Animasi Foto Stop Motion Mengasyikkan!

Ada yang menyebutnya stop motion animation, ada stop animation saja. Kita, animasi stop. ‘Animasi stop’ lucu dan mengasyikkan. Bahkan kalau kita cukup kreatif siapa tahu ada yang menawarkan kontrak buat ‘animasi stop’ untuk iklan! Serius.

Kalau animasi foto efek ‘3D’ posting lalu hanya terdiri atas 2 foto, animasi foto ‘stop motion’ ini ratusan hingga puluhan-ribu foto! Satu foto sama dengan 1 frame, diperlukan 15 foto (frame) untuk membuat klip video animasi berdurasi 1 detik. Untuk klip berdurasi 30 detik = 450 frame, untuk durasi 1 jam (3.600 detik)? Sa..baar, sa.baar.

Memang perlu kesabaran.

Semula berpikir ‘animasi stop’ adalah klip video utuh yang dipenggal-penggal adegannya, lalu penggalannya digabung dan dibuat jadi klip video sendiri. Wah gampang sekali, semua klip video bisa dibuat ‘animasi stop’ kalau begitu.

Mungkin benar demikian, tetapi saya berpendapat lain.

Animasi stop di sini adalah membuat serangkaian foto frame demi frame yang disusun menjadi sebuah klip video animasi sehingga obyek tampak hidup atau bergerak.

Seperti ini contohnya,

He.he… kurang bagus ya, tidak ada apa-apanya dibandingkan ‘Gulp’, animasi stop motion cantik dengan latar pantai sungguhan dan dipotret memakai kamera ponsel Nokia (contoh animasi stop motion untuk iklan ‘nih). Maklum belajar hanya sehari, masih banyak kurangnya. Lucu, dan senang, berhasil mencoba animasi stop dengan peralatan sederhana, digabungkan dengan ‘lipsync’. Asyiklah!

Kita bedah cara membuat animasi stop ini di posting berikutnya.

😀

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Animasi, Media
7 comments on “Animasi Foto Stop Motion Mengasyikkan!
  1. riosetoblog mengatakan:

    @pratamareiza, thanks ‘like’nya (blognya ada?)

  2. adiarta mengatakan:

    Kalau diperlukan segitu banyaknya frame, mending buat animasi pake teknik lain aja, hehehe, capek nyepret foto… Apakah shaun the sheep dibuat dgn animasi stop juga mas Seto?

  3. Yogix mengatakan:

    tolong terima penghargaan dari blog saya, klik disinihttp://yogixtutorial.wordpress.com/2012/01/18/award-pertama-yogix-tutorial/

    • rioseto mengatakan:

      terimakasih banyak… award diterima. mungkin blog ini yang sudah 2 tahun lebih perlu juga bikin award ya, untuk para blogger/visitor baru khususnya. 😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: