Jalan-Jalan ke Perkebunan Kelapa Sawit

Perkebunan sawit, tandan sawit, buah sawit
Kemarin ini berkesempatan berkunjung ke industri kelapa sawit 3 jam perjalanan darat dari Pekanbaru, Riau. Pemandangan sepanjang jalan hanya pohon sawit. Ternyata kebun sawit itu besar sekali. Berbeda dengan buah kelapa yang kita kenal, kelapa sawit hanya diambil minyaknya. Buah kelapa sawit tidak besar, sedikit lebih besar dari ibu jari, berhimpun dalam satu tandan. Buahnya warna-warni, hitam, kuning, jingga, merah. Cantik.

Tandan buah sawit yang sudah matang, disebut TBS atau tandan buah segar, dipotong dari pohonnya untuk diproses lebih lanjut di pabrik. Berat 1 tandan sekitar 25 kg; semua tandan dikumpulkan dan dimuat ke atas truk. Muatan sarat sawit bisa mencapai 10 ton lebih! Bisa dihitung berapa banyak tandan yang ada di dalam bak truk.

Tandan dibongkar dari truk ke atas landasan miring menggelundung ke bawah untuk ditampung kereta lori (tidak tampak dalam gambar). Tandan kemudian mengalami berbagai proses untuk mengeluarkan minyaknya. Hasilnya, CPO (crude palm oil, minyak kelapa sawit mentah). Proses selesai, CPO dipompa ke mobil tangki siap dipasarkan.

Industri sawit beroperasi siang malam
Minyak sawit diolah lebih lanjut menjadi produk yang banyak diperlukan manusia dan industri seperti, minyak goreng, mentega (margarin), sabun, produk kosmetika, industri baja, kawat, proses kulit, industri farmasi, dan lain-lain.

Melihat aplikasi yang begitu banyak dan beragam, dari sisi bisnis tentunya juga menjanjikan. Belum sempat dipelajari. Tertarik?
😀

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Blogging, Dunia Wirausaha, Wawasan

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: