Zoom, Pan, Fade dengan Filter Virtualdub

Selain kakas (tool) capture dan menyunting, Virtualdub juga dilengkapi kakas ‘filter’ pengolah video. Filter Virtualdub adalah proses mengubah video dari ‘begini’ jadi ‘begitu’. Kita akan mendemonstrasikan pemakaian umum filter pengolah frame dan klip video: zoom (mendekat-menjauh), pan (melandau? melimbang?), dan fade (memudar).

Filter Virtualdub

Pustaka filter

Zoom, Pan, Fade di Virtualdub 1Jalankan Virtualdub, klik [Video]-[Filter]-[Add]. Lihat daftar filter Virtualdub di samping …banyak sekali. Seperti mau bikin studio video mini ‘aja. Boleh dibilang begitu, ini pun baru sebagian. Dua filter terdahulu pasang logo dan subtitle teks sudah pernah kita coba, kalau masih ingat.

Klip Eksperimen

Zoom, Pan, Fade di Virtualdub 2Dua segmen klip video tersedia untuk kita utak-atik: timelapse_orang.avi (103 frame) dan timelapse_awan.avi (101 frame). Keduanya disimpan dalam gambar di samping yang bisa diambil seperti biasa. Tidak terlalu bagus, tetapi lumayanlah untuk menunjukkan efek filter.

Sambung segmen — jalankan Virtualdub, seret timelapse_orang.avi ke ruang proses. Klik [File]-[Append AVI segment…], klik-klik timelapse_awan.avi. Kedua segmen sekarang sudah sambung, total 204 frame, dan siap dipakai eksperimen.

Zoom, Pan, Fade di Virtualdub 3Posisi frame — geser slider ke nomor frame yang dituju. Untuk maju-mundur 1 frame pergunakan tombol ‘1 frame’ atau tombol [Panah] di keyboard. Tekan dan tahan tombol [Panah] untuk mempercepat laju slider.

Dua pasang tombol warna abu adalah ‘pencarian’ posisi awal frame segmen. Dianggap tidak penting karena pemakaiannya sesekali. Pasangan tombol kiri langsung ‘loncat’ ke posisi frame segmen berikutnya (atau sebelumnya); pasangan tombol kanan sama, hanya tidak meloncat tetapi dengan ‘play’ cepat.

Langsung ke ‘tkp’ mendemonstrasikan filter. Mulai dari belakang (fade).

Eksperimen Filter

Filter Fade

Zoom, Pan, Fade di Virtualdub 4Ada fade in (‘dari pudar’), ada fade out (‘ke pudar’).

Jalankan klip eksperimen dan amati pergantian adegan… di frame #102 dan #103 (coba klik tombol ‘abu’). Kita ‘fade out’ beberapa frame sebelum #102 dan ‘fade in’ beberapa frame setelah #103, sehingga pergantian adegan terlihat halus.

Ada beberapa filter ‘fade’ untuk Virtualdub, kita coba 2 saja.

Zoom, Pan, Fade di Virtualdub 5Frame tweaker — setting fade dibuat di Notepad. Sederhana dan cukup jelas, 20 frame sebelum frame #102 dibuat fade out, 20 frame sesudah #103 dibuat fade in. Skrip dimasukkan ke dialog setting ‘frame tweaker’.

Jalankan klip, horee.. efek fade jadi!

Tidak langsung terkait efek fade ada beberapa instruksi di ‘frame tweaker’ yang mungkin bermanfaat. Manualnya ada di:
www.reocities.com/cplarosa/.

Exotic fade — setting filter fade ini juga mudah; tentukan jumlah frame fade di ‘Used frame’ (misalnya 20); efek fade dimulai 20 frame sebelum dan 20 frame sesudah frame yang ditunjukkan ‘Base frame’ (dalam hal ini, #102).

Zoom, Pan, Fade di Virtualdub 6Efek fade, tepatnya efek transisi, bisa dipilih antara fading, transisi dari kiri, kanan, atas, atau bawah.

Kalau ‘End preload do fade’ belum dicentang, 40 frame (sebelum dan sesudah ‘Base frame’) akan berwarna hijau tanda setting oke. Kalau tidak, setting masih salah. Kalau sudah hijau, kita centang kotak ini.

Jalankan klip, horee.. efek fade jadi!

Diskusi — efek fade mana yang lebih bagus? Kalau ada musik latar apakah kehadiran fade mengganggu dan terdengar nyata?
baris baru

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Media, Video VirtualDub

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: