Satu Detik Itu Menentukan

kecepatan loading situsCepat, siapa tak suka? Pengunjung suka kalau situs web atau blog terbuka cepat. Sekitar 3 detik; lamban 1 detik saja, separuh lebih atau 57% pengunjung akan meninggalkan situs. Kalau tidak diperbaiki 80% dari jumlah tadi dipastikan tidak akan kembali lagi.

Separuh dari yang tidak kembali bergunjing bergosip-ria di sosial media, membentuk mata rantai panjang mempengaruhi calon pengunjung untuk tidak usah datang ke situs. Wa.aaw, ternyata satu detik itu menentukan dan berdampak luar biasa negatif.

Itung-itungan kasar, kalau ekspektasi penerimaan dari situs misalkan USD 0,1 juta per hari dari iklan atau berjualan produk atau jasa, dengan melampaui batas ambang ‘1 detik itu menentukan’ berpotensi kehilangan penerimaan sekitar USD 2,5 juta per tahun. Bukan sedikit!

Sempat mengukur unjuk kerja atau kinerja blog di posting lalu? Di atas 3 detik? Tidak usah berkecil hati, kesalahan sepenuhnya bukan di tangan kita. Banyak faktor penyebab, koneksi internet salahsatu. Tidak bisa berbuat apa-apa, yang terpenting upayakan menjaga situs kita selalu berada dalam kondisi prima, segar, gesit.

Rampingkan situs, hindari konten elemen rame seperti animasi di sana sini. Jadi lamban. Penyebab lain, pemakaian font dekoratif yaitu font tidak umum yang tidak dikenal oleh semua tipe perambah dan sistem operasi.

‘Kok font bisa membuat lamban?

Ketahuan gara-gara Google Web Font menambahkan data atau informasi lama waktu loading font yang ditawarkan. Ini contohnya,
waktu upload font Google“Memakai terlalu beragam font dapat memperlambat tayang situs web, pakailah seperlunya saja” (saduran bebas, hehe..). ‘Tuh kan.

Kesimpulannya? Font berpengaruh terhadap ‘satu detik itu menentukan’ meskipun belum diketahui seberapa besar kontribusinya terhadap kelambanan.

Ini eksperimen memakai font Google ‘Mr Bedfort’,
eksperimen pakai font GooglePantesan kenceng, blognya masih kosong. Curang (cheating!).
 
Update: Hasil uji kecepatan blog ini dengan Google Page Speed,
uji kecepatan loading dari google
Dinyatakan dalam ‘%’ (bagus = 100) bukan detik; yang kanan penilaian kecepatan tayang blog di ponsel. Google memperlihatkan titik-titik lemah yang bisa diperbaiki. Secara keseluruhan blog, “Hampir sempurna, tidak ada saran khusus, blog sudah mengikuti tata tulis terbaik praktis (best practices) yang ada. Good job!“.
 
:D  (he.he.. yang terakhir tidak diterjemahkan)
 

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam Blogging, Wawasan
19 comments on “Satu Detik Itu Menentukan
  1. cepy mengatakan:

    kalo blog saya dapet 91 pak rio,, hehe bagus gak?😀

  2. Tebak Ini Siapa mengatakan:

    Tapi nek blognya bagus banget, lama pun tetep kutungguin hihihi…
    Blogku lama gak mas T.T
    Soalnya ada yang bilang lama juga hihihi~

  3. lambangsarib mengatakan:

    untung ada RIOSETOBLOG, bisa belajar nih….

  4. […] setiap laman (page) jangan melebihi 125 kB untuk gambar plus animasi plus audio plus video plus ..font! Memperhitungkan waktu tayang ponsel, kuota lebih ditekan lagi mungkin hingga separuh (posting […]

  5. […] terkait: 1. ‘Milestones’, Kategori Blog Baru. 2. Satu Detik Itu Menentukan 13 nov 2010: diperbaharui dan disempurnakan. 30 okt 2012: konten tidak ada perubahan. […]

  6. pursuingmydream mengatakan:

    Rio kalau nilai saya 87 termasuk good job atau tidak ya?😀.

    • riosetoblog mengatakan:

      80 ke atas …excellent! penting/segera (‘high priority’): combine images into CSS sprites, ‘medium priority’: leverage browser caching, serve scaled images, optimize images, defer parsing of JavaScript. Hehe mau naik kelas baca, belajar lagi deh; hebatnya Google, tahu mbak Nella banyak picturenya! selamat kutak-katik! Good job! (ada tulisannya di paling bawah… selamat!)

      Di ponsel terasa berat… nilai 63 sudah bagus.

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: