Game (2): ‘Numerology For Fun’

Numerology atau ilmu ‘Angka’ adalah studi mengkaji keterkaitan bilangan dengan kehidupan manusia. Lucu juga bisa mengaitkan nama dan tanggal lahir kita, dengan sifat, percintaan, bahkan masa depan kita. Namanya saja studi, bisa benar juga bisa keliru. Tak heran kalau hasilnya berbeda-beda, ada numerologi versi Cina, India, Eropa, Jawa (?). Apa pun itu, jangan sampai kita terjebak; anggap sajalah pengetahuan ini sekedar fun, yang menyenangkan kita semua.

baris baruGame Meramal Angka — Membuat orang berdecak kagum. Mintakan kepada hadirin untuk menyebutkan satu bilangan 4-angka, misalnya “4312”. Tulis bilangan di atas papan tulis atau kertas besar di dinding agar semua orang bisa melihat. Kita ambil kertas kecil lalu tuliskan diam-diam hasil akhirnya (“24310”). Sembunyikan kertas ini.

Minta lagi satu bilangan, misalkan saja “7769”; kita tambahkan di bawahnya, “2230”. Minta lagi satu bilangan lain, misalnya “6314”; kita tambahkan di bawahnya, “3685”. Selesai, sekarang minta hadirin menjumlahkan semuan bilangan tersebut.

Hasilnya? “24310”! Tunjukkan kertas jawaban kita tadi, horee

(Rahasianya: bilangan ke-2 kita tambahkan dengan bilangan agar jumlahnya 9999. Lakukan yang sama untuk bilangan ke-3. Jadi total 4 bilangan terahir, (20.000-2). Tambahkan dengan bilangan pertama, (20.000+4312-2) = 24.310). Ooh, begitu

baris baru


Game Magic Square — Disebut Kotak Bujur Sangkar Ajaib karena jumlah angkanya “ajaib”, total arah horisontal, vertikal, diagonal ke kiri dan ke kanan, semuanya sama.

Ada 9 kotak pada dimensi kotak atau n = 3, dan 16 pada n = 4. Beri kotak bernomor mulai dari 1 lalu coba kita susun ulang sehingga jumlah angka ke semua arah sama. Menggunakan rumus [n.(n.n + 1)]/2 diperoleh 15 untuk n = 3, dan 34 untuk n = 4. Istimewanya, pada kotak n = 4 ada 5 buah sub-kotak di dalam yang jumlahnya juga sama. Ajaib!

Sekarang kita main-main dengan kotak dimensi ganjil n = 3 dulu. Total ingin 27, bisa? Bisa, selama total bilangan habis dibagi 3. Diperoleh 9; angka ini menjadi angka “tengah” yang akan diletakkan di pusat kotak. Kita lengkapi 8 angka lainnya, 4 lebih rendah dan 4 lebih tinggi: 5-6-7-8-9-10-11-12-13.

Tempatkan semua angka genap di kotak sudut secara berurutan. Di tengahnya kita sisipkan 2 angka ganjil terluar (5,13); angka besar (13) di baris atas (jumlahnya kecil), angka kecil (5) di baris bawah (jumlahnya besar).

Tempatkan angka ganjil sisanya di kolom kiri dan kanan; yang besar (11) di kolom kiri (jumlahnya kecil), yang kecil (7) di kolom kanan (jumlahnya besar).

Jumlahkan ke samping, ke bawah, diagonal kiri, diagonal kanan, betul = 27?

Kita dapat meletakkan angka sembarang di pusat kotak. Menggunakan pola di atas, secara intuisi kita tahu angka di kotak-kotak lainnya. Misalkan angka tengah kita tetapkan “8”. Dari pola di atas, “8” adalah (9 – 1). Kurangi semua angka di kotak lain dengan 1. Jumlahkan, pasti sama yaitu 24. Cobalah angka lain.

Cobalah juga dengan kotak berdimensi n = ganjil lebih besar. Rumus atau aturan pengisian angka tidak jauh berbeda dengan pola di atas. Sayang rumus atau aturan ini tidak berlaku bagi kotak berdimensi n = genap atau simetris. Kalau ada yang mau coba-coba ini gamenya, Magic Square 4×4 Puzzle .

Game penempatan angka mirip Magic Square adalah game Sudoku. Game Magic Square 4×4, Sudoku, Meramal dengan Numerology kita bahas kapan-kapan.

baris baru


Game Angka Lucu — Ah yang ini bukan game, tapi koleksi video lucu tentang matematika.

Learning Math (Funny)
Abott and Costello 13 x 7 is 28
Math Tricks  (pindahkan 1 batang korek sehingga persamaan jadi benar)
Cool Math Trick … With Cards
Bermain Tusuk Gigi

baris baru
Oke selamat ber-‘numerology’, sebuah ilmu matematika semu seperti halnya kaitan astrologi dan astronomi, alchemy dan chemistry (kimia).

Selamat kutak-katik…

😀

Tagged with: , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
One comment on “Game (2): ‘Numerology For Fun’
  1. […] posting sebelumnya Game (2): ‘Numerology For Fun’, magic square ’3×3′ kita jadikan game, permainan ringan yang mengasyikkan sambil […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: