What’s in a name? (Psychology)

Masih urusan ‘what’s in a name‘ tetapi khusus untuk nama blog atau website. Tepatnya, untuk bisnis. Nama blog atau website kali ini didasari psychology (psikologi, ilmu jiwa) dan ‘nalartology’, he.he.. istilah sendiri kombinasi nalar alias logika alias akal sehat tambah seni sedikit (art).

What’s in a name untuk bisnis? Soal sepele tetapi pemberian nama yang tepat dan mengena sangat berpengaruh dan berdampak terhadap keberhasilan bisnis. Nama ibarat stempel atau merek, yang akan selalu diingat dan dicari orang. Istilah bisnisnya, branding.

Tiga kelompok brandingBrand bernama besar dan sukses di dunia tidak sembarang memilih nama. Nama dirancang seksama seperti cerita komputer ‘Apple’ di posting sebelum ini. Sadar digugat Apple Records, komputer ‘Apple’ terlanjur ‘sreg’ dan bersikeras memakainya. Begitulah nama diciptakan. Contoh gambar brand di atas semuanya terkenal. Kalau boleh dibagi dapat dipecah menjadi 3 kelompok: yang jelas (kiri), yang tidak jelas (kanan), yang asing karena kita belum pernah dengar (tengah).

Mudah diingat dan dieja — Kepemilikan saham di sebuah bisnis bisa bertahan hanya sebentar karena namanya sukar dieja. Lucu juga, tetapi ini menunjukkan otak rupanya lebih suka kata atau istilah yang sederhana dan mudah. ‘Sok ilmiah bahasa psikologinya, kognitif (mengenali). Ketiga kelompok pemberian nama di atas memenuhi, pendek, mudah diingat, dan mudah dieja. Masuk akal.

6 Tips — Urusan bisnis jadi serius; isi dompet ternyata terkait erat dengan nama! Ada 6 tips kata yang perlu dihindari dalam pemberian nama: (1) susah dieja (2) berbeda arti kalau diucapkan berbeda (3) asing bagi pasar sasaran (4) terlalu panjang (5) terlalu pendek (singkatan, inisial)
(6) satu kesatuan, hindari pemakaian tanda-hubung, garis bawah, spasi. Jadi brand website “bandungcengkareng.com” bakal laku keras, ya. Masuk akal.

Trik — Nama diimbuhi penggalan kata yang konotasinya sudah dikenal orang. Contoh, Ace Hardware untuk perkakas (ace = as (kartu), juara), Accutron untuk penunjuk waktu atau instrumen canggih (accurate = tepat, tron = elektronika), RapidTrans atau Travelocity untuk transportasi (rapid, velocity = cepat; trans , transfer = pindah). Contoh nama bernuansa futuristik: Jadriel, Magnum, Nebular, Aurelia.

Ujicoba — Bolehjadi ada beberapa nama sama-sama cantik, yang didampingi header, logo, atau elemen grafis supaya lebih menarik. Mana yang dipilih?

Serahkan kepada publik; mereka yang memutuskan karena mereka mewakili pengunjung atau konsumen yang akan berbelanja di situs kita nanti. Caranya, mintakan sukarelawan memberi komentar, adakan survai pendapat, atau lebih realistik luncurkan situs blog atau website dengan nama, termasuk logo kalau punya, yang berbeda. Tunggu beberapa saat dan amati perilaku pengunjungnya. Langsung terjun ke lapangan!

Menarik juga ya memberi nama dengan pendekatan psychology dan ‘nalartology‘.

:D  (setelah nama didapat, cek dengan numerologi?)

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: