Menghilangkan Vokal di Lagu Dengan Audacity Untuk Karaoke

Excel berhasil membuat skrip subtitle karaoke, tetapi belum berhasil menghilangkan vokalnya. Tentu saja, Excel bukan program audio. Vokal akan kita hapus atau hilangkan dengan Audacity, sebuah program audio bagus yang cukup canggih, mudah mengoperasikannya, dan free .

Menghilangkan vokal gampang-gampang susah. Kalau saat rekaman stereo vokal berada di satu kanal dan musik di kanal lain, itu soal mudah. Hapus kanal vokalnya saja. Beres. Sekarang sudah jarang rekaman dengan cara ini.

Menghilangkan Vokal

Metoda ‘Invert’

Untuk vokal dan musik yang direkam bersama di kedua kanal, yang pasti ada dan sama adalah vokalnya. Musiknya berbeda (yang sama sedikit). Jadi kalau vokal di salahsatu kanal di’invert’ (dibalik, berlawanan) diharapkan dapat menghapus vokal di kanal satunya. Hilang ‘deh vokalnya.

menghilangkan vokal di lagu dengan AudacityBuka lagu ‘Sio Mama’ di Audacity.
Klik menu ‘track’ atau kanal (bintik merah).
Pilih “Split Stereo Track”.
Klik lagi dan setting ‘mono’ untuk keduanya.
Aktifkan (klik) salahsatu ‘track’ (mis. Right).
Klik menu ‘Effects’, klik “Invert”.
Putar lagunya dan hilang!
Simpan lagu, ‘blok’ kedua kanal [Ctrl] [A]
Klik ‘Export’, siap dipakai latar karaoke.

Tetapi hasil sepertinya kurang memuaskan. Sebagian suara instrumen musik hilang turut terhapus sehingga musik terdengar ‘kering’.

Metoda ‘Band’

Ada satu plugin Audacity untuk menghilangkan vokal dengan kualitas lebih baik, Center Pan Remover. Salin berkas ‘centerpanremover.ny’ dan paste di folder Plugin Audacity.

Jalankan Audacity.
Buka lagunya, tidak perlu di’split’.
Klik menu [Effect].
Klik menu [Center Pan Remover].
Pindahkan setting ke ‘0’ (‘band’).
Geser slider batas frekuensi batas bawah.
Geser slider batas frekuensi batas atas.
Klik [OK] atau [Debug].
Putar lagunya, lebih oke sekarang?
Simpan dengan klik ‘Export’.

Frekuensi batas bawah dan batas atas adalah frekuensi vokal penyanyi yang akan dihilangkan. Tentunya nada instrumen musik yang berada di dalam zona ini juga turut terhapus. Sebagai acuan bisa diambil mulai batas suara pembicaraan orang (seperti di telepon) sekitar 300 ‘Hz’ (batas bawah) dan 3400 ‘Hz’ (batas atas). Batas pendengaran manusia adalah 20-20.000 Hz.

Setting ‘1’ (‘channel’) hasilnya mendekati ‘invert’ Audacity. Data frekuensi batas bawah dan batas atas di kotak tidak berlaku.

Bagaimana pun vokal tidak mungkin hilang 100%.

Hasil

Suara musik karaoke berikut adalah gabungan tiga lagu, detik ke 0 original, detik ke 15 invert, detik ke 30 band. Bandingkan.

Bunyi instrumen metoda ‘band’ tidak se’kering’ ‘invert’ tetapi tetap tidak bisa menyamai musik asli. Cari kompromi batas frekuensi ‘band’ di mana suara vokal masih bisa diterima tanpa menggangu kita yang mau menyanyi, untuk memperoleh suara musik seutuh mungkin.

Sekarang tinggal mengulang membuat klip video dengan musik latar baru tanpa vokal ini. Sempurna sudah klip video karaoke kita!

Fitur Audacity Lainnya

Konversi stereo ke mono

Bukankah kita sudah melakukannya tadi, klik setting masing-masing kanal menjadi ‘mono’? Untuk penyimpanan, blok ke dua kanal ‘mono’ dengan [Ctrl]-[A], klik menu [Project]-[Quick Mix] (jadi satu gelombang saja), lalu ‘Export’. Kalau dibuka nanti, lagu atau musik hanya berisi 1 kanal mono saja.

Plugin

Senang main-main efek audio? Plugin Audacity menghasilkan efek ‘pan’ (perpindahan suara dari kanal kiri ke kanan atau sebaliknya), dan banyak lagi, ada di Audacity Plugins download.

Silakan manfaatkan.

😀

… sudah setengah jalan, mau coba ikutan kontes se&o, bukan soal kalah-menang (‘eh mau juga) tetapi (1) menguji blog di google (2) mempromosikan blog (3) ingin tahu blog efektif sebagai sarana promosi bisnis.

Tentang

seorang warga senior yang ingin dan senang berbagi pengalamannya menjelajah kepada generasi muda.. -- a senior citizen who is willing and enjoy sharing his traveling experiences to the next young generation..

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam Blogging
72 comments on “Menghilangkan Vokal di Lagu Dengan Audacity Untuk Karaoke
  1. dennys berkata:

    thngkx wat postx,,,bang

  2. Terimakasih infonya , sangat bermanfaat

    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://katalogalatantrian.blogspot.co.id/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

  3. Ardi berkata:

    wah..keren bang..mau curhat bang!!nih ada kawan bang, dah buat klip lagunya sendiri (vcd) tp wkt rekaman gk dibuat versi karaokex,.pas ngobrol ma ph, ktx dah gk bs lge dibuat versi karaoke, malah dia ‘nantang’, katanya kamu bs gk buat karaokenya dgn vcd yg dah jd?? hehehe,.. qu senyum aza,..but dia nungu hasilx.. penasaran jg aqu, hehe,..btw abang bs bntu gk?? cp,ARDI. sms (0823 8243 9333)

    • riosetoblog berkata:

      terimakasih tawarannya, untuk rekaman karaoke serius perlu program serius. sempat lihat artikel karaoke di blog ini? kalau kualitas seperti itu cukup, silakan mampir ke sini lagi, ya.

  4. Muth berkata:

    Pak/mas/om.. Mnta tolong hlangin vokal lagu cindai-siti nurhaliza..
    Buat ujian praktek ni, udh nyari2 di google tp nggak dpt jg yg karaoke..

  5. marshall berkata:

    Gan menu “Invert” di Audity versi indo kaga ada..

    Tolong bantu gan..

    • riosetoblog berkata:

      ah masa… mungkin soal istilah saja, coba cari dulu. saya belum coba versi indonesia, kalau terpaksa pakai versi inggerisnya, bisa ‘kan? 😀

  6. Yogie Share berkata:

    Kurang rinci mas penjelasnya kalo tidak pake gambar. apa lgi Audacity pake bahasa indonesia.. wah tambah linglung nantinya. Tp terimasih saya udah bisa berkat artikel ini. walaupun ngoprek2 kaya gini 2 jam 😀 heheh makasih

    • riosetoblog berkata:

      Terimakasih kritik membangunnya mas Yogie.. setiap tahun semua artikel dikaji kembali dan diperbaiki,. nanti dikasih gambar deh. Hehe.. istilah bahasa asing bingung ya, saya belum sempat lihat yang bah.indonesia.

  7. kalau untuk ngambil suara vokalnya bisa tidak dengan cara ini?

  8. winarzo berkata:

    mhon lbih spesifik Gan,,tutorial nya biar lbih ngena dan bsa d praktekkan,,,Sya pnasaran bnget neh,,,msh blm kena aja neh,,dah nyoba!!!!!

  9. Ronny Agung Surono berkata:

    Toloooongin saya dooong Oom.. tantee… 😦 saya hrs perform tgl 1 mei besok. wkt tinggal 5 hari tp saya ga bisa dptin lagu karaoke original yg bagus.. dr kemaren udah acak2 Google tp gak memuaskan hasilnya. sy mau invert lagu ini http://www.youtube.com/watch?v=qFIOW3P83O8 mohon dengan sangat bantuannya yaaa Oom.. Tanteee… mamaaciiihh O:-)

  10. afie berkata:

    ga semua lagu bisa di hilangkan ya vokalnya?
    aku udah install audacity 1.3.2 tapi ga semua
    lagu bisa di split stereo track, kenapa ya?

    • riosetoblog berkata:

      (1) Betul Bro, bergantung saat merekamnya. Kalau cuma di 1 kanal, sukar dihapus.
      (2) Mono bisa dibuat stereo kanal 1 dan 2 sama isinya. File jadi 2x lebih besar.

  11. afie berkata:

    ga semua lagu bisa di hilangkan ya vokalnya?
    aku udah install audacity 1.3.2 tapi ga semua lagu isa di split stereo track, kenapa ya?

  12. DITYA berkata:

    TOLONG DONG LAGU VIERRA BERSAMAMU
    MAKASIHHH

  13. bnk berkata:

    itu yg kamu pake audacity versi apa ya kalau boleh tau? punya saya audacity yg 2.0.2 tp kok ngga ada efek invertnya?

  14. devi berkata:

    Pak, kalau mau menghilangkan vokal di lagu ini http://www.youtube.com/watch?v=odYRYPEmfsc gimana ya? Kemarin udah sempet ilang, tapi pas mau nge-save harus download lame dulu. Ok, udah download dan coba save kok tetep gak bisa jadi format mp3, ya? 😦
    Bisa dibantukah? Makasih ya, Pak 🙂

  15. hnazizah berkata:

    kok masih ada suara aslinya?? apa lagunya harus yang premium?

    • riosetoblog berkata:

      bukan premium, tetapi masalah saat perekaman vokal di studio. kalau vokal direkam di 1 kanal, tidak/belum bisa dihilangkan dengan program apa pun.

  16. sandwichcream berkata:

    makasih informasinya, jadi harus download audacity nya dulu deh-__- bisa gak ya kira kira kalo pake virtual DJ? .__.

  17. Root berkata:

    asem,,ane pke yg bahasa indonesia..
    invert klo di versi bhs indonesia jadi apaan ya

  18. ibenk berkata:

    nice post,,boleh ikut copy yah?

    • riosetoblog berkata:

      silakan ‘like’ dan reblog… audacity versi terbaru sudah termasuk menghilangkan vokalnya, posting belum sempat update, mau tunggu?

  19. mustika berkata:

    maaf saya mintak tolong hilangkan vokal lagu ini – http://www.youtube.com/watch?v=izUJwkPvK5s … saya perlukan ini esuk .. tolong sangt yaaa

  20. mustika berkata:

    bule tolong hilangkan Vokal lagu ( Ukays – Lepaskan mu kerana terpaksa ) ?? saya perlukan ini .. tolong ~~~~

  21. khoirul mukminin berkata:

    mantaap nich sayang nya aq gak bisa 😦 , klo boleh minta tolong donk mas , hilangkan vocal pada lagu maafkan (dbagindas) (pray) ntar upload , biar saya download (pray)
    aku dah dr kemaren2 nyoba gak bisa2 mas 😦

  22. Yuki Chan berkata:

    vokalnya tetep ada

    • riosetoblog berkata:

      tidak bisa hilang sempurna, vokal tetap ada kalau rekaman lagu induk vokalnya hanya ada di satau kanal, di kanal kiri saja atau di kanal kanan saja. vokal harus ada di kedua kanal. cobalah eksperimen dengan lagu lain.

  23. Yuki Chan berkata:

    kok hasilnya jelek?

    • riosetoblog berkata:

      setting frekuensi yang akan dihilangkan jangan terlalu ekstrim (terlalu lebar); nada musiknya ikut hilang. hasilnya jadi jelek. cobalah dengan setting lebih sempit.

  24. Yuki Chan berkata:

    demi gak ngerti. saya audacity pake bahasa indo -_-

  25. sangat bermanfaat, makasih gan infonya sungguh bermanfaat buat saya

  26. faiz berkata:

    Makasih yoo gan..

  27. dedy berkata:

    gan terima kasih atas infonya, kalau disini kan menerangkan menghilangkan vocal kalau mau menghilangkan instrumentnya bagaimana ya, jadi cuma suara vocal doang yg ada
    terima kasih.

    • riosetoblog berkata:

      hanya studio rekam atau production house yang memiliki master lagunya yang bisa melakukan demikian. software audacity atau sejenis seperti ‘ExtraBoy’ dan ‘KnockOut’ hanya menghilangkan vokal, bukan musik. dari beberapa forum diragukan bisa menghilangkan musik dan meninggalkan vokalnya dengan sempurna… begitu.

  28. stiiaa berkata:

    kok ga ad tulisan center pan remover sih? -_-

  29. cindy berkata:

    terimakasih infonya, tapi cukup sulit-_-

  30. fals berkata:

    gan, ak mw menghilangkan vokal dengan metode invert, tpi aku gak paham maksud kalimat
    “Aktifkan (klik) salahsatu ‘track’ (mis. Right).”
    udah beberapa kali aku lakukan langkah sebelumnya, tapi gagal
    mohon dibantu ya.
    thanks

    • riosetoblog berkata:

      klik mouse di ruang setting atau di ruang ‘gelombang’ salahsatu kanal. ruang setting jadi “gelap” tanda aktif. gelombang siap di’invert’.. lalu coba kembali dimainkan lagunya, seharusnya hilang.

      hasil penghilangan vokal tidak sempurna kalau vokal tidak sama di kedua kanal.

      belum punya blog ‘fals’?

      salam,
      😀

  31. iqbal berkata:

    info bagus nih 😀
    ane bisa gunakan buat broadcast sekolah
    thanks ya gan ^_^d

  32. nice info gan, ane mo bikin video karaokean buat ujian praktek 😀

  33. Diari andi berkata:

    bagus gan infonya walaupun gw sering pake puppy linux tapi jarang coba audacity

  34. tika berkata:

    ayo berkaraoke bareng gan…makasi dah memasang link blog saya….semoga tambah sukses ya

  35. batik madura berkata:

    info yang bermanfaat…

    ditunggu kunjungannya balkinya yach… 🙂

    http://batikmadura.tk

    jangn lupa komentarnya… 🙂

  36. batik madura berkata:

    nice infonya mas bro…

    ditunggu kunjungnanya yach..

    http://batikmadura.tk

Silakan komentar, 'like' juga oke

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Kereta Api di Jembatan Cikubang Purwakarta

Kereta api melintas di atas jembatan Cikubang Purwakarta