Blog Ini Jelek Atau Bagus Uji Yuk!

Uji blog atau situs memakai program InstantPositionTidak tahu seperti apa blog jelek atau buruk itu, seperti apa yang bagus. Secara intuitif tahunya semua blog, punya teman-teman dan sendiri pastinya, sudah bagus. Lain lagi pakar. Semua aspek diteliti. Wah ternyata banyak sekali. Kita yang awam soal web pasti tidak bisa mengikuti.

Tetapi kalau mau pintar boleh ‘kan ikutan belajar dan tahu faktor penyebab apa saja yang menjadikan sebuah blog dinilai jelek (atau bagus). Sedikit saja, yang gampang-gampang dulu. Itu yang coba untuk dibedah sekarang.

Penasaran, blog ini jelek? Tanya siapa? Langsung ke ‘tkp’ saja.

Zoompf

Kita bertanya ke Zoompf, ‘pakar’ berupa program pengukur unjuk kerja atau kinerja (performance) blog atau situs. Tanya pakar harus bayar tetapi kalau sekedar ingin tahu gratis. Masukkan email dan alamat situs. Oke, langsung di proses. Ini hasilnya,
Uji blog atau situs memakai program Zoompf
Nilai 76! Idiih malu… tidak apa-apalah, yang penting hepi. Laporan masih ada terusannya panjang ke bawah. Semua aspek dilihat. Hasil dapat dilihat di Laporan Zoompf Blog Ini (laman baru) kalau belum dihapus atau melihat salinannya berkas .pdf (kontak via komentar dan ‘like’ oke). Mau coba uji blog sendiri? Klik judul atau gambar.

Sebuah tabel memperlihatkan 50 lebih elemen blog dari parah sampai kurang dan tidak parah, yang masih bisa diperbaiki. Contoh parah, gambar jangan pakai format .png. Pakailah format .jpg. Ukuran posting lebih kecil mempercepat waktu tayang! Juga menghemat bandwidth. Ooh.. begitu. Itu toh yang dimaksud penghematan ‘Bandwidth Savings’ di atas. Tentu setelah semua permasalahan dituntaskan.

Masih banyak ‘parah’ lain yang solusi baru diberikan kalau bayar. Yang kurang/tidak parah umumnya terkait struktur blog WordPress (CSS, JavaScript, dan lainnya termasuk analisis tampilan di ponsel!). Untuk blog WordPress.com kita pasrah tidak bisa berbuat apa-apa.

Belum puas, perlu pembanding untuk memperoleh penilaian lebih obyektif jelek atau bagusnya blog ini.

WebPageTest

Kini giliran bertanya ke ‘pakar’WebPageTest. Cukup alamat situs tak perlu email. Ini hasilnya,
Uji blog atau situs memakai program WebPageTest
Nilai 91! Horee… . Di baris atas terlihat sederet kotak warna merah (parah) dan hijau (tidak parah, bagus). Belum faham betul maksudnya meski ada penjelasannya di manual. Di baris bawah catatan waktu loading sampai selesai, total 12,5 detik. Data ini tidak akurat mengingat setting untuk Indonesia tidak tersedia. Tidak diperlihatkan pada gambar tabel dan rincian proses yang dijalankan untuk mengukur kinerja. Ini tahap lanjut, kita belum memerlukannya.

Penilaian jeleknya blog, eh bagusnya, dicukupkan dengan mengetahui nilai akhir ’76’ dan ’91’. Oke?

Blog Ini Jelek Atau Bagus?

Apakah ’76’ dan ’91’ berarti bagus? Apakah loading time 12,5 detik berarti bagus? Apakah jarum di tengah pada ‘SEO Test Results’ (gambar paling atas) berarti bagus?

Belum berani menilai, hanya bisa mengatakan blog ini tidak jelek. Berani mengatakan kalau loading sangat penting; lamban 1 detik berpotensi kehilangan pembaca 7%. Masih banyak faktor di luar kecepatan menjadi penentu blog atau situs web jelek atau bagus. Termasuk pemilihan font!
 
:D  (topik bahasan jadi banyak ya)
 

Tagged with: , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blog Tampilan, Blog Tipografi, Blogging
24 comments on “Blog Ini Jelek Atau Bagus Uji Yuk!
  1. herusetiawan mengatakan:

    TUGAS 1 PESERTA MJP 210 KELAS SORE

  2. kosmetik mengatakan:

    ijin nyimak bos

  3. Nawi Van mengatakan:

    Nyimakk gann hhe..🙂

  4. Limit Post mengatakan:

    kalo PRnya bagus mas😀

  5. […] mengukur unjuk kerja atau kinerja blog di posting lalu? Di atas 3 detik? Tidak usah berkecil hati, kesalahan sepenuhnya bukan di tangan kita. Banyak […]

  6. Blogaul mengatakan:

    Wah.. keren banget gan. Izin nyoba ya.. Thanks🙂

  7. kisahbujang mengatakan:

    keren juga

  8. Muflich Kamil mengatakan:

    yey! dapet nilai 77…! lumayan lah lebih gede 1 angka😳
    tapi loadnya saya lambat bener.. nyampe angka 90 s -,-

  9. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    wow … info yang bagus ini, mas. sy juga penasaran thdp kualitas blog saya. kira2 berapa skornya, ya?

    • riosetoblog mengatakan:

      silakan ke ‘tkp’ saja… hasilnya jadi artikel di blog ya! siip, kasih tahu nanti berkunjung ke sana. (psst.. yang pasti SEOnya lebih bagus dari blog ini, selamat!)

  10. Ilham mengatakan:

    udah dicoba mas. mantaf.

  11. Ahmad Saleh mengatakan:

    Wah kayaknya saya kudu ngecek juga nih..

  12. Henny Faridah mengatakan:

    Jel atau nggak yang pentiing kontennya banyak dicari orang. Contoh aja Zimbio sebuah website Social Hub yang berat saya rasa tapi banyak pengunjungnya karena banyak konten dengan berbagai kategori yang dicari orang sob…

    Selain itu bagus atau nggak sebuah blog tergantung yang nilai juga. kalo aku ya sob, suka blog yang tulisannya agak gede an mungin 12pt verdana sudah cukup. jadi gak pusing bacanya. Trus nulisnya gak usah terlalu panjang… cukup 300 sampai 500 karakter aja. Kalo bisa dibawahnya 300. Saya seneng tuh ma Detik.Com…. tapi seandainya blog bisa dibuat seperti itu ya……

    Yang pasti banyak faktor yang mempengaruhi blog jelek ato nggak…

    Salam hangat dari Balikpapan.

    • riosetoblog mengatakan:

      halo balikpapan, salam lagi! setuju, betul banyak faktor, bobot konten tetap saja nomor satu! jadi tulisan blog ini terlalu kecil dan karakternya kebanyakan ya, tidak boleh dicampur dengan tutorial yang berhalaman-halaman. hehe.. terimakasih atas sarannya mbak Henny😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: