Hebatnya Formulir Online Di Google Drive

GDrive_MenuPosting berisi cerita pengalaman hari ini membuat formulir data online di Google Drive dari nol. Baru saja selesai. Untuk mendata warga, untunglah skalanya setingkat RT. Form asli tinggal 1, mana bekas, lusuh, kotor, tidak layak di’photocopy’. Padahal data harus segera masuk besok-lusa. Terbayang mode kerja lembur ‘ON’. Apa akal?

Tidak ada rotan akar pun jadi. Periksa Google, bisa bikin formulir? Bisa! Tempatnya di ‘Google Drive’. Plong, 1 masalah kritis teratasi. Soal membuat nanti coba-coba. Klik ‘Google Drive’, susul login (harus punya akun Google), lalu klik [Create]. Di sana tersedia tipe dokumen yang ingin dibuat. Formulir (‘form’) ada di sini.
 

Membuat formulir online di Google Drive

Tidak sabar ingin lihat bentuknya, klik Form. Tampilan biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa,GDrive_Edito

Kotak pertanyaan & jawaban — susun pertanyaan di kotak, tambahkan keterangan/penjelasan di kotak baris bawahnya. Bentuk pertanyaan bisa dijawab dengan teks pendek, teks panjang, pilihan berganda, centang, pilihan, dan seterusnya. Ini menarik, berarti aplikasi formulir lumayan banyak selain pendataan warga formulir bisa dipakai untuk ujian online! Siswa tidak bisa ‘nyontek(?). Mau coba ‘ah, sebentar lagi musim ujian akhir semester.

Selesai satu kotak klik [Done]. Centang kotak di samping untuk data yang wajib diisi. Lanjutkan ke kotak data berikutnya, dan seterusnya sampai selesai. Menambah kotak data tinggal klik [+Add Item]. Enaknya [Save] otomatis sehingga tidak cemas data hilang ketika terjadi gangguan.

Editing — dilayani ikon ‘pensil’, ‘copy’, ‘keranjang sampah’. Form selesai; periksa ulang lewat menu [See Responses]. Menu juga dipakai melihat formulir yang telah diisi.

Distribusi — dilayani menu tiga serangkai [Share], [Email this form], [More actions] untuk penyebaran formulir kepada warga.

Theme — ada tema juga? ‘Kan ‘online’, jadi formulir adalah situs web juga yang harus tampil cantik. Pilih tema dari 90 lebih tema lalu tampilkan. Klik [See Responses]-[Spreadsheet]-[Form], klik [Go to live form]. Ini dia,GDrive_WebHoree..!

Data masuk — untuk menerima data secara instan, centang menu [Forms]-[Accept responses] di spreadsheet; untuk menolak/menutup data masuk hapus centang. Form yang telah diisi warga langsung muncul di spreadsheet! Ini contohnya,
GDrive_SpreadsheetHebat, efisien dan efektif. Waktu lebih singkat (instan!), data akurat (dari warga langsung, tak perlu diketik ulang lagi), dapat dibuatkan arsip dalam format .pdf, .xlsx (Excel), dan lainnya. Bahkan bisa jadi situs web lagi! Wow.

Diskusi

Mungkin yang sukar dalam membuat formulir online di Google Drive adalah desain, menentukan jumlah kotak data. Apakah nama dan gelar akademik misalnya, bersama di satu kotak atau terpisah? Bagaimana dengan ‘Haji’? Lainnya juga begitu. Salah mendesain proses pencarian data jadi lama.

Membuat formulir online di Google Drive sangat menyenangkan (jadi ‘aja posting terlambat sehari). Senang melihat data masuk cepat, senang melihat data bisa diolah langsung memenuhi berbagai kepentingan penduduk (KTP. SIM, Paspor, dll.). Senang menyaksikan teknologi serba cepat nyata di depan mata!

Tidak harus lambat ‘kan? Ayolah, kita sudah ketinggalan kereta!
 
😀
 

Tagged with: ,
Ditulis dalam Media, Tutorial, Wawasan
22 comments on “Hebatnya Formulir Online Di Google Drive
  1. kris tiono berkata:

    cara untuk memunculkan login untuk responden gimana mas? biar hanya yg punya login aja yg bisa ngakses… hehe

  2. Aji berkata:

    Terima kasih untuk ilmunya mas

  3. Kang Ilham Blog berkata:

    benar benar manteb google drive gan

  4. and berkata:

    baru tau hhehe, brmnfaat

  5. zarky berkata:

    Terima kasih potingannya, sangat bermanfaat.

  6. miftah berkata:

    nampilin data nya semacam grid gitu gimana?

  7. ica03 berkata:

    good posting … salam kenal

  8. Ka Widiantara berkata:

    nanti bisa di coba nih mas.meskipun awalnya sulit. 🙂
    salam kenal.

    • riosetoblog berkata:

      harus dong (he.he. maksa) … polling wisman apa yang paling menarik/dicari kalau visit ke bali, abis itu tulis posting banyak-banyak sekitar itu (bah.inggeris, he.he) 😀

  9. Ejawantah Wisata berkata:

    Ilmu yang bermanfaat nih Kang ! Semoga bisa mengikutinya.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    • riosetoblog berkata:

      Betui Akang, cocok buat Ejawantah Wisata! Bikin kuesioner daerah wisata yang paling ingin dikunjungi, informasi yang paling diharapkan dari daerah tersebut, dst. 😀 (heureuy)

  10. mintarsih28 berkata:

    membaca saja ya
    menarik bila bisa menggunakan IT. mudah dan menyenangkan.

  11. affanibnu berkata:

    sayang sekali, masa – masa kuliah saya sudah usai,, paling cocok buat mahasiswa niih.. 😀

  12. danirachmat berkata:

    saya juga pake Drive untuk keperlyan data editing sayah.. hehehe

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: