News

 
Banyak perubahan terjadi di dunia gara-gara kemajuan teknologi. Ada perubahan penting karena dampaknya besar, ada yang kurang atau tidak berdampak. ‘News’ adalah koleksi cuplikan berita terpilih yang diperkirakan berdampak penting (dan setengah-penting) untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita. Selamat menikmati.
 
 


Logo Baru Microsoft

Logo Microsoft baruAgustus 2012 — Sudah waktunya Microsoft rebranding! Logo kuno yang sudah bertahan lebih dari 25 tahun akhirnya rebranding berganti baru. Lihat logo barunya. Masih memakai 4 kotak datar menggantikan 4 kotak berkibar, konon mewakili 4 program andalan Microsoft Windows 8, Office, XBox, Bing.

Tidak ada penjelasan.

warna logo MS mirip ChromeMengapa memilih warna mirip Chrome yang lahir lebih dulu? Benarkah logo baru? Coba lihat iklan MS Windows 95 di YouTube, Windows 95 Commercial. Nyontek dari sini? Ya.aah bukan baru dan maju namanya ..mundur. Tulisan ‘Microsoft’ berwarna abu-abu, tidak adakah warna biar lebih kontras?

Penafsiran terserah, bisanya cuma mengritik. Jadi segede Microsoft bisa? Hehe… bisa, bera.aat.


i Pavement, Kaki Lima Digital

kaki lima digitalJuli 2012 — Pengetahuan berada di bawah telapak kaki kita! Pergi ke mana saja di dunia ini, tidak kesasar! Semua informasi disimpan di emper alias trotoar alias kaki-5.

Lihat postingnya, Kaki-5 Digital.
 


Gilanya Google Goggle*

Juli 2012 — *Goggle = kacamata pelindung, kacamata kerja. Gagasannya mungkin berkembang dari Google yang menerapkan ‘gambar’ sebagai salah satu cara pencarian baru di samping ‘kata’ (key word) di web.
 
Google search via imageTidak tanggung-tanggung. Bermodal ‘gambar-cari’, ada 4 cara untuk menemukan situs yang terkait dengan gambar tersebut!
 
Baca artikelnya 3G, Gilanya Google Goggles


Tren Komputer Bergeser ke Mobile?

Maraknya smartphone, gabungan PDA* dan handphone, bakal mengubah cara kita bekerja. Nyaris apa yang bisa dikerjakan komputer juga bisa dilakukan oleh smartphone, komputer yang menciut ukurannya jadi sebesar handphone.

  • 100,9 juta smartphones terjual di kuartal (Q4) 2010, naik 87,2% dari pwnjualan Q4 tahun 2009 (45,5 juta di Amerika).
  • 15 juta tablet, masih masuk keluarga smartphone, terjual di 2010.
  • 79% penduduk diperkirakan beralih ke smartphones dalam kurun waktu 2 tahun lagi.
  • 72% pemakai akan membuka surel atau email di handphone.
  • 67% pemakai menyukai fungsi utliti (bantuan) menjadi kelengkapan, bukan website mobile.
  • 59% pemakai menginginkan pesan atau pengumuman ‘update’ real time tanpa berbayar di handphone.

Sumber: Email Server Hell.

Wah, tidak terbayang email spam beramai-ramai membom handphone kita! Nama juga mungkin sudah berganti jadi mobile computing. Waspadai.
* PDA, personal digital assistant, perangkat mini yang memiliki daya komputasi seperti ‘saudaranya’ PC, notebook, netbook.
baris baru

Update (Juli 2012):

Tablet PC kombinasi elektronika untuk komunkasi-komputer-konsumenLihat maraknya ‘gadget’ berikut, apakah ini disebut ‘mobile’ atau ‘computer’? Tidak kedua-duanya, pakai nama lain ‘pc tablet’.

Produk dengan harga relatif terjangkau seperti Advan Android T2V bisa untuk memotret, menelepon, nonton TV, merekam video, mendengarkan radio FM dan musik, bermain ‘game’, dan bekerja dengan ‘Office’! Merek Cyrus Pad TV (gambar) bahkan diperlengkapi dengan GPS segala.

Wah, wah… luar biasa.

Pustaka: MKN Perluas Pasar Cyrus TV Pad 3G Wifi ke Indonesia Timur


USB 3.0 vs Thunderbolt?

Intel mulai merambah ke dunia transfer data. Produk chip terbarunya adalah ‘Thunderbolt’, jauh lebih cepat daripada USB 2.0 yang kita kenal, dengan kecepatan transfer 10 Gbit/ detik (1.250 Mbyte/detik). Produk sudah mulai dipakai di Apple’s Macbook. Konektor mirip firewire untuk transfer data video.

Produk baru ini mengundang kritik juga. Intel sebaiknya tidak membuat standar baru tetapi mendukung pembaharuan teknologi USB 3.0 yang sudah mencapai kecepatan transfer 5 Mbit/ detik (600 Mbyte/detik) yang sudah ada sekarang. Orang harus mengeluarkan biaya tambahan dalam menerapkan teknologi dan standar baruk. Itu salah satu sebab vendor display/monitor dan HDD enggan memakai Thunderbolt.


Teknologi Terkini: Kulit Elektronik

kulit_elektronikSebuah terobosan membuat “kulit elektronik” atau “epidermal electronic system” (EES), yang direkatkan di atas kulit yang dapat mengikuti semua gerakan kulit meregang, mengekrut, memlintir.

Data yang diperoleh dapat digunakan untuk merangsang otot dalam proses antara lain rehabilitasi fisik, mengatasi gangguan tidur, dan masalah persalinan. Kulit ‘eletronik’ juga menghasilkan informasi bagi ECG (electro-cardio-graph, memantau & mengukur kesehatan jantung), EMG (electro-myo-graph, mengukur mekanisme/gerakan otot), dan EEG (electro-encephalo-graph, memantau/mengukur daya ingat dan kesehatan otak umumnya). Tentu kulit ‘elektronik’ ditempatkan di lokasi yang sesuai.
 
 

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: