Fitur ‘Onion Skin’ di Program Anasazi Untuk Animasi Stop Motion

Coba-coba eksperimen bermodal animasi ‘stop motion’ beberapa posting kemarin, berani ikutan kontes? Wah belum, tahun depanlah. Tenggat waktu terlalu mepet (Februari). Baru tahu cakupan dunia animasi ternyata luas juga, 2D, 3D, stop-motion, rotoscope.

Sebelum ini, frame untuk video animasi ‘stop motion’ dijepret satu per satu pakai kamera digital saku. Klip videonya dibuat di program lain. Ada 1 program mini, ‘Anasazi’ yang sekaligus ‘jepret’ dan bikin klip animasinya! Unduh progam mini ini untuk kita mainkan (225 kB saja).

onion skin di anasazi untuk animasi stop motion 1Program bekerja dengan webcam sebagai capture frame. Webcam, praktis ada di semua jenis notebook dan netbook. Untuk desktop, bisa pakai webcam terpisah.

Webcam murah meriah (relatif) ‘Logitech C100’ cukup bagus untuk eksperimen. Enaknya webcam terpisah, lebih mudah kita mengatur posisi pengambilan frame. Gambar tajam diperoleh untuk jarak obyek di atas 25 cm.

Program Anasazi

Tombol operasi dan tampilan program ‘Anasazi’ ikut-ikut mini seperti ini,

onion skin di anasazi untuk animasi stop motion 2

Capture — Gambar obyek yang tertangkap webcam langsung tampil di layar. Klik [Grab], gambar disimpan sebagai frame. Pindahkan atau gerakkan obyek, klik [Grab] lagi. Begitu seterusnya sampai semua frame selesai di’jepret’. Hasil jepretan bisa dilihat kembali dengan klik tombol [Play].

Kalau sudah selesai, klik [Done]. Program menyimpan seluruh frame yang dijepret tadi sebagai klip video berformat ‘.avi’. Jadi ‘deh video animasi ‘stop motion’ kita. Mudah sekali.

onion skin di anasazi untuk animasi stop motion 3Onion skin — arti harfiahnya, ‘kulit bawang’. ‘Onion skin’ adalah fitur program untuk menentukan gerak berikutnya. ‘Jejak’ rekaman gerak sebelumnya dari obyek atau model ditampilkan di monitor. Jejak ini menjadi acuan untuk menentukan gerakan selanjutnya.

Gambar memperlihatkan contoh efek ‘onion skin’; frame sebelumnya ada di bawah (sudah dijepret), calon frame berikut di atasnya. Transparansi kedua frame dapat diatur dengan menekan tombol ‘Bawang’ dan menggeser tombol slider di sampingnya (lihat gambar panil di atas). Atur mana yang lebih nyaman.

Gambar tadi bukan contoh ‘onion skin’ yang betul. Obyek harus berdekatan agar animasi tampak halus. Dijarangkan untuk ilustrasi.

Enaknya ‘onion skin’, selesai menjepret 1 frame adegan berikutnya dapat ditunda, ada waktu untuk mengubah setting dan bentuk obyek. Selesai, obyek dikembalikan lagi ke setting dengan posisi memanfaatkan ‘jejak’ frame sebelumnya yang masih membayang di monitor. (Mungkin itu mengapa disebut ‘stop motion’, ya.)

Fitur ‘onion skin’ sangat penting di dalam animasi. Tanpa ini sukar memghasilkan film animasi berkualitas. Contoh hasil klip video animasi ‘stop motion’ pakai webcam dan program ‘Anasazi’, belum sempat dibuat. Nantilah, oke.


:D   (berkas ‘.avi’nya besar, gunakan ‘compress’)

 

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Animasi, Media
6 comments on “Fitur ‘Onion Skin’ di Program Anasazi Untuk Animasi Stop Motion
  1. Howdy great website! Does running a blog like this take a massive amount work?
    I’ve no knowledge of computer programming however I was hoping to start my own blog in the near future. Anyway, if you have any ideas or tips for new blog owners please share. I understand this is off subject however I just needed to ask. Thanks!

    • riosetoblog mengatakan:

      Blogging is a half-day work if you want to make quality postings. Setting up your site needs a bit hardwork before you go and succeed… are you selling online? (I still am wondering how did you arrive at this posting.)😀

  2. […] Tinggal ubah sedikit, kopas lagi ke slide berikutnya dan ubah, kopas lagi dan ubah… dst. Efek ‘onion skin’ yang sudah kita bahas sepintas di posting sebelum ini, juga terlihat di Powerpoint saat mengubah […]

  3. tank top mengatakan:

    thanx infonya…sukses slalu

  4. TRIK INTERNET GRATIS DAN TIPS mengatakan:

    Mumet…met

    • rioseto mengatakan:

      masa ‘sih… posting memang sambung menyambung, tapi dibaca per artikel juga bisa. (sudah mampir balik ‘kok tidak bisa tinggalkan jejak di sana, ya)😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: