Animasi Kreatif Dengan ‘Scene’ SketchUp

Animasi ‘Scene’ SketchUp dapat diutak-atik membuat berbagai animasi cantik. Anehnya kurang banyak dibahas di internet. Kemampuannya terbatas? Bolehjadi, termasuk enggan mencoba?

Berikut beberapa demonya.

animasi kreatif copy radial array 1

animasi kreatif copy radial array 2

Copy radial array — menyalin (copy) obyek beberapa kali dengan susunan melingkar. Obyek kemudian ditampilkan bergantian di ‘Scene’. Animasi baling-baling berputar di posting lalu memakai metoda ini. Banyak contoh aplikasi metoda ini misalnya buka-tutup pintu’jendela, portal, gerak bandul, gerak jarum jam, dst.

animasi kreatif seni melipatLipat — Satu posting di blog ini pernah membahas cara membuat model kertas dari gambar 3D SketchUp. Model 3D di”kupas” jadi 2D lalu diprint, digunting, dilipat, dan direkat. Jadilah model 3D kertas. Animasi ini mudah dan cocok diterapkan di dunia seni melipat kertas seperti di samping. Bagus sekali untuk melatih ketrampilan anak-anak.

animasi kreatif irisan section planeBidang irisan — menu [Tools] – ‘Section Plane’. Bidang seperti “pisau”, berfungsi mengiris, memotong, atau membelah obyek 3D pada arah tertentu sehingga terlihat bagian dalamnya.

Irisan atau potongan umumnya dijumpai di dunia arsitektur, untuk memperlihatkan bagian dalam atau interior rumah atau gedung. Kita coba dengan jeruk sajalah. Gampang ..hehe.

Animasinya mana? Peralihan atau transisi irisan dari mendatar ke tegak ada animasi ‘antara’. Halus. Lihat klipnya di bawah.

Pan, Orbit, Zoom — trio alias ‘tiga sekawan’ yang istimewa; ‘Pan’ adalah melihat berputar ke kiri-kanan, ‘Orbit’ melihat berkeliling, dan ‘Zoom’ melihat jauh-dekat. Seperti animasi transisi ‘Section Plane’, ‘Pan-Orbit-Zoom’ juga memiliki animasi transisi halus seperti ini,
 

 
Diskusi — pada animasi ‘Radial Array’ dan ‘Lipat’ obyeklah yang bergerak atau berubah, pada ‘Section Plane’ dan ‘Pan-Orbit-Zoom’ obyeknya diam; yang bergerak atau berubah sudut pandang atau viewnya. Kita bedah lebih lanjut nanti.

Selamat utak-atik animasi di akhir pekan panjang…
 
:D   (pesawat terbangnya diam, sungguh! pesawat kertas juga bisa melayang lama, cobalah.)

 

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tutorial
3 comments on “Animasi Kreatif Dengan ‘Scene’ SketchUp
  1. rickyyuliam mengatakan:

    keren infonya….
    lanjutkan

    tukeran link yahh…
    thx

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: