Memilih Font Tidak Sembarang Ini Tips dan Triknya

kaligrafi binatangKarakter ASCII (huruf, angka, tanda baca) dan bukan ASCII ternyata sama-sama dapat menghasilkan karya seni cantik. Lihat gambar di samping (klik). Bagus ya. Tidak terpikir karakter ASCII itu sendiri juga dikutak-katik agar cantik. Jadilah font, atau typeface, yang jumlahnya ribuan dan masih bertambah terus sampai sekarang. Waa.aw!

font anehTerjadi kompetisi saling berlomba kalau perlu menciptakan font aneh untuk menarik perhatian dan merebut hati pemakainya seperti gambar di samping. Bebek, wortel, ubi jalar, ornamen, atau salahsatu huruf ASCII? Ja..uuh.

Kalau jumlah begitu banyak, kapan, di mana dipakainya. Memangnya berpengaruh ‘gitu? Padahal bentuknya terkadang masih mirip-mirip, mengapa tidak diseragamkan atau disamakan saja.

Bingung.

Font tidak sembarang

Font ternyata tidak dibuat asal-asalan, ada muatannya. Font punya penjelasan ringkas maksud dan tujuan diciptakan dan pemakaiannya. Meskipun font tergolong karya seni, pemakaian semestinya bebas tanpa aturan, adanya muatan membatasi aplikasi.

Apa boleh buat. Kita asah otak kanan sejenak mengikuti tips dan trik berikut, berlatih memilih font dengan perasaan!

font besar untuk judul atau headingFont display — adalah kelompok font untuk aplikasi judul atau heading. Coba ketik ‘font display’. Rasa seni kita yang awam membenarkan pantaslah font jadi judul, ada kesan tebal, besar, gemuk. Bisa diterapkan sebagai judul laporan, judul buku, atau poster. Yang pasti font tidak bagus untuk teks konten.

Font body copy — istilah untuk tulisan/teks konten. Semua font di luar kelompok ‘display’ bisa digunakan. Syarat dan ketentuan berlaku, pilihlah font yang punya muatan sejalan dengan misi konten kita!
Ooh.. begitu. Contoh ekstrim,
font untuk teks konten
Pilih mana?

Dengan berlatih akhirnya kita ‘tajam’ dalam menyeleksi font yang pas untuk konten. Jangan perbesar font untuk ‘heading’ atau judul, gunakan font tipe ‘display’.

Sejenis font memiliki aplikasi ‘abu-abu’ yang untuk judul, boleh, untuk konten boleh. Misalnya kelompok ‘kaligrafi’ (tulisan indah). Contoh tidak perlulah ya.

font harmonisFont serasi — untuk 2 font atau lebih. Cara menentukan font yang dapat berdampingan harmonis? Tidak gampang. Contoh ekstrim lagi:

Pilih mana?

Sama-sama bagus. Tetapi diamati lebih mendalam ada gangguan keseimbangan, tidak proporsional, di tulisan kiri. Judul besar dan lebar, teks konten kecil dan sempit (narrow). Tulisan kanan lebih baik, seimbang, dan harmonis.

Kuis dan game font

Game — Intinya memilih font, menurut perasaan, nyaman di mata, enak dibaca, tidak melelahkan. Font tidak memberi kesan berebut, saling tindih, dst. Berani menguji bakat seni sendiri? Ini yang gampang, menggeser huruf hingga jarak antar huruf tampak nyaman di mata, Kerning Game (laman baru). Paling bagus jalankan di iPad.

Kuis — ‘gambar’ di atas tadi simbol apa? Bukan gambar, ini font kuno ‘Hoyt’ (1880, klik), font aneh hoyt
Apa katanya?

Cheat sheet— bagi yang malas kutak-katik ini tips dan trik jalan pintas memilih font, Dapatkan Font Pas! Coba bantu carikan font yang bagus untuk undangan menikah rame-rame nanti di hari istimewa pamungkas ’12-12-12′. Waa..aw!

Enaknya.
 
๐Ÿ˜€
 

Tagged with: , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blog Tipografi, Blog Tips dan Trik, Blogging, Lain-Lain
20 comments on “Memilih Font Tidak Sembarang Ini Tips dan Triknya
  1. hendra berkata:

    whuhehehe,..tipsnya bagus bangat,..terimaksih sudah mau berkunjung ditempat aku sahabat,โ€ฆhanya heran saja baru nemu blog wordprees yang pake readmore,..apakah ini bawaan tempalte atau di desain sendiri,..heheheh

  2. Dipo Dwijaya berkata:

    Memang benar, milih font itu agak sulit buat aku. Kadang kepingin font yang sesuai dengan isi artikel tapi sulit banget nyarinya.

    • riosetoblog berkata:

      sama seperti saya, posting turun gara-gara itu, ndak usah milih-milih mas, cukupanlah, yang penting situs dibuka font bisa dirender cepat di layar…

  3. cepy berkata:

    hmm.. mencerahkan. makasih pak sharenya ๐Ÿ™‚

  4. […] posting tentang memilih yang lalu, kita mengelompokkan kategori font atas dasar pemakaiannya, sebagai judul (display), font […]

  5. Ely Meyer berkata:

    tambahan ilmu baru nih mas buat aku, maturnuwun ๐Ÿ˜›

  6. zulham berkata:

    salam kenal juga sob,..

  7. zulham berkata:

    whuhehehe,..tipsnya bagus bangat,..terimaksih sudah mau berkunjung ditempat aku sahabat,…hanya heran saja baru nemu blog wordprees yang pake readmore,..apakah ini bawaan tempalte atau di desain sendiri,..heheheh

  8. choirus berkata:

    bagus cak, suwun

  9. pursuingmydream berkata:

    Bagus2 pilihan fontnya, sayangnya kalau di WP harus bayar kalau mau pilih2 font yang kita sukai :D.

    • riosetoblog berkata:

      Font berbayar bikin kita hepi, bikin reader hepi juga? Lain windows, lain mac, lain linux, lain android, tampilan font berbayar ‘mahal’ sia-sia tak tampil di monitor mereka.

      Itulah mengapa font di ‘css’ didefinisikan seperti ini untuk jaga-jaga,
      font-family: Tahoma, Verdana, Helvetica, sans-serif;

      ๐Ÿ˜€ (font judul blog ini tidak sama di windows xp dan 7)

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: