Tips Sederhana Fotografi Untuk Pemula

bunga-lembangTak usah beli kamera mahal dulu, apalagi hanya karena ingin terlihat gaya! Pakai dan berlatih dengan kamera yang ada, kamera saku atau kamera ponsel. Belajar dari tutorial yang banyak tersedia. Lama-lama pengetahuan dan ketrampilan kita meningkat. Pasti.

Survai kecil-kecilan untuk tulisan posting lalu membangkitkan semangat mendalami fotografi lagi. Karena duit ya? Berhasil membuat produk seni yang diapresiasi orang sudah luar biasa senang, apalagi ditambah duit. Bonus, hehe. Pengalaman dicatat di blog, bukan yang ini tentunya. Posting ini pembukaan.

Kamera

camera agen stok fotoFoto di atas memakai kamera bukan yang direkomendasikan agen stok foto ‘Alamy’. Kamera di daftar ini relatif ‘mahal’ untuk belajar, dan setelah dipelajari diperoleh data minimum seperti di samping.

Data tadi biarlah untuk nanti. Selama kita faham bahwa semua tombol setting kamera berurusan menangkap banyaknya cahaya yang jatuh di obyek dan sekitarnya, beres. Obyek gelap terangkan dengan menambah ISO, memotret lebih lama, menyalakan lampu kilat, menyalakan lampu senter kalau perlu. Serius, baru tahu tetapi masuk akal. Memotret jadi gampang.

Lama kelamaan tahu cahaya yang masuk ke kamera perlu dikendalikan. Untuk itu dilengkapi dengan setting manual. Jadi mahal ‘deh.

Komposisi

Baru tahu kalau foto itu seperti makanan, harus bisa membangkitkan selera menitikkan air liur. Foto laut-langit tanpa awan atau perahu, garing; pemandangan gunung-sawah-sungai, tanpa kerbau atau gubuk, garing. Orang menatap lurus ke depan seperti pasfoto, tanpa memiringkan bahu dan kepala sedikit dan senyum, garing. Harus ada pemanisnya, buat agar tampak hidup, ada ‘ruh’nya. Tambahkan sesuatu apa saja. Hehe… ini masalah selera. Menjadi ‘koki’ fotografi tidak gampang. Harus banyak mencoba sampai jungkir-balik waktu memotret.

Sasaran foto

Sasaran-fotoAda banyak sekali sasaran foto, di samping 10 sasaran teratas yang paling banyak dicari menurut agen stok fotografi. Arahkan sasaran foto ke sini. Tato, banyak yang cari?

Mau memilih sasaran foto yang tidak banyak dicari? Foto jadi eksklusif tidak ada saingannya. Kira-kira apa ya. Daftar lengkap ada di sini, Most Popular Microstock Keywords.
 
 
Kesimpulannya bikin foto bagus bukan terletak di kamera tetapi jari di balik kamera. Tips ini saya pakai sebagai awal.
 
:D  (pernah main-main dengan kamera ‘jadul’)
 

Tagged with: , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Lain-Lain, Wawasan
15 comments on “Tips Sederhana Fotografi Untuk Pemula
  1. Keren tiipsnya om, sangat bermanfaat untuk saya.

  2. Motorseo mengatakan:

    Banyak lho foto bagus lewat HP, mungkin karena keahlian dan pemilihan objek yang tepat bisa juga mempengaruhi nilai dari sebuah image๐Ÿ˜€

  3. rivai mengatakan:

    wedeh om, kaykany amsih jauh mikir pake kamera dslr๐Ÿ˜€

    • riosetoblog mengatakan:

      tidak harus dslr; sabar, sedang mempelajari cara mengeksploitasi kamera ‘murah meriah’ yang serba auto itu untuk bisa menghasilkan foto berkualitas. nanti dikasih tahu, oke.

  4. Larasati mengatakan:

    terimakasih tip nya Om Rio๐Ÿ™‚

  5. dani mengatakan:

    best camera is the one you hold. :”)

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: