komposisi ‘Sepertiga’ dan rasio ‘Emas’

Ini adalah posting penutup Irfanview terkait cropping. Tips dan tricks crop Irfanview sudah dibahas habis di sejumlah posting lalu, sekarang waktunya kita terapkan cropping meningkatkan estetika gambar di blog.

Komposisi

Susah-susah gampang. Estetika itu katanya abstrak, eh, ternyata ada ilmunya. Gambar samping memperlihatkan garis lurus dan  lengkung di latar belakang. Garis, adalah bantuan memposisikan si nona cantik di ruang gambar hingga indah dipandang.

Garis lengkung tidak asal tetapi sambungan lingkaran-dalam sejumlah bujur sangkar yang kian mengecil. Si nona didudukkan di atas salahsatu rusuk bujur sangkar dengan tubuh melengkung seolah terbawa arus “pusar” lingkaran di latar belakang.

Benar juga, kalau komposisinya tepat gambar bagus dan enak ditatap, ya.

Skala pengecilan bujur sangkar mengikuti perbandingan tertentu, disebut rasio “emas” atau ‘golden ratio‘, yang tidak kita bahas di sini. Hasilnya sebuah spiral “emas”. Untuk keperluan praktis rumus disederhanakan dengan membagi kotak jadi 9 bagian tidak sama besar. Jadilah kotak “emas” (gambar kiri); tarik 3 garis diagonal untuk menjadi segitiga “emas” (tengah). Disederhanakan lagi dengan membagi sama rata, sepertiga di sisi masing-masing. Jadilah kotak “sepertiga” (kanan). Kali ini bukan “emas”.

Rumus spiral yang rumit sekarang sudah disederhanakan sehingga komposisi gambar dapat dilakukan mudah oleh siapa saja tanpa mengabaikan unsur estetika. Garis lurus, lengkung atau spiral, dan titik-titik perpotongannya, adalah calon tempat kedudukan obyek yang selama ini dianggap sebagai posisi yang menarik perhatian kita. “Kirata”, kira-kira tetapi nyata.

Contoh komposisi

Garis bantu  “emas” atau “1/3” itu tidak ada; kita diajak berimajinasi di dalam menilai kekuatan sebuah gambar atau foto. Dengan sering melihat gambar atau foto obyek menarik perhatian mudah ditemukan, dan segera diketahui apakah obyek sudah berada di posisi yang tepat.

Contoh gambar samping. Gunung  “berat”, “gagah”; harus berdiri kokoh di atas “kaki”nya sendiri. Latar depan rumput, lemah, tidak mendukung. Crop! (Mana lebih baik, atas atau bawah?)

Kalau sudah terbiasa begini, enak juga menyunting gambar untuk blog.

Beberapa contoh komposisi dengan obyek tunggal dan kolektif:

.

Kreatif

Tips & tricks pemakaian grid, spiral, dan titik perpotongan:

  • Grid horisontal — untuk pemandangan, batas pertemuan (horison) dua obyek berbeda (air, tanah, udara/langit).
  • Grid horisontal — untuk obyek tunggal (orang, hewan), mata; untuk kelompok, kepala.
  • Grid vertikal — untuk pohon, air terjun, bangunan pencakar langit, orang berdiri, dst.
  • Titik perpotongan grid — fokus bagi obyek yang sangat menonjol, mencolok.
  • Teknik cropping — ada tutorial bagus, ‘Making a good crop‘ (bahasa inggeris).

Aturan tinggal aturan, panduan tinggal panduan. Kita tidak harus mematuhi semua panduan di atas. Jenuh. Kalau begitu boleh pakai komposisi membagi kotak dengan 4, 5, 7, atau lainnya? Boleh. Boleh obyek diletakkan di tengah? Boleh.

Selama tujuan pokok gambar memenuhi persyaratan estetika, apa-apa boleh.

Irfanview

Fitur bantu crop ‘golden’ dan ‘thirds’ Irfanview banyak membantu kita. Menu lain bisa dikuasai dengan belajar sendiri dan tidak dibahas kecuali slideshow. Slideshow adalah sarana penting komunikasi visual yang akan kita bedah di posting mendatang. Berbagai format berkas digicam (kamera digital) dan camcorder (perekam video) yang kian marak akhir-akhir ini, dapat dibuka di slideshow Irfanview. Cropping tentu berlaku hanya bagi berkas gambar kamera saja.

Program yang bagus dengan fitur cropping lengkap… mana gratis lagi. Terimakasih Irfanview.

:D  (buka gambar/foto sebanyak-banyaknya; kata kunci, ‘thirds’ dan ‘golden ratio in photography’)

Tagged with: , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: