Model 3D Sayap dan Ekor Casa 212

model 3D sayap dan ekor Casa 212Asyik, kita sudah punya ‘bodi pesawat’ Casa 212 dari posting lalu. Dengan sedikit utak-atik kita percantik ‘kokpit’nya. Hehe.. buruh jadi pilot di sini. Kasihan juga cape, kursi ditiadakan biar jelas.

Sekarang buat ‘asesoris’nya, sayap, sayap belakang dan ekor (nanti update roda (dan antena). Mesin, nanti posting tersendiri. Bikin ‘sayap’, ‘sayap belakang’ dan ‘ekor’ mirip buat ‘bodi’ di posting lalu, sedikit lebih mudah.
 

Sayap

model 3d sayap casa 212Sayap separuh — Tumpangkan profil sayap di atas gambar, tepat di tengah. Profil penampang sayap adalah umum dan ada banyak di internet. Mau buat sendiri lebih bagus.

Dengan ‘Push-Pull’ tarik profil dalam beberapa segmen sepanjang sayap. Sepertinya 2 cukup. Lalu ‘klik-klik’ sayap, perhalus sayap, klik kanan ‘Soften/Smooth Edges’.

Dengan ‘Scale/Resize’, bentuk profil sayap. Klik ujung sayap, pilih tombol untuk mendorong segmen hingga sesuai lebar sayap.

Masih ‘Scale/Resize’, pilih tombol lain untuk mengatur ketebalan. Semakin ke ujung sayap semakin tipis. Tidak ada ukuran, kira-kira saja.

Klik-klik sayap, klik kanan, ‘Make Component’. Beri nama misalnya, ‘Sayap-Separuh‘.

Sayap utuh — lengkapi sayap dengan membuat sebelah lagi. Salin sayap, cerminkan, sambung dengan sayap asal. Beres. ‘Klik-klik’ sayap, klik kanan ‘Make Component’. Beri nama ‘Sayap Final‘.

Simpan komponen ini di berkas. Klik ‘komponen’, klik kanan, simpan di direktori komponen yang nanti bisa dipakai lagi sewaktu-waktu. Sip, sayap pesawat jadi.
 

Sayap belakang

model 3d sayap belakang casa 212Bentuk sayap ‘belakang’ mirip sayap ‘depan’ tetapi dimensinya lebih kecil. Metoda membuatnya ‘setali tiga uang’ alias sama saja (sudah jarang kita mendengar peribahasa ini, ya).

Tinggal enaknya, ulang buat sayap menggunakan profil penampang sayap tadi yang diperkecil sesuai ukuran.Pakai ‘P’ (‘Push-Pull’) untuk memanjangkan dan membagi menjadi 3 segmen. Gunakan ‘Scale/Resize’ untuk mengatur ketebalan. Semakin ke ujung semakin tipis.

Sayap belakang utuh — sayap belakang sebelah jadi. Lengkapkan menjadi sayap utuh dengan membuat salinannya, mencerminkan, dan menyambung. Jangan lupa ‘Make Component’ untuk disimpan di direktori komponen.

Sip. Sayap belakang jadi.
 

Ekor

model 3d profil ekor casa 212Kalau kita cukup jeli, ada kesamaan bentuk antara ‘ekor’ dengan ‘sayap belakang’ (separuh). Hanya profil penampang yang berbeda. Ulang membuat ‘sayap belakang’ dengan profil baru ini dan tegakkan. Jadilah ‘ekor’. Gampang, ya.

model 3d ekor casa 212Ambil profil penampang ‘ekor’ dari internet atau buat sendiri. Gunakan ‘P’ (‘Push-Pull’) dan bagi atas 3 segmen. Gunakan ‘S’ (‘Scale/Resize’) untuk mengatur ketebalan. Semakin ke ujung semakin tipis.

Jadi sudah ‘ekor’ pesawat kita.

Jangan lupa jadikan komponen. Fungsi sayap ‘belakang’ dan ‘ekor’ adalah untuk mengendalikan gerakan mengangguk (naik-turun) dan menggeleng (kiri-kanan) pesawat. Pesawat bisa juga ‘iya’ dan ‘tidak’, ya.
 

Asembling perdana

model 3d render casa 212Penasaran, tidak sabar melihat hasil? Buka ruang gambar baru di SketchUp, panggil komponen bodi, sayap, sayap belakang, dan ekor yang sudah kita simpan di direktori komponen. Juga panggil gambar pesawat untuk panduan merakit komponen atau elemen pesawat tadi.

Tempatkan masing-masing elemen dengan tepat.

Asyik, sudah menyerupai. Ada pilot, ada penumpang Suju! (sayang tidak tampak, terlalu kecil), tetapi belum bisa terbang, ‘eh sudah, melayang.. hehe.

:D  (nantikan ‘update’ roda dan antena)

Update (Minggu, 6 Mei 2012, 01.00 WIB): Roda, Antena.
 

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tutorial
2 comments on “Model 3D Sayap dan Ekor Casa 212
  1. Reza mengatakan:

    saya suka bgt blog kamu mas,,,, banyak belajar saya. ohh, iya mas,,,, posting cara modeling mobil donk mas,,,, pleeasssee

    • riosetoblog mengatakan:

      he.he.he… bikin sendiri dong. maksudnya blog ini kan supaya Reza pinterr! bodi dimulai dari kotak lalu “ukir” bentuknya sisi kiri-kanan (pintu), depan-belakang (kap mesin, bagasi), atas-bawah (atap, dek bawah).

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: