LipSync – Valentine Day Special 2011

Valentine Day 14 Februari 2011. Buat yang mengikuti, senang hari itu bermakna spesial; yang tidak, juga senang karena ..besoknya libur! Posting LipSync kali ini untuk menyenangkan semua. Berbeda dengan backsound (bunyi latar) yang kita bedah di posting lalu, lipsync adalah bunyi latar berupa ucapan atau nyanyian yang disinkronkan dengan gerakan bibir (lip).

Begitu sempurna lipsync sehingga kita salah mengira yang berbicara atau bernyanyi adalah orangnya sendiri. Duet Sinta dan Jojo langsung melejit gara-gara lipsync iseng ‘Keong Racun’nya, duet kakak beradik ‘Moymoy Palaboy’ asal Filipina juga sukses dengan lipsync soundtrack telenovela ‘Marimar’ yang pernah populer di Indonesia beberapa tahun silam. Tak urung masyarakat dunia terkecoh lipsync grup “palsu” kelompok Milli Vanilli hingga berhasil memperoleh Grammy Award, penghargaan tertinggi dalam blantika musik. Lipsync lebih menjual dibandingkan dinyanyikan grup “asli”nya.

Bisa begitu, ya. Baru tahu trik/tipuan lipsync bisa membuat bisnis sukses! Tidak tanggung-tanggung lagi. Bisnis memang aneh.

Flipz IV Flash

Sekedar melampiaskan rasa ingin tahu lipsync, cari-cari program yang murah, meriah, dan mudah. Akhirnya ketemu juga meski program ini termasuk kuno, Flipz IV Flash (3,15 MB).

Cara mengoperasikannya tidak dibahas karena mudah, cukup mengikuti langkah di atas, dan murah meriah karena gratis. Dua artis lipsync sudah tersedia (ditambah 8 lagi kalau mendaftar). Tinggal mengisi dengan bicara (bisa hasil rekaman sendiri) atau lagu yang dinyanyikan (format .wav). Selanjutnya urusan program ..sampai selesai.

Eksperimen lipsync dengan pidato (bahasa inggeris); berkas .zip (102 kB) terdiri atas 2 berkas .html dan 1 berkas .txt. Berkas .txt adalah kata-kata yang dipidatokan sebagai script bantu yang  kita upload ke ruang teks di program untuk membantu ucapan yang kurang jelas. Cobalah dan bandingkan hasilnya.

Eksperimen lipsync dengan lagu (bahasa inggeris, berkas .zip 102 kB).

Penutup

Program sederhana ini menunjukkan lipsync memang bukan perkara mudah. Kita perlu sering menonton film kartun untuk mempelajari gerakan bibir, yang unik dari orang ke orang. (Bibir dan bentuk mulut ‘kan tidak ada yang sama.)

Program didesain untuk pengucapan bahasa inggeris; gerakan bibir lipsync untuk pidato berbahasa indonesia kurang bagus, karena struktur kata dan pengucapannya belum masuk di dalam pustaka.

Sebagus apa pun hasilnya, lipsync manusia masih belum terkalahkan.

Untuk mereka yang bervalentine, program lipsync mungkin dapat dimanfaatkan untuk menciptakan satu hadiah spesial?

😀

Tagged with: , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
2 comments on “LipSync – Valentine Day Special 2011
  1. Biidu mengatakan:

    wah, seneng banget ya ngerayain valentine sama pacar!

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: