Font, Font, Font Untuk Blog

Pemilihan font untuk blog, dan tata letaknya, jadi faktor penting menarik pembaca bekunjung ke blog karena, (1) tampilan tampak berseni, (2) blog/situs terbuka cepat, (3) enak dibaca mudah dicerna (penting).

Dari posting lalu tentang memilih font, kita mengelompokkan kategori font atas dasar pemakaiannya, sebagai judul (display), font teks (body copy), dan kombinasi keduanya.

Belum kita bedah dasar pemilihan jenis atau tipe font yang dipakai dan mengapa.

Sans serif dan serif

Mudah dibedakan, tipe sans serif itu ‘gundul’ dan serif agak ‘keriting’. Dari survai diperoleh pemakaian tipe sans serif dan serif, berimbang, beda tipislah. Lihat gambar.Klasifikasi tipe font serif dan sans serif

Kalau mau dirinci lebih lanjut, tipe font sans serif Arial menempati peringkat teratas untuk judul, disusul Helvetica dan Verdana. Verdana tidak dipakai untuk judul. Kesannya kurang rapi, tampak ‘kedodoran’. Untuk teks, Arial masih yang pertama Verdana ke dua. Berikutnya Lucida Grande, font yang dijumpai pemakai Mac/Apple.

Tipe serif Georgia juaranya untuk judul maupun teks.

Pada judul (display), sans serif disukai karena ukuran besar judul mudah terlihat dan terbaca. Pada teks (body copy), sans serif juga lebih leluasa dibandingkan serif. Serif pilihannya tinggal Georgia; Times New Roman ditinggal, dianggap kuno. Pantas sans serif menang.

Font lainnya

Pakai font lain boleh? Sangat boleh. Font di atas dianggap kelompok aman, yang bisa tampil seragam di semua layar komputer terlepas dari jenis sistem operasi komputer yang digunakan (Win, iOS, Unix/Android) dan perambah (browser).

Browser punya font cadangan menggantikan font blog kalau yang dimaksud tidak tersedia di komputer kita. Terbayang, jelek sekali Lucida Grande yang bagus di Mac, tidak tersedia di Windows diganti browser dengan Courier New! Waa.aw.
Lucida grande diganti courier newTidak heran kode ‘CSS’ untuk font strukturnya seperti ini,

font-family: Helvetica, "Nimbus Sans L", "Liberation Sans", Arial, sans-serif;

Kalau tidak ada Helvetica, ganti dengan Nimbus Sans L, tidak ada ganti Liberation Sans, masih absen juga ganti Arial, aah… kalau masih tidak ada, ya sudah, apa sajalah asalkan sans-serif!

Pelet font yang semula untuk merayu kita agar mau berkunjung ke blog gara-gara font eksotis, gagal, lain ditawarkan lain diterima.

Berbagai akal dicari agar font tampil bisa seasli font eksotis tadi. Dibuatlah ‘plugin’ dan metoda sejenis untuk menggambar ulang font. Sangat teknis. Mungkin pernah dengar metoda ‘Cufon’. Saya juga baru ‘ngeh.

Metoda tambahan atau plugin agar font aneh atau eksotis bisa tampil mempengaruhi waktu tayang blog, jadi lelet; padahal 1 detik lambat, 7% potensi pembaca hilang.. goodbye.
 
:D (font “LFT Etica Display” diganti “Le Monde Sans” untuk judul blog, bisakah tampil di layar komputer teman?)
 

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blog Tipografi, Blog Tips dan Trik, Blogging
8 comments on “Font, Font, Font Untuk Blog
  1. Blogaul mengatakan:

    Wauww.. nice sharing sob.. Thank you..

  2. Muflich Kamil mengatakan:

    go serif go serif !

  3. masnady_bloegreen mengatakan:

    saya sering pake font arial sobat…?? nice tips

  4. Henny Faridah mengatakan:

    Kalo saya suka pake arial dan verdana mas.

    • riosetoblog mengatakan:

      jadi cocok ya; font relatif, pemilihan juga merepresentasikan personality (ada body language ada font language, kira-kira tahu deh siapa bu guru Henny … hehe!)😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: