Bikin Animasi Stop Motion Sederhana di Liburan Hari Raya Imlek

animasi stop motionKamera punya, laptop ada, program tersedia, bikin apa ya enaknya di liburan akhir pekan yang lumayan panjang ini…?

Yes! Mau bikin animasi ‘stop motion’ sederhana. Buat anak-anak. Yang bikin senang, yang nonton senang. Modalnya 2 saja, lilin malam mainan menggantikan tanah liat (clay) dan ‘mata‘. Buntut, tidak termasuk. Bahan bisa dibeli di ‘super mart’ dan toko buku besar. Murah, meriah, ceria.

Story Board

Animasi seperti film, ada ceritanya. Ciptakan sebuah cerita atau dongeng yang menarik, enteng, pendek. Tuangkan cerita ke naskah bentuk gambar, yang lebih dikenal dengan nama ‘storyboard’. Cantumkan sedikit keterangan di gambar masing-masing.

animasi stop motion storyboardAnimasi ‘stop motion’ lalu mengisahkan proses ‘pembuahan’ atau fertilisasi. Jumlah gambar ‘storyboard’ bisa banyak, tetapi untuk animasi sederhana (sangat pendek) seperti posting kemarin, 3 gambar seperti di samping sudah memadai.

‘Storyboard’ adalah acuan kita menyusun adegan-adegan yang akan dibuatkan animasinya nanti. Gambar #1 misalnya, animasi ‘kecebong’ yang sibuk berpacu menuju ‘sel telur’. Gambar #2, animasi upaya ‘kecebong’ menguasai ‘sel telur’, dan gambar #3 animasi proses pertumbuhan menjadi janin.

Model

Obyek animasi ‘stop motion’ diwakili model yang kita bentuk dari lilin malam. Di sini hanya 2, ‘kecebong’ dan ‘sel telur’. Biar seru ‘kecebong’ dipasangi ‘mata’ dan ‘ekor’ (dari kawat kabel listrik, biar mudah ditekak-tekuk). Bentuk suka-suka, bebas; kerahkan seluruh imajinasi dan kreativitas kita!

‘Pret’… ‘pret’!

Tibalah saat-saat penting, pemotretan.

Buat foto untuk frame video animasi ‘stop motion’ kita. Tidak terlalu repot. Cari meja datar, hamparkan secarik kertas lebar, pasang kamera di atas tripod (‘kaki-3’), arahkan dan bidik untuk me”nangkap” setiap perubahan gerak dari model di atas kertas.

animation stop motion potretAtur adegan obyek untuk gambar #1. Siap? ‘Pret’! Geser obyek dan ubah posisinya sedikit, ‘pret’, geser lagi sedikit ‘pret’.., lagi ‘pret, ..’pret’, ..’pret’. Demikian seterusnya sampai seluruh adegan yang diperlukan gambar #1 tuntas dipotret.

Tips: (1) kamera diam di tempat, tidak boleh bergetar, bergeser, atau bergerak, (hanya model yang berpindah), (2) perubahan dibuat sedikit demi sedikit agar gerakan tampak “halus”, tidak patah-patah atau kesan meloncat, (3) atur posisi lampu pencahayaan atau penerangan, kalau dipakai, sehingga bayangan obyek memberi kesan ‘3D’ yang bagus.

Lanjutkan mengambil foto adegan gambar #2 dan gambar #3. Beres.

Jadi video

Kita sekarang punya sekian puluh frame yang siap dibuat jadi video animasi ‘stop motion’ yang cantik! Jalankan program video editor favorit kita dan mulai menyunting. Virtualdub dapat melakukannya dengan mudah. Beri bernomor urut foto kemudian buka foto pertama, program memanggil otomatis seluruh seri foto dan menyusunnya menjadi sebuah video! Horee… .

Lengkapi video dengan musik latar. Cari tema yang pas untuk animasi ‘stop motion’ kita.

animasi stop motion lipsyncAkan lebih menarik kalau model bisa ber”bicara”. Posting kemarin itu bilang ‘thank you‘, dengan gerak bibir mengambil 2 pola dasar bicara yang pernah dibahas posting ‘lipsync’ lalu. Paling bagus bibir model di”ukir” menirukan bibir orang yang menyuarakannya. Contoh di samping, …’gong-xi-fat-choi‘!

Melihat gerak bibir pengucapan ‘xi’ dan ‘fat’ lalu ‘gong’ dan ‘choi’ susah dibedakan, sepertinya 2 gerakan bibir saja sudah cukup untuk mengucapkan ‘gong-xi-fat-choi‘!

Selamat Hari Raya Imlek!


:D   (he.he.. ucapan ‘gong xi fat choi’nya masih belajar)

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Animasi, Blog Tips dan Trik, Blogging, Media, Video VirtualDub
2 comments on “Bikin Animasi Stop Motion Sederhana di Liburan Hari Raya Imlek
  1. adiarta mengatakan:

    salut buat semangatnya mas Seto yang tiada henti berkreasi, apalagi bikin animasi stop yg perlu kesabaran. saya punya laptop, kamera memadai, cuma masih nempel di hp alias hp kamera, hehee.. mau bikin animasi stop jadi susah karena gak ada tripod, gambar yg satu dgn yg lain jadi geser2 gitu… kayaknya harus ngumpulin peralatan pendukung dulu nih buat belajarnya…😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: