What’s in a name? (for website)

Numerology dan psychology keduanya ilmu, tentu sudah dikaji lama secara ilmiah untuk menguji kebenarannya. Kita yang baru memasuki dunia website ingin juga membuktikan kebenaran soal nama blog atau website dengan keberhasilan bisnis tersebut. Survai awal di internet menghasilkan gambar seperti di atas. Lihat nama domain, judul website (dan email), brand, semua seragam! Hebatnya lagi, kata pencari yang mungkin dipakai orang seperti ‘free audio editor’, sudah ditebak dan langsung dijadikan nama! Cerdas.

Ini adalah survai berikutnya untuk mendalami kenyataan di atas tadi. Contoh kasus www.weebly.com, sebuah situs membuat website bagi awam atau pemula. Hasilnya seperti di samping.

Di kiri adalah kata pencari yang umum dipakai orang mencari website gratisan (free). Apa yang terjadi?

Selain kata ‘Weebly’ 6 kata di ‘Queries’ sudah dibeli dan jadi nama domain yang belum tentu ada situsnya. Diambil itung-itung investasi, beli murah jual mahal kalau tidak laku dilelang. Boleh juga idenya.

Situs ‘Weebly’ mendapat keuntungan ditemukan dengan 7 kata pencari tersebut; hebatnya kata ‘Weebly’ sendiri yang masih asing justru menempati peringkat teratas.

Artinya, kata ‘Weebly’ sudah dikenal! ‘Weebly’ memang bagus lalu getok-tular melalui posting blog, forum, review, dinominasi program terbaik di tahun 2007, dan sebagainya. Enam juta bukan sedikit termasuk peminat dari Indonesia yang sudah  ‘klik’ bolak-balik 3,5% x 6 juta = 210 ribu kali. Ini perhitungan kasar, pasti bukan begini cara menghitungnya.

Penasaran website ‘Weebly’ bikin saja satu. Takut-takut, pengetahuan website masih nol besar. Nekat… kumaha engke (bagaimana nanti, dialek Jawa Barat). Belajar seminggu inilah hasilnya,

Masih jelek. Kalau ada yang mau lihat klik gambar (laman baru). Desain dan fitur lebih bagus katanya kalau berbayar. Nantilah itu sekarang belajar dulu.

Menarik, banyak pelajaran bisa kita petik dengan kutak-katik gratisan ini. Pengalaman cara membuat website, struktur dan mekanisme kerja di dalamnya, lain-lainnya termasuk rewelnya, sangat berharga. Nanti ‘deh diposting.

Sekarang masalah nama. Domain ‘hiskiakimia.com’ sudah diambil orang jadi (terpaksa) memakai .net. Domain ‘hiskiakimia.net’ masih kosong, nanti saja belinya sementara biarlah pakai embel-embel ‘weebly.com’. Pokoknya senang mulai mengerti website dan juga sedikit lebih percaya diri.

Situs ‘hiskiakimia.net’ — pemilihan nama karena unsur kebetulan, (1) “hiskia” dan “kimia” (2) “kimia” jelas menunjukkan sasaran (3) “hiskia” sudah dikenal di kalangan akademisi dan komunitas kimia (4) lumayan mudah diketik. He.he.. berpengaruh?

Psychology? — orang bisa lupa dan memakai kata pencari ‘hiskia’. Wah, mendarat di situs orang! Harus menulis ‘hiskiakimia’ atau ‘hiskiakimia.net’. Demi keamanan bisnis .edu, .org, .us (Amerika?) sebaiknya juga dipunyai. Sekitar USD 20 per tahun per domain. Urusan pendaratan ternyata ada harganya juga ya. (Buruan ambil sebelum didahului orang.)

Harapan kecil kata pencari tunggal ‘hiskia’,  ‘kimia’, ‘eksperimen’,  menemukan situs ini. Kata pencari perlu diimbangi kata bantu lain, atau diulang pemakaiannya berkali-kali di dalam konten website agar mudah ditemukan mesin pencari.

Numerology? He.he.. tidak dibahas di sini. Baguslah pokoknya.

Urusan ‘What’s in name’ cukup melelahkan, disudahi dulu ‘ah.

😀
baris baru
Masih dalam tahap eksperimen:
1. hiskiakimia.com
2. hiskiakimia google
baris baru

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: