Toko Online (3) — Setting Plugin eCommerce TCP di WordPress

Dari posting lalu, membuat toko online tidaklah terlalu susah. Seperti membuat artikel posting biasa dengan konten diarahkan khusus untuk produk melalui sejumlah setting di ‘Product’. Artikel bisa ditampilkan sendiri seperti posting biasa, atau ditampilkan rame-rame bersama produk lain di laman ‘Catalogue’.

Tata letak produk seperti kosmetik, harus tampil cantik. Sebagian setting dikendalikan di luar laman ‘Product’. Untuk mencari setting mana mempengaruhi apa kita jelajahi saja semua setting TheCartPress dengan cepat.
 

1.   TCP Settings (umum)

setting adminkeuTiga setting umum, (1) First time  (2) Main Setting  (3) Localize.

First time — khusus Step-2 tampilan mata uang Indonesia ‘IDR’ bukan ‘Rp.’ (bisa diganti). Beri spasi antara ‘%1$s %2$s’, ganti notasi ‘Decimal point separator’ dengan koma dan ‘Thousands separator’ dengan titik.

Main settings — biarkan apa adanya.

Localize — tentukan satuan berat dan negara pasar tujuan. Jelas, ganti dengan Indonesia.

Jangan lupa klik Save changes seusai setting.
 
Setting berikutnya menyangkut keuangan.

Tax — urusan pajak. Isi ‘Indonesia’ dan ‘default tax country’.

Payment Methods — urusan bayar-membayar. Pakai transfer bank saja, Transference. Isi data bank kita di sini.

Shipping Methods — urusan biaya pengiriman barang (produk). Ada 4 opsi: (1) Free Trans, ongkos kirim bebas untuk nilai belanjaan melampaui jumlah tertentu  (2) FlatRate, ongkos kirim dipukul rata tidak bergantung jarak lokasi tujuan  (3) ShippingCost, ongkos kirim bergantung jarak  (4) LocalPickUp, belanjaan diambil sendiri.

Checkout — urusan transaksi penjual dengan pembeli.

Checkout Editor — urusan administrasi transaksi. Urutan bisa diubah.

eMarketing Tools — centang Search engine activated ini kalau toko online nanti sudah beroperasi penuh!
 

2.   Setting TCP Look&Feel

setting tampilanSetting di sini berhubungan dengan tampilan dan layanan toko online. Ada 6 setting, (1) Theme compatibilty  (2) Buy buttons  
(3) Notices, eMails  (4) Loop  (5) Custom templates  (6) JPlayer.

Theme compatibility — bagian atas biarkan, cermati bagian bawah saja, How to display Single Content. Setting mengatur tampilan produk sebagai posting biasa bukan tampilan produk tersebut di ‘Catalogue’.

Cobalah mainkan semua setting,  See buy button in content,   Align of buy button in content,  See price in content,  Image size grouped buy button,  See image in content,  Image size in content,  Image align in content,  Image link in content.

Ketahuan sekarang setting posisi ‘Featured image’ produk (sebagai posting) ada di sini. Periksa apakah berpengaruh terhadap tampilan produk di ‘Catalogue’. (Tidak.)

Buy buttonsklik berarti mem’beli’! Lewati, biarkan apa adanya.

Notices, eMails, Loop, Custom Templates, juga lewati dan biarkan apa adanya.

JPlayer — penjualan untuk produk digital yang bisa dibeli dengan mengunduh seperti audio (musik) dan video. Belum bisa dimanfaatkan.
 

3.  Setting TCP Tools

Ini menu kakas atau tool bagi manajer. Hanya 1 menu setting dibahas, Shortcodes atau kode singkat. Lainnya belum diperlukan.
 
 
 
Shortcodes, kode singkat — adalah setting urusan tampilan produk di ‘Catalogue’! Kode singkat ini ditulis di laman ‘Catalogue’. Berikut adalah kumpulan setting apa yang hendak ditampilkan, sedangkan bagaimana ditampilkan ada di bawah.

Salahsatu kode adalah all_products (#1), ditulis dalam kode singkat = [tcp_list id=”all_products”].

Kode diposting di laman ‘Catalogue’, instruksi menampilkan semua produk sesuai setting di #2, #3, #4.

Kita bisa mendefinisikan kode sendiri (#5). Contoh, katalog menampilkan hanya kalkulator saja. Beri nama kode singkat supplier_kalkulator. Pilih #2 Product, #3 Use Taxonomy pilih ‘taxonomy’ Supplier.

Jadilah katalog menampilkan daftar pemasok kalkulator. Centang #4 untuk menampilkan nomor halaman kalau jumlah produk banyak. Kode singkat [tcp_list id=”supplier_kalkulator”] taruh di bawah kode singkat [tcp_list id=”all_products”].

Tambahkan lagi di bawah kode singkat lain misalkan berdasarkan page ‘Tag’. Tambah lagi, tambah lagi, begitu seterusnya.

catalogue widget table of contentApa yang terjadi?

Kita sedang mem’program’ konten katalog! Iya, katalog produk tebal, yang dipilah-pilah berdasarkan berbagai kode singkat yang dibuat tadi.

Perlu dipikirkan membuat daftar isi atau table of contentnya dalam bentuk widget di side bar. Idenya kira-kira meniru di sebelah,

Wow.
 


 
Ini bagian bawah dari shortcodes, setting bagaimana produk ditampilkan di ‘Catalogue’. Ada jumlah kolom (kotak, grid), judul, harga, dan seterusnya.
 
setting tampilan katalog
 

Pantas produk katalog di posting lalu tidak ada judulnya, Show titlenya tidak dicentang. Pantas ada 2 harga, satu ditampilkan oleh ‘Product’, satu lagi oleh ‘Shortcodes’.

Jangan lupa selalu Save setiapkali membuat kode singkat. Tombol Delete di samping untuk menghapus kode singkat yang sudah dibuat.
 

Menu TCP Lainnya

Masih ada 2 menu TheCartPress tidak termasuk setting, theCartPress dan Product. Ini untuk monitoring dan evaluasi lalu lintas perdagangan yang lewat di toko kita. Jelaslah ya.
 
Lumayan melelahkan tetapi …katanya mau bisnis? Menekuni semua setting berulangkali hingga benar-benar dikuasai membuat kita merasa jauh lebih nyaman dan aman. Kita juga jadi lebih tahu dan pintar cara menyelenggarakan sebuah bisnis online. Kita jadi lebih percaya diri menjalankan bisnis online.
 
Toko online siap dioperasikan!
 
😀   (‘Rp.’, dimensi foto, kosmetika, LOOP, SHOWCASE, JQuery, Forum, etc.)

 

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Toko Online, Tutorial

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: