Warna Biru Warna Favorit Website

warna biru 1Warna biru, warna cantik. Biru jadi warna favorit logo produk-produk reputasi dunia mulai pendidikan, transportasi, industri, teknologi informasi, teknologi komunikasi, ekonomi, media sosial, sampai farmasi. Biru juga adalah warna favorit banyak website; begitu gandrungnya terhadap biru sampai website Obama ikutan biru. Biru, biru, biru… ‘I love blue‘, ‘love is blue (hit dunia 1968, kuno, tapi masih cantik!).
baris baru

Warna Biru

warna biru 2Menurut hasil survai, laki-laki (kiri) maupun perempuan (kanan) memilih biru sebagai warna favorit, ditambah ungu untuk perempuan. Warna biru disukai karena kita menyukai langit jernih, samudera luas, air bersih yang semua berasosiasi dengan warna biru? Mungkin sekali. Warna yang kurang disukai kedua gender adalah kuning, oranye (jingga), coklat. Jingga bahkan dianggap ‘murahan’. Sebaiknya kita pandai-pandai memilih warna untuk website.

Membuat Website Warna Biru (Roda Warna)

warna biru 3Kita coba buat website dengan warna dominan biru. Dua pendekatan: (1) melalui roda warna (2) melalui foto. Kita coba cara pertama. Pada roda kita pilih 3 warna biru bersebelahan atau berurutan yang diperkirakan mewakili spektrum warna foto. Kita mainkan warna ini.

Tiga warna berurutan disebut analog. Mau disebut 1 warna dengan 3 nuansa biru atau 3 warna “biru”, boleh-boleh saja. Kode nomor warna? Tak usah repot, lupakan kode dan langsung ke roda warna ‘besar’ di Color Scheme Designer. Letakkan bintik di warna biru yang, kira-kira, sama dengan warna pilihan kita di roda warna tadi. Jadi ‘deh.

Kurang bagus? Perhalus dengan menggeser-geser bintik di roda warna sampai diperoleh warna biru yang memuaskan! Lalu diutak-atik sedikit jadilah website biru kita seperti ini,

warna biru 4
baris baru

Membuat Website Warna Biru (Foto)

Di atas tadi warna biru dipilih secara kira-kira, sekarang warna dipastikan. Color Palette Generator akan mengurai foto menjadi spektrum warna lengkap berikut kodenya masing-masing. Pilih satu sebagai warna induk website biru, dan masukkan data ini di Color Scheme Designer. Jadi ‘deh website biru-keunguan kita. Ya, ada ungunya. Masih termasuk warna favorit ‘kan. Hasil seharusnya lebih bagus dari di atas. Mau coba? Ini galeri fotonya, Airport Walkway (jangan lupa kode etik mencantumkan sumbernya, images: http://www.freeimages.co.uk).

Diskusi Website Warna Biru

Warna biru adalah pilihan, tidak harus tetapi mayoritas visitor menyukainya. Website biru kita di atas memiliki kontras yang buruk! Teks tidak terbaca, tidak jelas, samar-samar. Keterbacaan (readability) itu penting. Kontras juga menyulitkan penyandang cacat buta warna. Keliru memilih kombinasi warna teks dan warna latar belakang, kontras hilang, teks terbawa “hilang” gara-gara tidak sanggup membedakan warna.

Harus dikoreksi dengan mengatur warna teks (juga ukuran dan jenis font) sampai kontras. Ada program khusus menguji keterbacaan teks di atas latar belakang. Untuk buta warna dapat dites di jajaran menu ‘colorblind‘ paling atas Color Scheme Designer.

Untuk pengetahuan kita saja, bagaimana warna biru dimanfaatkan oleh website strategis dan penting sekelas Obama:
1. www.whitehouse.gov (kepresidenan)
2. www.barackobama.com/get-involved (pilpres)
3. Website SBY vs website Obama
4. Obama Jatuh?  (lihat ‘Jokes of the Day’).

Penutup

Ayo mainkan warna, siapa takut? Dua posting warna website yang ini dan sebelumnya, diharapkan menjadi semacam pembuka selera alias appetizer untuk terjun ke dunia warna.
Tidak terlalu sulit, selama kaidah aturan warna diikuti dengan konsisten.

Pengetahuan lanjut ada banyak di internet, mungkin e-book yang satu ini bisa membantu menambah perbendaharaan pengetahuan kita: ‘Website 101: Color‘ (.pdf, 1,6 MB).

😀
(paskan lirik dengan lagunya: …blue, blue, my world is blue, blue is my world now I’m without you)
(172 kB, 11 detik)

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
7 comments on “Warna Biru Warna Favorit Website
  1. […] klip beredar cuma di kandang sendiri saja! Biar lebih seru kursor ikutan diganti, juga warna. Pokoknya komplit, plit! baris baru baris […]

  2. Sony Hidayathullah mengatakan:

    untuk pewarnaan dengan warna biru, kayaknya saya sendiri sedikit menggunakannya

    • rioseto mengatakan:

      bebas saja, biru itu hasil penelitian; tentunya kita tidak ingin visitor pergi gara-gara kita keliru menempatkan warna…
      salam😀

  3. syifa mengatakan:

    dulu saya seneng warna biru. tapi kok perasaan ruanagn jadi dingin coz biru semua mpe akhirnya bosan en ga begitu gemar lagi warna tu..

  4. Dhenok mengatakan:

    bener banget mas, warna biru itu warna yang paling banyak disukai.. tapi kok blog kamu gk warna biru juga??

    • rioseto mengatakan:

      Hua.ha.ha… pinter n cerdas kritiknya Dhe! Sudah sejak 3 hari lalu cari2 spy blog tetep ini tapi nuansa biru, kutak-katik eh malah berantakan… yah beginilah, cuma postingnya thok!

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: