SketchUp Itu ‘Fun’!

SketchUp is FunBelajar SketchUp menghasilkan 1 kesimpulan, …mengangkat bakat seni terpendam! Kita berimajinasi, membayangkan sesuatu di ruang 3D untuk divisualkan 2D. Lalu dibentuklah ‘sesuatu’ dengan “memahat” dan “mengukir”, memakai tool sederhana yang mudah difahami, dan menyenangkan mengoperasikannya. ‘SketchUp is fun‘.

Kita sudah bisa menciptakan “mainan” 3D yang bagus dengan cepat; tetapi ada yang harus melalui proses panjang dan rumit. Berat, bahkan terlalu berat karena sarat dengan trik dan tips yang tidak mudah dimengerti awam, termasuk pemrograman bahasa ‘Ruby’.

Kita tidak ke sana. Tidak berniat membuat obyek ‘batu karang’ dan ‘pohon’ yang hebat. Ringan-ringan saja, membuat obyek yang bisa tampak ‘wah tanpa susah. Berikut beberapa topik yang sempat dipelajari seminggu ini (untuk calon posting nanti? he.he.. ).

Kelompok ‘Berat’

SketchUp sandbox flip edgeSandbox – ‘Flip Edge’ — masih eksperimen. ‘Flip Edge’ mirip ‘Push/Pull’, yang bisa membalikkan ‘gunung’ atau ‘punggung bukit’ jadi ‘lembah’, dan kebalikannya. Dipakai memperhalus profil permukaan obyek agar tampak lebih alami (natural). Klik gambar untuk demo animasi ‘Flip Edge’, atau, kunjungi situsnya.

Untuk dicoba: buat wajah diri 3D?

Paint – ‘Texture’ — rumah 3D kalau diwarnai tekstur foto rumah, mirip rumah sungguhan (lihat gambar awal di atas dan di bawah. ‘Wallpaper’ si gadis cantik berkedip tentu tidak termasuk!).

SketchUp bending text on curveMewarnai permukaan lengkung dengan citra (image, foto) tidak terlalu sukar, tidak demikian dengan teks 3D mirip ‘Word Art’ program Word dan PowerPoint. Ini situs tutorial dan pluginnya, shape bender.

Untuk dicoba: foto dan teks 3D di atas permukaan bentuk silinder (botol, gelas) dan bola.

Animasi di SketchUpAnimasi ‘ZOP’he.he.. istilah sendiri untuk zoom, orbit, dan pan . Perilaku gerak ‘ZOP’ digantikan ‘kamera’, ‘mata’, dan ‘kaki’ (sepatu) agar bisa direkam. Jadilah animasi. Demo, klik gambar untuk buka klip (.avi) atau klik kanan untuk save.

Untuk dicoba: animasi orang (kartun ‘SketchUp’) berjalan menyusur jalan di kawasan pertokoan (foto, klip video).

SketchUp bisa untuk game jugaGame — baru ketemu 1, karya Scott Lininger. Gamenya sendiri sederhana tetapi kesanggupan utak-atik bahasa Ruby jadi game di SketchUp itulah yang hebat. Klik gambar untuk download.

Untuk dicoba: ‘Pacman SketchUp’, ‘Tetris SketchUp’?

Render — yang ditunggu-tunggu! Me’warnai’ obyek 3D mendekati hasil seperti kalau dipotret (photo realistic). Banyak plugin render untuk SketchUp (daftar render). Ada satu render belum masuk di sana, Lumion. Sudah download, belum sempat coba. Render dikupas di tutorial di situsnya. Hasilnya aduhai, sampai ke riak/ombak laut segala.

Berkas? Tidak kepalang, 660 MB! Enaknya, render gratis selamanya meski ada watermark dan terbatas fiturnya.

Untuk dicoba: menguasai render dari yang gampang dulu seperti ‘IDXRenditioner’ (gratis untuk Google SketchUp versi 7).
SketchUp is Fun 1

Kelompok ‘Ringan’

Dibalik SketchUp ada kalkulator canggih yang sibuk menghitung posisi setiap titik, garis, dan bidang yang kita goreskan di dalam ‘ruang (3D)’. Kita paling menghitung “mainan” 3D ringan seperti di samping. Yum, yum.

SketchUp is fun.


😀   (tiada rotan, akar pun jadi.. tak ada nasi pizza dengan ‘sketchup’ juga oke!)

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Blog Tips dan Trik, Blogging, Lain-Lain, Tutorial

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: