PowerPoint 2D dan GoogleSketchUp 3D Bergabunglah

PowerPoint GoogleSketchUp mitra 1Kita semua tahu PowerPoint. Sebagian juga tahu Google SketchUp, program menggambar 3D dari Google. Bagaimana kalau keduanya dimitrakan, digabung dan dibuat animasi?

Gambar di slide PowerPoint kalau di’kopas’ ke slide berikutnya akan jatuh di posisi yang sama. Tepat. Kondisi yang bagus untuk dimanfaatkan jadi animasi. Tinggal ubah sedikit, kopas lagi ke slide berikutnya dan ubah, kopas lagi dan ubah… dst. Efek ‘onion skin’ yang sudah kita bahas sepintas di posting sebelum ini, juga terlihat di Powerpoint saat mengubah posisi.

Slide ‘PPt’ adalah frame yang kalau kesemuanya dirangkai jadi satu membentuk sebuah klip video. Itulah animasi 2D kita. Membuat animasi dengan ‘PPt’, mirip saat kita membuat gambar sketsa di buku tulis yang bergerak dari halaman ke halaman saat masih kanak-kanak dulu. Itulah flipbook; setiap halaman adalah 1 frame.

Untuk 3D, kemampuan PowerPoint terbatas. Ada banyak program 3D bagus lain, salahsatunya Google SketchUp. Free, tutorial berikut contoh lumayan lengkap. Di awal tampak rumit tetapi dengan sedikit berlatih semua hambatan mudah diatasi.

PowerPoint GoogleSketchUp mitra 2Bagaimana kalau kita gabungkan PowerPoint (‘PPt’) dengan Google SketchUp (‘GgSUp’) menjadi sebuah animasi sederhana? Gambar 2D dibuat di ‘PPt’, yang 3D di ‘GgSUp’. Gambar 3D nanti kita ekspor agar bisa berkumpul bersama gambar lain di ‘PPt’. Beres.

Storyboard — bikin cerita apa ya. Sekarang sedang musim hujan deras, gelombang tinggi, beberapa hari lagi terang bulan, blogging harus terus jalan. Oke, buat tema ‘WordPress Fullmoon’ saja. Hujan deras, reda, muncul bulan yang menciptakan suasana kondusif mengilhami kita membuat posting. Storyboard jadi, lanjut dengan corat-coret di ‘PPt’ dan ‘GgSup’, lalu disunting dan disusun. Jadinya seperti ini,


 
IrfanView, Virtualdub — Klip asal jadi saja. He.he… yang terpenting tahu ‘PPt’ bisa membantu kita buat animasi. Saat ‘PPt’ tayang (slideshow) setiap slide alias frame di’capture’ dengan IrfanWiew; dimensi diperkecil lalu disimpan dengan nomor berurut. Buka program Virtualdub, panggil frame pertama dan breet… semua frame dirangkai jadi sebuah klip video! Otomatis, total 157 frame.

Dibumbui musik sedikit, jadi ‘deh.


😀   (lupa mencatat sumber musiknya…)

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Lain-Lain
2 comments on “PowerPoint 2D dan GoogleSketchUp 3D Bergabunglah
  1. adiarta berkata:

    Jujur mas, saya belum pernah pake Google sketchUp.. sekarang pun baru tahu kalo google punya software sketchUp…
    Sekali lagi salut buat Mas Seto buat kegigihan & kesabarannya…
    Videonya keren… saya paling suka pas muncul logo 3D wordpressnya…

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: