Apa Beda Wiki Dengan Blog Atau Website

Wikipedia-symbolBenar, apa ya beda wiki, blog, website? Kita semua tahu ‘Wikipedia’, sebuah situs yang sangat terkenal (Alexa #6) dengan beraneka ragam pengetahuan. Kita juga mengenal ‘WikiLeaks’ yang menggemparkan dunia karena menyebarkan dokumen kategori rahasia.

Kalau dilihat dua situs wiki di atas, sama seperti blog atau website biasa; bedanya, di konten. Konten Wikipedia dan WikiLeaks merupakan kontribusi banyak orang. Kita tidak tahu penulis wiki.
 
 
Bisakah kita membuat wiki? Seperti apa wiki itu? Dan sejumlah pertanyaan lain tentang wiki.

Konsep wiki

Solusi emailKonsep wiki sederhana. Wiki merupakan jawaban sebuah topik yang tidak atau sukar ditemukan jawaban atau penjelasannya. Wiki tidak berbeda dengan blog atau website kecuali konten yang boleh ditulis oleh semua orang (terpilih). Contoh gampang gambar di samping. Saya ingin pergi ke Amsterdam di negeri Belanda. Saya masih awam dan buta, tidak punya pengalaman perjalanan ke luar negeri samasekali. Dari mana saya mulai?

Tinggal berkirim email ke rekan-rekan yang pernah pergi ke sana, menceritakan pengalamannya sejak berangkat hingga kembali ke tanah air dengan selamat. Beres. Tetapi informasi yang akan saya terima pasti tidak lengkap. Untuk melengkapi? Wiki.

Dibuatlah wiki seperti gambar di bawah ini,
Solusi wiki
Kumpulan informasi yang diterima teman, rekan, saudara, dan A-B-C-D yang tidak kita kenal, jauh lebih lengkap. Kita hanya mengarahkan, membagi atas kategori seperti dokumen penting, prosedur masuk-keluar negara, bahasa, mata uang, pakaian, cuaca, transpor lokal, akomodasi, tempat makan, tempat rekreasi, hal yang harus diwaspadai, tips berhemat, dan seterusnya.

Manfaat wiki

Wiki kita jadi panduan perjalanan (traveling guide) yang dicari semua orang! Wiki diminati karena sangat komprehensif, dilengkapi video dan foto bagus, yang akurat dan bisa dipercaya.

Manfaat wiki bisa diperluas ke negara Eropa lainnya dan sebaliknya perjalanan ke negeri kita. Misalnya wiki parwisata yang kontennya tentang pulau, flora, fauna, budaya, dan hal menarik lainnya, tetapi terlewatkan. Atau wiki jamu? Bukankah kita kaya luar biasa dengan rempah-rempah dan tanaman obat.
 
:D  (biar lebih menarik bumbui kisah ‘dunia lain’? ada-ada saja)
 

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Lain-Lain, Wawasan
12 comments on “Apa Beda Wiki Dengan Blog Atau Website
  1. JNYnita mengatakan:

    wikipedia adalah tpt untuk dpt gambaran besar dari tugas pas S1 dulu, ngerti dulu dr baca wikipedia baru cari sumber lainnya yang lebih bs jd referensi…

  2. Motorseo mengatakan:

    wiki tak ubahnya sebuah perpustakaan, peta dan buku telepon di waktu dulu, that’s it.😉

  3. Blog Writer mengatakan:

    Tapi wiki yang seperti wikipedia itu gak baik juga sih kalau dijadikan referensi tulisan ilmiah . .seharusnya kalau tulsian ilmiah tetap mengacu pada buku, jurnal, karya tulis, seminar, dsb ..
    Ya kan mas Rio?

    Tapi untuk happy-happy wikipedia lumayan, biasanya kalau saya gak sabar nonton film di HBO tentang ending nya saya baca di wiki, kalau seru saya terusin, kalau gak tak tinggal turu .. hehehe

    • riosetoblog mengatakan:

      siip, setuju, memang wikipedia cuma titik-masuk aja, exec summary komprehensif, meminjam bahasanya mas ‘BLOGWRITER’ Romailprincipe ..hehe; harus dilanjut ke ‘daftar pustaka’ dan ‘External Links’ + ‘See Also’ bolehlah untuk penggembira, kadang-kadang bagus juga.😀

  4. danirachmat mengatakan:

    Wiki emang berguna banget Yo. Banyak referensi yang didapet dari sini.

    • riosetoblog mengatakan:

      Betul. Kita bikin wiki yuk referensi untuk mereka yang mau jalan-jalan ke Jerman. Kang Dani suka jalan-jalan ‘kan. Lihat komentar ‘PursuingMyDream’ di bawah..😀

  5. pursuingmydream mengatakan:

    Saya baru mengetahui mengenai wiki traveling guide, biasanya saya menggunakan wikipedia untuk mencari informasi misal mengenai tanaman, artis atau tokoh terkenal.

    • riosetoblog mengatakan:

      Bikin wiki eksperimental yuk, topik ‘berkunjung ke Jerman’! Mbak Nella, kang Dani,saya, jadi editor. Promosikan wiki di blog masing-masing memancing orang datang. Kita buat tulisan pendek di wiki; jangan ditulis semua meskipun kita tahu ..hehe, beri kesempatan orang mengisi. Editor mengoreksi.😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: