Posting Artikel dan Foto di WordPress dari Flickr

Flickr_logoMengapa tidak sebagian foto ceria, mesra, unik, lucu, terharu, hasil jepretan pesta pergantian tahun kemarin disisihkan, dipajang di blog WordPress atau Blogger?

Cara yang biasa dilakukan, unduh foto atau pasang link foto di artikel WordPress. Mengapa tidak langsung dilakukan dari tempat simpan foto terkenal, yang kita semua sudah tahu, Flickr? Di sana ada editor mini untuk membuat posting ringkas. Dari editor posting plus foto bisa langsung diunggah ke blog WordPress (atau Blogger) tanpa harus login ke WordPress dulu! Wah, asyik juga. Berikut tips dan triknya.

Flickr konek ke WordPress

Flickr harus konek ke WordPress. Buka Flickr (harus punya akun Yahoo, Facebook, Google belum jalan?). Klik foto yang hendak dishare, klik ‘Share’, klik ‘share preferences’ (gambar 1).Flickr konek dengan WordPressTerbuka kotak dialog, pilih ‘WordPress’. Isikan 3 data: alamat blog, username, password, yang diperlukan Flickr untuk konek dengan WordPress (gambar 2). Isikan, klik ‘Next’. Tunggu sampai konek. Sudah? Hooray.. (gambar 3).

Editor mini Flickr

Flickr_EditorKlik logo ‘WordPress’ (tanda ‘*’, gambar 1), tampil editor seperti di samping.

Susun cerita berkesan tentang foto terkait tahun baru lalu ketikkan di editor. Ringkas, berbobot. Klik [POST]. Cek di blog. Horee!

Seperti apa contohnya, nantikan posting berikut.

Diskusi

Selain kemampuan posting artikel di blog WordPress, ada beberapa keuntungan menyimpan foto di album online Flickr:

  1. Foto mudah dicari kembali sewaktu-waktu diperlukan.
  2. Foto bisa diedit, dibuat slideshow, dibuat ‘badge’.
  3. Flickr versi mobile memudahkan mengunduh dan mengunggah melalui ponsel atau gadget mobile lain.
  4. Video bisa disimpan di Flickr, dianggap video tak lain foto yang berurutan (akalnya boleh juga, bersaing dengan YouTube?).
  5. Selain WordPress dan Blogger, Flickr bisa mengunggah artikel dan foto untuk posting atau mengupdate status di FB, Twitter, Tumblr, Pinterest, email.
  6. Kecepatan. Mungkin ini paling penting. Seusai menjepret dengan kamera, unggah foto di Flickr, buat artikel ringkas di Flickr, unggah lagi artikel plus foto dari editor langsung ke blog WordPress. Tanpa login. Wow. Cepat sekali, sekitar belasan menit saja. Nilainya tinggi karena fotonya segar. ‘Hot press!’

Kapan-kapan kita bedah bagian menarik dari Flickr.
 
:D  (untuk posting atau update status di situs lainnya klik ‘more ways to share’ di sebelah ‘share preferences’, Blogger ada di sana)
 

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Blog Tips dan Trik, Blogging, Media
4 comments on “Posting Artikel dan Foto di WordPress dari Flickr
  1. pursuingmydream mengatakan:

    saya ada account di flicker, tapi sayangnya ga bisa simpan banyak foto, akan terhapus otomatis, jadinya males deh nerusin di flickr😀.

    • riosetoblog mengatakan:

      yang gratis jatahnya memang cuma 300 MB. fotonya mbak Nella besar-besar, seragamkan dan perkecil dimensi jadi misalnya 480 piksel dan kompres hingga kira-kira tinggal 20-30 kB (kualitas masih bagus). total bisa muat sekitar 10.000 foto. lumayan banyak lho mbak…😀

  2. danirachmat mengatakan:

    dulu sempat aktif di flickr, cuman karena banyak banget media sejenis malahan jadi males make semuanya. Hihihi

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: