Eksperimen Steganografi

Gambar dalam gambar? Sisipkan gambar di dalam gambar lain sampai tersamar tidak kelihatan. Gambar seperti biasa-biasa saja tak tahu ada gambar lain di dalamnya. Hebat. Tak cuma itu. Di era digital, berita atau pesan apa pun dapat disembunyikan di balik media teks, gambar, video, audio, atau pun musik.

Ilmu ‘petak-umpet’ informasi pesan atau berita di media bukan hal baru, namanya steganografi (steganos = terselubung, tersembunyi,  graphein = menulis). Steganografi antara lain dipakai pada operasi intelejen, pengamanan hak cipta, keamanan penyimpanan berkas, peluncuran produk baru yang masih dirahasiakan, banyak lagi… termasuk sarana berkomunikasi rahasia dengan para narapidana di penjara! (Di luar negeri.)

Langsung kita bereksperimen saja di TKP, biar jelas.

Gambar dalam gambar

Download program Hide-in-Picture (HIP, 380 kB) dan ekstrak. Jalankan program ‘HIP’; tidak ada instalasi. Seret gambar (.gif, .bmp) ke kotak (kiri); tampil kotak baru isi gambar tadi (kanan). Gambar adalah  ‘induk’ tempat menyembunyikan informasi (gambar).

Klik gambar ‘anak’ yang mau disembunyikan. Berkas harus lebih kecil agar tidak merusak gambar induk. Tampil kotak dialog password (isi password).

Voila! Jadi sudah. Simpan dengan ‘Save as …’ agar berkas induk tetap utuh.

Bandingkan gambar induk bermuatan dengan aslinya, adakah perbedaan mencolok? Tidak? Ada? Kalau diperbesar tampak cacatnya. Sempurnakan eksperimen dengan membesarkan ukuran berkas gambar induk dan/atau memperkecil berkas anak sehingga hasil akhir, praktis tidak bisa dibedakan. (Berdasarkan pengamatan, sepertiga oke.)

Untuk mengambil informasi kembali seret gambar yang sudah dimuati ke kotak. Klik menu-2. Isi password dan simpan hasil ekstraksinya. Bandingkan hasil ekstraksi dengan berkas original. Sama?

Penyampaian ‘pesan’ atau informasi secara rahasia, berhasil.

Gambar dalam audio/musik

Sekarang download S-Tools (3,80 MB) dan ekstrak. Pengoperasiannya seperti ‘HIP’: (1) Program dijalankan langsung (2) Seret berkas audio atau musik .wav* ke kotak; audio/musik jadi ‘induk’ (3) timpa induk dengan berkas informasi apa saja! Tidak salah, teks, gambar, presentasi audio, bahkan klip video, bisa disembunyikan.

* Ternyata tidak semua berkas .wav bisa dibaca program. Paling andal versi Windows.

Luar biasa. Hebatnya lagi bisa lebih dari 1 berkas! Kumpulkan berkas berbagai jenis (.txt, .doc, .bmp, .gif, .mp3, .wav, .ppt, dst.) dalam 1 direktori. Klik semuanya dan seret menumpang di atas induk.

Isi password, klik ‘OK’. Ada kotak baru menampilkan induk bermuatan. Klik kanan ‘Save as… ‘. Coba dengar musiknya. Sama? Lebih susah ya, telinga tidak sepeka mata.

Kalau berkas mau diambil kembali tinggal klik kanan di atas induk bermuatan, klik submenu ‘reveal’. Ada kotak kecil muncul berisi daftar nama berkas yang tersembunyi. Klik kanan di masing-masing berkas untuk disimpan.

Perlindungan  ‘pesan’ atau informasi di dalam gambar berhasil.

(kotak ‘Action’ abaikan karena hanya menunjukkan proses.)

Penutup

Dua eksperimen di atas hanya sekelumit dampak kemajuan teknologi informasi digital. Banyak negara masih menganggap hal ini sebagai tindakan ilegal yang melanggar hukum. Karena itu ada pembuat program yang tidak bersedia disebut namanya; situs pun demikian, misterius, “hilang” (tetapi bisa ditemukan di tempat lain dengan nama lain).

Kita yang awam? Pakai teknologi tradisional sajalah. Pernah coba pakai tinta transparan dari cairan jeruk nipis untuk menulis pesan? Pernah coba memperkecil pesan seukuran “titik” sehingga tidak tampak ketika disatukan dengan gambar besar? “Beku”kan gambar animasi .gif lalu “cair”kan kembali di program animasi untuk melihat rentetan gambar lainnya.

😀  (senang pengetahuan kita bertambah)


Untuk pemula yang tertarik memasuki dunia steganografi, literatur berikut menarik untuk dibaca. [1] Digital Steganography: The art of Hiding Files [2]  Stegano Challenges [3] Steganografi, Wiki [4] Proposal Tugas Akhir Stefanus Soehono (.doc) [5] Steganografi dan Watermarking Haryanto (.ppt, 4,5 MB besar!).

Bagi yang hanya ingin melampiaskan rasa ingin tahu soal steganografi (ingin membuat kejutan mengirim pesan ‘Gong Xi Fa Cai’), kutak-katik program di atas mungkin terbantu oleh media eksperimen berikut,

[1] mobilmerah_aston (.gif, 19 kB) [2] mobilmerah_aston (.gif, 36 kB) [3] mobilmerah_aston (.gif, 117 kB) [4] mobilputih_audi (.gif, 19 kB) [5] mobilputih_audi (.gif, 36 kB) [6] dreamerbrown_wav (.wav, 2,010 kB).

(sumber mobil: http://www.pookeo.com/compare.php?rand=1&cat=cars; ‘Dreamer’ Chris Brown diambil dari YouTube,terkenal dipakai sebagai salahsatu lagu pembangkit semangat atlet di Olimpiade Beijing 2008 lalu.)

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
4 comments on “Eksperimen Steganografi
  1. sari berkata:

    Pak, boleh saya mengetahui coding dalam program S-tool tersebut?
    terimakasih.

  2. hans berkata:

    menulis terus pak. layak di contoh pak rio seto.semangatnya semangat anak muda.btw saya rutin baca,dan menunggu apa lagi topik yang baru

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: