Bikin Karaoke Sendiri dengan Virtualdub ‘Yuk!

karaoke virtualdub 1Bikin sendiri karaoke ‘yuk! Untuk senang-senang, untuk hadiah, untuk jadi pintar. Cari kesana-sini cara bikin karaoke dengan Virtualdub, berbahasa Indonesia, tidak ketemu. Ada ‘sih tetapi postingnya pendek, atau pakai program khusus, atau merujuk ke situs lain. Informasi tidak cukup untuk bikin sendiri karaoke.

Padahal skripnya masih itu-itu juga, skrip subtitle untuk video yang pernah dibahas di posting terdahulu. Belajar menyusun skrip subtitle karaoke yang betul dengan program khusus subtitle ‘SSA’ (sub station alpha) atau ‘Media Subtitler’, kurang menarik.

Susah ‘gitu?

Susah dan gampang. Gampang, berkas skrip subtitle hanya teks biasa yang diberi ‘tag’ di teks untuk menampilkan subtitle. Karaoke tidak terkecuali, diberi ‘tag’ {\Ktt} atau {\ktt}.

Susah, karena menyangkut timing atau pengaturan waktu. ‘Gimana rumusnya? Belum ditemukan panduannya. Literatur serba terbatas. Seminggu lebih mencari kunci bikin skrip karaoke dengan cara mudah. Setelah utak-atik sendiri horee… akhirnya dapat juga!

Efek Karaoke

Model karaoke

Rasanya kita semua tahu karaoke, itu ‘lho, menyanyi bareng musik tanpa vokal yang tayang di layar proyektor, komputer, atau TV. Kita dipandu lirik yang tampil lebih dulu sebelum lagunya dimulai. Pada saatnya, lirik diaktifkan dengan warna menyesuaikan irama musiknya, dan kita pun menyanyi!

Kalau peristiwa karaoke tadi digambar, kira-kira akan seperti ini,

karaoke virtualdub 2

Baris putih di sayap kiri tabel berisi waktu, kapan lirik tampil (‘LIRIK.1’), lirik padam (‘LIRIK.0’), efek karaoke dimulai (‘START’), efek karoke selesai/berhenti (‘END’). Disimbolkan dengan not balok dan waktunya masing-masing.

Untuk satuan waktu, tentu saja detik tetapi waktu yang dipakai skrip subtitle adalah ‘per-seratus-detik’ atau diringkas, “detik”. Semua waktu di tabel dinyatakan dalam “detik”. Maksudnya agar praktis, tidak ribet penuh tanda ‘koma’ desimal. Setuju.

Di atas, lirik-1 dan lirik-2 tampil bersamaan yaitu mulai “detik” ke 950 atau detik ke 950/100 = 9.50. ‘Lirik-1’ padam di “detik” ke 1492 (detik 14.92), ‘lirik-2’ “detik” ke 2138 (detik 21.38).

‘TUNGGU’ adalah lama efek karaoke menunggu untuk menyala setelah lirik tampil. Efek karaoke ‘lirik-1’ aktif 150 “detik” atau 1.5 detik kemudian, ‘lirik-2’ 8 detik, ‘lirik-3’ 7.58 detik.

Itulah karaoke.

Gampang, ya. Hanya diperlihatkan 3 lirik, cuplikan lagu sendu rindu pulang kampung ciptaan Melky Goeslaw, ‘Sio Mama’. Untuk kepentingan demo, karaoke masih disuarakan oleh vokal seorang penyanyi amatir yang nanti di posting setelah berikutnya, kita redam.
baris baru

Efek karaoke

Baris putih di sayap kanan tabel, adalah rincian waktu efek karaoke dari kata-kata di lirik. Setting efek karaoke bisa per kata, per suku kata, atau per huruf. Dipilih ‘suku kata’. ‘Kata’ terlampau kasar seperti meloncat, ‘huruf’ pasti bagus mulus dan halus tapi ribet.

Waktu untuk suku kata dan spasi? Kira-kira saja. Putar lagunya, catat durasi lirik saat mulai dinyanyikan hingga selesai. Durasi dibagi dengan jumlah huruf dan spasi di lirik tersebut. Hasilnya? Sangat bervariasi bergantung reaksi pendengaran kita. Yang terburuk, 14 “detik”. Simpan data ini.

Jadi durasi efek karaoke per suku kata tinggal mengalikan 14; spasi, dibuat sedikit lebih panjang yaitu 1,25 x huruf. Jadi durasi total efek karaoke, ‘START’ + ‘Total’ = ‘END’.

Memahami kesemuanya, tugas bikin skrip subtitle karaoke sebenarnya sangat ringan. Tugasnya cuma satu, menentukan ‘START’!

Selebihnya diselesaikan program Excel (kalkulator juga boleh). Amati semua sel di baris putih baik sayap kiri maupun sayap kanan, semua hasil perhitungan Excel.

Uee..naknya.
baris baru

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Media, Video VirtualDub
3 comments on “Bikin Karaoke Sendiri dengan Virtualdub ‘Yuk!
  1. manteb bang sipp dah
    suwun yaa

  2. […] tentang karaoke posting ini lanjutan posting lalu, yang sekarang kita kembangkan memakai Excel. ‘Lho kenapa […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: