Faktor Konversi Tolok Ukur Kemajuan Situs Komersial

Visitor dan Faktor KonversiPasti pernah mendengar pariwara, “8 dari 10 aktris memakai sabun kecantikan (nama merek)”. Itulah faktor konversi. Dari 10 artis yang mengenal sabun tersebut 8 suka dan membelinya. Ubah kalimat, “8 dari 100 visitor ke situs melakukan transaksi”. Itu faktor konversi juga.

Banyak blogger ingin blognya, kalau bisa, dikomersialkan. Dimonetisasi. Paling mudah dengan pemasangan iklan. Sempat melihat situs marak dipenuhi iklan? Kita bingung dan sukar menemukan postingnya. Cara lain, sengaja membuat situs komersial. Sekarang sepertinya sudah jadi ‘tren’ bisnis, baik toko online menjual produk atau usaha menjual jasa. Senang mendengar kita maju.

Apa pun situsnya harus ada yang diukur untuk mengetahui kemajuannya. ‘Faktor konversi’ di atas adalah salahsatu. Belum faham betul tadi, faktor konversi itu apa. Kita pakai contoh angka saja biar mudah.

Faktor konversi situs komersial

Misalkan situs dikunjungi 40.000 orang dalam sebulan. Dari jumlah ini yang berhasil menjadi transaksi 2.000 pesanan atau order, nilainya Rp.1milyar. Dari informasi singkat ini kita bisa tahu perilaku bisnis situs:

  1. nilai per order (rata-rata): (omset) / (order) = Rp.1milyar / 2.000 = Rp.0,5juta
  2. penjualan per pengunjung: (omset) / (total pengunjung) = Rp.1milyar / 40.000 = Rp.25.000
  3. faktor konversi: (order) / (total pengunjung) = 2.000 / 40.000 = 0,05 atau 5%
    Artinya “ada 5 dari 100 pengunjung yang berbelanja” (penghasil duit)

Berapa omset kalau pengunjung naik jadi 100.000? Dari butir (2), 100.000 x Rp.25.000 = Rp.2,5milyar. Berapa omset kalau faktor konversi yang naik jadi 8%? 8% x 40.000 x Rp.0,5juta = Rp.1,6milyar. Coba periksa kembali pakai kalkulator, http://www.bplans.com/business_calculators/conversion_rate_calculator (‘$’ = ‘Rp.1.000’ ).FaktorKonversiJadi kita harus berusaha keras untuk (1) menaikkan faktor konversi dan (2) menaikkan jumlah pengunjung. Keduanya saling terkait. Caranya?

Kecepatan dan kepuasan kustomer

Menaikkan jumlah pengunjung (traffic) sudah banyak dibahas orang; begitu juga menaikkan faktor konversi meski sedikit sukar dicerna orang awam (saya). Tetapi dari sana ada 2 hal menarik dan penting untuk kita ketahui, keberhasilan situs bisnis atau komersial adalah kecepatan dan kepuasan kustomer! ‘Lho bukannya itu strategi keberhasilan bisnisnya ‘rumah makan Padang’? Betul, strategi hebat warisan nenek moyang yang tak pernah usang tetapi sayang terabaikan diterapkan di situs komersial (dan blog).

FaktorKonversi_KecepatanBukaSitusKecepatan buka situs saja ada pengaruhnya terhadap penerimaan. Penerimaan puncak terjadi pada kecepatan buka situs 2 detik. Lemot alias kelambanan 1 detik akan menurunkan faktor konversi 7% dari nilai semula. Ambil contoh angka di samping. Penerimaan per tahun = 5% x 400.000 x $75 x 12 bulan = $18.000.000. Satu detik lambat buka situs penerimaan berkurang sekitar $1.300.000 per tahun! Wow banyak itu, dan lebih banyak lagi dengan tambahan kelambatan di detik-detik berikutnya. Lihat grafik di bawah.

Masih banyak lagi unsur ‘kecepatan’ lain untuk meningkatkan faktor konversi yang tidak dibahas sekarang. Intinya, tiru habis gaya rumah makan Padang,”beritahu kawan kalau makanannya enak dan layanannya memuaskan!” Begitu motonya.

Faktor konversi untuk blog

Faktor konversi sifatnya sangat umum dan dapat diterapkan untuk situs non-komersial seperti blog. Bukan uang yang diukur melainkan misalnya jumlah orang yang bersedia jadi member (anggota), mau mengikuti blog (‘follower’), mau berlangganan artikel blog (‘subscriber’), dan lain-lain. Sama, itu faktor konversi juga.
 
:D 
 

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Wawasan
4 comments on “Faktor Konversi Tolok Ukur Kemajuan Situs Komersial
  1. oomguru mengatakan:

    biasanya situs bokep mas, iklannya dimana-mana… haduhhh gustiii!!

  2. danirachmat mengatakan:

    Ilmu baru Yo, berguna kalo mau buka online shop besok-besok..😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: