Model 3D Mesin Turboprop Casa 212

model 3d mesin turboprop casa 212Model 3D mesin turboprop Casa 212 akhirnya selesai juga. Lama bukan di pembuatan model melainkan bagaimana menyajikan artikel sebaik-baiknya untuk posting. Mengemas gambar dan kata-kata ternyata susyaah! (Lihat artikel WordPress 23 April lalu, berbahasa inggeris, ‘Why Writing Involves Pain’; menulis itu ‘pedih’ dan ‘perih’). Hehe… bela diri ‘nih?.
 

‘Rumah’ Mesin

model 3d mesin turboprop casa 212 bodiKita mulai dengan yang paling mudah, membuat ‘bodi’ atau ‘rumah’ mesin turboprop dengan mengulang teknik ‘P’ (‘Push-Pull’) dan ‘S’ (‘Scale’).

Seperti biasa dengan ‘P’ kita memilah ‘bodi’ menjadi beberapa segmen, dengan ‘S’ kita membentuk ‘bodi’. Selesai.
 
model 3d mesin turboprop casa 212 hidung‘Hidung’ — adalah tempat dudukan propeler atau baling-baling. Teknik ‘Follow Me’ dipakai membuat ‘hidung’. Selesai.

Memposisikan tepat pola ‘hidung’ di atas lingkaran, dan memposisikan ‘hidung’ jadi tepat di ‘bodi’, adalah pekerjaan seni. Tidak mudah. Buat garis bantu sehingga memudahkan kita menempatkan obyek. Tepat karena ‘snap’!

‘Rumah’ alias ‘bodi’ mesin turboprop selesai.
 

Baling-baling

model 3d mesin turboprop casa 212 baling-balingMembuat baling-baling adalah yang paling rumit dari semua. Teknik ‘Push-Pull’ dipakai tetapi kita berhenti di tiap segmen untuk membentuk profil baling-baling.

Gambar di samping. Gambar-1: segmen-2 di’pipih’kan kemudian di’lebar’kan dulu sebelum membuat segmen-3.

Gambar-2: segmen-3 di’puntir’ atau di’plintir’ sebelum lanjut membuat segmen-4. Bukan ahlinya, jadi sudut puntir dikira-kira saja. Hasilnya, Gambar-3.

Gambar-4: segmen-4 terakhir mudah, dibentuk seperti membuat ‘sayap atau ekor’.

Baling-baling kita jadi.

model 3d mesin turboprop casa 212 asembling1Pasang baling-baling ke ‘hidung’ — lumayan rumit memposisikan dengan tepat baling-baling di permukaan lengkung ‘hidung’. Gambar-1: buat garis bantu di ‘hidung’ dan di baling-baling (tidak kelihatan). ‘Snap’!

Gambar-2, 3, dan 4, adalah teknik ‘copy’ (menyalin) obyek dalam formasi ‘lingkaran’. Aktifkan baling-baling, klik. Kita akan menyalin baling ini 3 kali dengan posisi beraturan mengitari ‘hidung’.

Klik ‘Rotator’ (busur derajat) dan tempatkan di belakang ‘hidung’ tepat di tengah-tengah, klik. Tarik searah baling, klik. Pendek saja. Tekan [Ctrl] dan tahan, putar busur 90 derajat. Horee… baling ke 2 jadi.

Urusan selanjutnya gampang, ketik ‘3x’ atau ‘x3’. Eureka! Jadi sudah baling-baling kita, langsung menempel di ‘hidung’.

Berhasil? Sip.
 

Asembling

Kembali memposisikan lagi obyek dengan tepat, yaitu baling-baling ke ‘bodi’. Pasti bisalah, tidak perlu dijelaskan lagi. Berikutnya memasang mesin turboprop ke pesawat Casa 212 ‘gundul’ hasil karya kita tempo hari. Tidak masalah, pasti bisa.

Pura-puranya sebelum memasang mesin ke pesawat model 3D mesin turboprop Casa 212 harus diujicoba dulu. Semua harus dicek, oke? Siap dijalankan? Klik. Horee.. baling-baling berputar! Ke kanan, ke kiri? Bingung, jangan-jangan pesawat berjalan mundur.

model 3d casa 212 finalSelesai ujicoba dan instalasi, model 3D pesawat kita tampak lebih “gagah”. ‘Suju’ siap ‘boarding’ kembali (naik ke pesawat) untuk show berikutnya.

Bagaimana cara masuknya, mana pintu? Bagian lain juga belum semua terpasang. Sempurnakan sendiri, oke.
 
:D   (jangan lupa buat ‘komponen’; memutar baling-baling nantikan posting berikutnya)

 

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Tutorial
2 comments on “Model 3D Mesin Turboprop Casa 212
  1. ahmad mengatakan:

    wahhh kreatif yaaaa

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: