Sebelum Dapat Duit Jualan Foto Di Agen Stock Photography…

Stock photography adalah tempat menjual foto (sekarang ditambah gambar vektor, video, audio, flash, logo). Kalau belum sanggup jual sendiri, titipkan saja foto di stock photography. Agen stock photography membantu menjual lisensi (ijin) pemakaian foto kepada kustomer/klien dengan membayar. Agen lalu membayar kepada kita. Sederhana sekali. Dengan maraknya dan terjangkaunya kamera digital, bisakah foto yang dihasilkan kamera diberdayakan mendapat duit di agen stock photography.

Teorinya, bisa. Tetapi syarat dan ketentuan berlaku. Foto sebagai produk seni harus memenuhi kriteria tertentu untuk lolos seleksi. Sekali lolos, ibarat makanan siap saji adakah foto memenuhi selera kustomer. Kalau cocok beli. Horee! Foto kita diunduh berulang-ulang. Itulah bisnis, yang kata orang bank (sudah dicek), adalah satu-satunya bisnis yang tak terkena resesi. Bank mau kasih kredit. Ooh, begitu.

Berikut kriteria yang dimaksud.

Foto ditolak karena…

Snapshot-vs-StockKatanya sih kelima faktor ini: (1) tidak tajam (fokus), (2) terlalu gelap atau terlalu terang, (3) komposisi kurang seimbang, (4) ‘white balance’, warna kurang alami (yang betul, warna kulit di foto harus sama dengan warna aslinya) (5) kotor (‘noise’, berbintik) (contoh foto malam).

Kecuali komposisi, yang lain ada settingnya di kamera. Kita yang mengatur komposisi, mengatur letak subyek sehingga foto tampak lebih ‘baik’, ‘hidup’, ‘bicara’, dst. Kustomer tertarik dan membeli; ‘istockphoto’ memberi tips membedakan mana yang asal jepret (snapshot) mana stock’ yang pantas dijual. Gambar samping. Pilih mana?

Wah, jadi harus menguasai kamera dan komposisi. Betul, ini contoh lain untuk menggali ide, http://www.istockphoto.com/article_view.php?ID=146

Tetapi kita ‘kan bukan fotografer

Pemali ‘ah melemahkan diri sendiri. Kita semua belajar, jadikan belajar memotret sebuah kegiatan yang menyenangkan. Belajar sendiri, ujian sendiri, kasih nilai sendiri, dan naik kelas. Sendiri. Hehe… foto diterima adalah bukti. Kelas berapa itu? Ini gambaran kasarnya…
Kelas Fotografer
Pantas-pantasnya sih kelas 4 dan 5, ya; kelas 3, boleh coba. Kelas 1 dan 2 ditolak. Kelas 6? Ini kelas seniman murni, tak butuh duit lagi. Mengabdikan kehidupannya untuk memajukan seni fotografi dan aplikasinya. Artikel kelas ada di sini, http://improvephotography.com/4695/give-yourself-an-honest-portfolio-review/.

Ada ringkasan 5 pengetahuan mendasar fotografi yang bagus dan mudah diikuti di situs ini.
 
Kontes foto (update 2 Feb 2013) — Foto di bawah boleh diunduh dan diedit sesuka hati. Situs kontes: http://improvephotography.com/7891/edit-my-raw-file-photo-contest/. (Saya belum berani.)

Berminat ikut kontes foto? Buruan.

Mau ikut kontes edit foto? Buruan.

Foto sudah tajam, tetapi bermasalah di pencahayaan, ‘white balance’ (kulit lengan penopang wajah khususnya). Semua program edit boleh dipakai: Lightroom, Photoshop, Aperture, GIMP. Tenggat waktu Selasa 5 Februari, 2013, pemenang diumumkan di Google+ dan Facebook, 8 Februari 2013. Hadiah $100 dan kursus fotografi gratis.

:D  (ingin segera menggunggah foto, sedang sibuk ujian naik kelas 2 ke 3, hehe…)
 

Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Lain-Lain, Wawasan
8 comments on “Sebelum Dapat Duit Jualan Foto Di Agen Stock Photography…
  1. yufik mengatakan:

    klo kirim foto gak ada gambarnya kira-kira diterima apa enggak ya???🙂

  2. pursuingmydream mengatakan:

    Punya saya kamera saku biasa Rio, kadang terlalu gelap kadang terlalu terang. Buat koleksi sendiri sajalah😀.

  3. Erit07 mengatakan:

    Dunia foto memang sulit….

  4. nyonyasepatu mengatakan:

    Mesti belajar lagi nih

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: