Animasi Lipsync Cepat Dengan JLipSync

Ingin buat animasi ‘lipsync’ cepat? Tidak berbayar alias gratis? Ada program namanya ‘JLipsSync’. Sudah coba dan ditayangkan di posting lalu. Sayang tutorial untuk program ini sedikit sekali hampir tidak ada, padahal sangat membantu membuat animasi ‘lipsync’.

JLipSync

Di bawah adalah tampilan ‘JLipsSync’,

animasi lipsync JLipSync 1

Sederhana, tombolnya hanya sedikit. Kita bermain hanya di zona ‘bintik merah’. Panggil dulu berkas audio (suara berbicara, menyanyi) melalui menu [File]-[Open]-[Audio Wave Files]. Format adalah ‘.wav’ mono.

Putar audionya.

Berdasarkan pendengaran kita, ketikkan huruf demi huruf kata yang diucapkan atau dinyanyikan di kolom ‘Mouth‘. Jadi ‘deh ‘lipsync’nya. Gampang sekali.

Di kolom kiri adalah tabelnya. Cari ‘huruf’ yang diperlukan lalu ‘klik-klik’, atau, tekan [Shift][‘huruf’]. Huruf tampil di kolom ‘Mouth’, sedangkan gambar gerak bibir mewakili bunyi huruf tersebut ditampilkan di pojok kanan atas.

Selesai 1 kata, tutup dengan gerakan bibir ‘closed’.

Kalau semua sudah selesai, ekspor ke berkas ‘.avi’.
Klik menu [File]-[Create AVI File…].

Horee.. berkas ‘lipsync’ jadi.

Sinkronisasi

Mungkin ini bagian tersulit, menentukan kapan ‘huruf’ mulai disuarakan atau dibunyikan. Lihat kursor merah di atas? Gerakkan kursor berulang-ulang, bunyinya keluar, sampai ketemu posisi huruf yang tepat. Ketikkan huruf, [Shift][‘huruf’].

Oops, bibirnya terlalu cepat terbuka. Harus ditambah waktunya. Gampang, tekan [Insert]. Kebalikannya, suara sudah keluar bibir terlambat buka. Tekan [Del] baris di atasnya.

Hati-hati saat [Del]. Baris terhapus akan me”narik” seluruh baris di bawahnya. Seluruh baris bergeser ke atas. Agar timing huruf-huruf di bawahnya tetap (tidak berubah), [Del] diimbangi dengan [Insert].

Begitu pula dengan penambahan baris [Insert]. Baris tambahan akan menggeser seluruh baris ke bawah. Agar timing huruf-huruf di bawahnya tetap, imbangi [Insert] dengan [Del]. Harus coba.

Selain menggeser-geser kursor untuk sinkronisasi, manfaatkan juga tombol ‘Playback’. Empat tombol ‘playback’; paling kiri playback seluruh audio. Di sebelahnya ‘play’ blok/segmen audio (tekan [Shift] dan geser kursor). Di kanannya, ‘play’ audio mulai batas kursor hingga akhir. Terakhir, ‘play’ audio dari awal hingga ke batas kursor.

Tips & Trik

Lebih baik gerak bibir mendahului 1 “langkah” sebelum suara keluar. Tampak lebih alami.

Ada huruf dalam suku kata yang nyaris tidak terdengar. Misalnya ‘ter’; cukup diwakili oleh ‘tr’. Huruf ‘y’ tidak tersedia jadi kata seperti ‘yang’ diwakili ‘ang’ atau ‘iang’.

Kalau setiap huruf dipaksa diwakili gambar gerak bibir, maka tampak bibir sangat sibuk. Contoh klip video di atas. Carilah huruf-huruf kunci yang nyata atau jelas terdengar di telinga.

Kekurangan program ‘JLipSync’, (1) gambar hanya bibir saja (2) gerakan bibir patah-patah, dan (3) untuk bahasa inggeris, sehingga kita harus kreatif mencari sendiri padanan gerak bibir yang pas untuk dilafalkan atau dibunyikan sesuai bahasa indonesia.

Tetapi bagi pemula yang berminat belajar animasi ‘lipsync’, program ini sangat bagus untuk awal berlatih.

animasi lipsync JLipSync 2Bagi yang gemar menggambar, bisa buat kartun sendiri, lengkap, ada kepala, mata, hidung, dst. Pada bagian mulut atau bibir, pengucapan dapat dinyatakan dengan 4 pola gerakan bibir atau mulut seperti di samping.

Selamat ber’lipsync’!


:D   (demo video ‘lipsync’ me”minjam” pidato presiden Soekarno, ‘Kembali ke Jakarta’, 1949)

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam Animasi, Blog Tips dan Trik, Blogging, Media, Video VirtualDub
3 comments on “Animasi Lipsync Cepat Dengan JLipSync
  1. Narits mengatakan:

    tulisannya bagus, infonya keren ! nice thread

  2. rioseto mengatakan:

    terimakasih mas warasto sudah meninggalkan ‘ * suka ‘…😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: