Mengamankan Semua Kata Sandi Dan Data Kita Dengan Dashlane

Dashlane scrnshotKita beruntung sekarang ada Dashlane sebuah program sekuriti relatif baru, yang membantu menyimpan dan mengingat semua kata sandi atau ‘password’ yang kita miliki. Setiapkali kita login Dashlane otomatis mengisikan kata sandi yang sesuai dan membuka situs yang dimaksud. Enak juga.

Program sejenis manajer kata sandi sudah ada sebelumnya. Lahirnya program gara-gara situs meminta kata sandi. Banyak situs, banyak kata sandi. Lupa kata sandi, tidak bisa masuk atau akses ke situs. Hal ini disadari sehingga login boleh memakai kata sandi dari situs seperti Google mail, Yahoo mail, FB, Blogspot, WordPress. Bagus, namun demi keamanan tidak dianjurkan.

Kalau begitu Dashlane tahu dong kata sandi kita?Tidak. Program dijalankan dari komputer kita, bukan dari server Dashlane di luar sana. Dashlane tidak bisa membantu kalau ‘kunci’ utama pembuka pustaka kata sandi kita hilang! Hanya kita yang punya kunci membuka pustaka atau bank data kata sandi yang kita miliki. Jadi simpan baik-baik kunci ini di kepala atau di tempat aman lain. Kalau hilang kita harus membuat semua kata sandi baru dari awal lagi (kalau lupa). Repot.

Dashlane bukan sekedar manajer kata sandi atau ‘password’ saja, melainkan juga manajer semua data yang kita isi di formulir online dan data pribadi kita, membantu login otomatis, dan membantu membuatkan kata sandi baru kalau kita bingung.

Membuat kunci — Kunci diperlukan untuk membuka pustaka atau bank data kata sandi yang diminta Dashlane setiapkali kita menyalakan komputer. Kunci dibuat saat instalasi. Harus unik, kombinasi huruf kecil, huruf besar, angka, dengan jumlah minimal 8 karakter. Dashlane membantu membuatkan kata sandi untuk kunci dengan mengarahkan ke sebuah kalimat. ‘Di mana kamu lahir?’ Kita jawab misalnya, ‘Saya lahir di Surabaya November 1995 Jumat malam’. Dashlane mengambil huruf depan (inisial) dan menjadikannya kata sandi. Seperti ini, ‘SldSN95Jm”. Kunci jadi! (Entah mudah-mudahan masih ada fitur bantuan pembuatan kata sandi untuk kunci ini.)

Menyimpan data selain kata sandi — Program dapat menyimpan data bukan kata sandi. Data isian formulir online dan data penting seperti KTP, SIM, Paspor, akun bank, kartu kredit, nota pembayaran belanja online, data tanggal lahir keluarga, dan seterusnya, dapat disimpan. Data dipilah dan disimpan berdasarkan kategori (dibuat). Wah asyik juga.

Mengubah kata sandi — Program memberitahu kalau menemukan 1 kata sandi dipakai beberapa situs. Kurang baik dan harus diganti. Kita lihat kembali kata sandi tersebut dan mengubahnya. Tidak hanya kata sandi, nama user dan data isian lain juga dapat diubah. Program meminta konfirmasi atas perubahan tersebut. Tambahan, ada setting khusus mengatur data untuk tidak usah disimpan.

Program dapat diunduh dari situs Dashlane.

Fitur lain — Program Dashlane berada hanya di 1 komputer, kalau kita login di komputer lain yang tidak ada program tersebut?

Dashlane synhronizationAda 1 fitur namanya ‘synchronization’. Dengan klik ‘Yes’, hanya data yang bukan menyangkut keuangan dilink Dashlane ke situs agar bisa dibuka di komputer lain. Data kritis dan sensitif seperti keuangan tidak dan hanya bisa dibuka di komputer asal.

Program sudah dijalankan selama 6 bulan. Nyaman, cepat. Untuk membuka situs di komputer lain masih pakai contekan. Sinkronisasi belum sempat mencoba.

Demi kepentingan kita juga, demi keamanan dan kenyamanan, perlu dipertimbangkan penerapan program penting seperti ini.
 
:D  

Update: (1) untuk Dashlane di ponsel silakan ke http://www.dashlane.com/blog/ (25 nov 2012) (2) review PCMag http://www.pcmag.com/article2/0,2817,2405130,00.asp (31 agustus 2012).
 

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Tutorial, Wawasan
6 comments on “Mengamankan Semua Kata Sandi Dan Data Kita Dengan Dashlane
  1. SDN 22 Talang Kelapa mengatakan:

    masih jd pertimbangan nih PAK @Rio

    mudah-mudahan pertimbangan untuk menggunakan ini, akan berguna sesuai fungsinya

    • riosetoblog mengatakan:

      kalau cuma jadi anggota Facebook dan beberapa situs saja mungkin tidak perlu. Program ini dipakai kalau kita jadi anggota dimana-mana, banyak sekali, sehingga nama dan kata sandinya mudah lupa..

  2. pursuingmydream mengatakan:

    Kalau saya sih tulis semua username dan password di buku, bukunya disamping komputer, kalau lupa tinggal ngintip deh😀.

    • riosetoblog mengatakan:

      Iya ‘sih… kayak halaman kuning buku telepon ya. aku orang males sekarang tidak ingat besok lupa, maunya terima beres, untung ada dashlane hehe…😀

  3. danirachmat mengatakan:

    lumayan juga Yo (dari Rio). di handphone tak bisa ya?

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: