Produk Paling Dicari di Masa Mendatang (1): Air Bersih

Bisnis yang sangat menjanjikan!

Kelangkaan air bersih sudah diantisipasi jauh mengingat di masa mendatang, jumlah penduduk dunia terus bertambah sedangkan persediaan air bersih dunia terbatas bahkan cenderung berkurang karena terkontaminasi zat berbahaya. Air bersih dipastikan suatu saat menjadi komoditi dagang mewah dan mahal. Kita sudah menyaksikan tanda-tanda itu dari sekarang.

Satu contoh kasus menghuni apartemen di ibukota. Sewa apartemen yang sudah relatif mahal itu ternyata belum menjamin memperoleh pasokan air bersih. Lihat gambar. Air apartemen (gambar kiri) diproses hingga diperoleh air jernih yang layak pakai (gambar kanan).

Jadi telitilah kalau hendak menyewa apartemen, karena diperlukan investasi tambahan untuk membeli peralatan penjernih dan membayar biaya energi. Kalau tidak, biaya menghuni mungkin bisa jadi lebih mahal lagi karena harus tinggal di …rumah sakit! Jangan. Kita tidak sadar salahsatu biang keladi penyakit itu berasal dari air ”kotor”! Kandungan zat tertentu yang melebihi batas ambang di dalam air, bisa menyebabkan kanker, kerusakan gigi, merusak pembentukan tulang, rambut rontok, patah kuku, degradasi fungsi otak, penyebab alergi, dan seterusnya. Mudah-mudahan kita tetap sehat dan cukuplah mengeluarkan sekedar biaya pengganti pakaian warna terang kita yang telah kusam kekuningan karena dicuci air kotor.

Gara-gara air kotor lahir berbagai bisnis mulai penjernih air sederhana hingga ke perangkat berteknologi tinggi yang sanggup menghasilkan air layak minum. Tak mau kalah muncul bisnis air siap minum dalam kemasan botol dan galon dan bisnis air isi ulang. Seingat kita bukannya air itu sudah tersedia di alam dan ”gratis”?

Enak sekali bisnis ini, ya. Meraup untung besar akibat tingkat kebersihan air yang kurang memadai. Bisnis sampingan ikut-ikutan mengambil untung seperti zat penjernih air, zat penghilang bau, zat pembunuh kuman, tangki air, dispenser, jasa penatu/binatu, dan seterusnya. Bisnis masih ditambah lagi dengan bisnis rumah sakit, obat-obatan, kosmetika, herbal, jamu, dan jasa terkait kesehatan, kebugaran, dan kecantikan lainnya. Wow, dahsyat sekali bisnis yang tercipta dampak air kotor itu!

Kita dihadapkan kepada 2 pilihan, berhemat memakai air bersih atau mendaur ulang air kotor jadi air bersih. Air kotor bisa bersumber dari sungai, air danau, air hujan, atau air bekas mencuci dan mandi. Air ditampung dan disaring kembali untuk dijernihkan. Meski belum layak jadi air minum paling tidak masih dapat dipakai mencuci dan menyiram tumbuhan. Di Jepang dipakai mendinginkan ruangan di musim panas untuk menghemat biaya pendingin ruangan (ac, air conditioner).

Ada juga bisnis air bersih yang diambil dari udara. Kelembaban udara tinggi seperti Indonesia, dimanfaatkan untuk membuat perangkat penghasil air bersih hingga air minum. Kreatif, hebat.

Ada yang berminat menekuni bisnis ini?

:D  (meminum air hasil proses limbah kita sendiri, keringat dan air seni? hiiy… .)

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.