Perlukah Blog Baru Tahun 2012

Perlukah blog baru tahun 2012? Apa hasil blogging yang telah dicapai tahun 2011 (dan tahun sebelumnya)? Apa hasil yang ingin dicapai tahun 2012? Mengapa harus ada blog baru?

Hasil Tahun 2011

Di bawah adalah hasil evaluasi sendiri prestasi yang telah dicapai blog ini selama 2,5 tahun.

Naik

blog baru 2012 1

Without continual growth and progress, such words as improvement, achievement, and success have no meaning.” (Benyamin Franklin).

Tanpa ‘pertumbuhan’ dan ‘kemajuan’, kata-kata ‘perbaikan’, ‘pencapaian’, ‘keberhasilan’ tidak punya arti apa-apa.

Blog ini ‘tumbuh’ dan ‘maju’ alami; rata-rata hits/bulan tahun 2011 naik sekitar 62%. Terimakasih banyak para visitor dan blogger setia!

Turun

blog baru 2012 2Setting target Alexa untuk tahun 2011, wah, meleset jauh. Prestasi tahun 2010 ada di bawah, 2011 di atas. Turun. Tidak terpikir jumlah blogger di Indonesia dan dunia semakin bertambah. Persaingan semakin ketat bahkan ‘PR’ (Page Rank, Google) merosot dari ‘4’ ke ‘3’!

SEO

Tampil di halaman depan Google itu penting. Entah blog ini ‘naik’ atau ‘turun’, karena belum sempat menghitung jumlah posting yang sempat bercokol di halaman depan Google. Ada yang bersedia berbagi rahasia, terlambat meluncurkan posting dengan topik serupa yang sudah terbit (jauh) sebelumnya, masih mungkinkah merebut posisi puncak?

Kata cari & peringkat — pemakaian kata cari ‘2-kata’ seperti ‘capture screen’ atau ‘screen capture’, hasilnya nihil; tambahkan ‘Virtualdub’, baru ada. Kata cari ‘pasang logo’ berhasil. Kata cari ‘1-kata’ kecil kemungkinan blog kita berhasil ditemukan orang. Satu-satunya yang terdeteksi berhasil adalah ‘kursor’ namun kemudian menghilang pindah ke halaman 3!

Bagaimana Google menentukan pemeringkatan, seberapa jauh pengaruh waktu dan penggunaan bahasa asing yang belum diindonesiakan, terhadap peringkat? Belum tahu. Mungkin ada baiknya kita rajin mencatat pemakaian kata kunci dan kata kait (‘tag’) lalu memantau peringkatnya. Dari sini diharapkan diperoleh sebuah model atau gambaran umum untuk dijadikan strategi, agar blog berhasil menempati posisi atas.

Spam

Jumlah di tahun 2011 meningkat pesat! Kebanyakan berbahasa inggeris, ada yang panjang bertele-tele, ada yang cuma ‘ha.ha.ha!’. Mungkinkah ada kaitan dengan kata di judul atau di posting yang bahasa asing? Menarik untuk dikaji.

Konten tampaknya ‘tidak berbahaya’. Mengambil sisi positifnya, teknik ‘spam’ merupakan teknik pemasaran jitu karena sebagian isinya iklan. Bayangkan ‘iklan’ menyusup ke puluhan juta blog di dunia.

Perlukah Blog Baru Tahun 2012

Perlukah? Harus ada alasan kuat, ‘ngurus 1 saja repot mengapa harus ada lagi.

Bahasa asing

Our belief was that if we kept putting great products in front of customers, they would continue to open their wallets. ” (Steve Jobs).

Kita meyakini kalau terus-menerus menawarkan produk bagus kepada para kustomer, mereka tetap bersedia terus-menerus membuka dompetnya.

Produk bagus untuk blog jelas yaitu, kualitas konten. Visitor akan datang dan datang lagi karena isinya menarik. Apa jadinya ya, kalau isi blog ini diperbaiki lalu dimuat ulang dalam blog baru berbahasa inggeris? ‘Kan sekarang sudah ada mesin penerjemah.

Blog baru diluncurkan untuk melampiaskan rasa ingin tahu dampak ‘go global’. Konten sudah ada, tinggal diterjemahkan. Tak perlu bekerja 2 kali. Semogalah berhasil.

baris baru
Selamat Tahun Baru 2012!
baris baru
😀

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: