RIO SETO

Nama depanku Rio Seto, Yudoyono belakangnya. Bangga dilahirkan jadi anak Indonesia dan memilih mengabdi guru sebagai jalan hidupnya. Meski lebih setengah abad telah berlalu, masih merasa tetap jadi murid, senantiasa belajar, membangun, membekali diri dan berbagi dengan anak didik, agar bisa menjadi manusia seutuhnya bagi dirinya sendiri maupun sesama…

Panggil namaku Rio atau Seto saja.

update: 26 oktober 2012 (idul adha)

RS-signature-WordArt-PNG

blog eksperimen ini diluncurkan jumat 5 juni 2009
pengetahuan blogku nihil, modal cuma tekad dan nekat saja
jadi mohon dimaklumi kalau banyak salah di sana-sini…

• Buku Tamu
• Tukar link ‘yuk!

66 comments on “RIO SETO
  1. Ardi berkata:

    slam kenal, bang… mau curhat nih,.. ada teman dah buat video klip (vcd), lagu cipt. sendiri,.. tp pas rekaman katx gk buat versi karaoke,.. dah jualan dia,..nah dia tx bisa gk dibuatkan versi karaokenya, bang?……klu bisa sih dia bilang siap bayar jasa…(trgantung hasil),.. gmn bang? bs di bantu ?.. mhn balasannya,.. coz ada teman bilang ktx dah gk bisa dibuat versi karaokenya,.. klu bisa bang.. CP.. sms ke 0823 8243 9333

  2. darma berkata:

    selamat sore, pak Seto.
    tulisan tentang google sketchup di blognya menarik. apakah bapak berminat untuk berbagi dalam bentuk buku? kalau berminat, bisa menghubungi saya via email.
    makasih.

  3. Agus Lenyot berkata:

    Seorang guru yang ngeblog, tak lelah untuk berbagi. Salam kenal pak. Mari main-main ke halaman di blog ini :))

  4. arif berkata:

    salam kenal ya pa rio…hhahahha
    pa rio aja de sa panggilnya kayak pembalap gitu
    salam kenal ya pa rio
    kirim emailnya pa rio di
    arifurrahman_burhanuddin@yahoo.co.id

    makasi pa rio

  5. Improve your vision naturally!…

    Thanks. Left you a trackback to help your readers improve eye vision naturally….

  6. ayahocit berkata:

    salam kenal pak seto
    saya juga seorang guru. baru belajar ngeblog. niatnya sih, buat curhat, hehe.

  7. Andri Haryono berkata:

    Salam hangat pak
    Saya andri, alumni EL ITB angkatan 2006
    kmrn dapet rekomendasi dari Pak Yudi Satria, Saya sedang mendalami metode dan teknik desain PCB multi layer pak, mgkn bapak ada saran atau referensi mengenai hal ini?

    makasih ya pak

    • rioseto berkata:

      silakan hubungi mas damianus sigit; kalau weekend iseng jalan ke “warung tenda bebek” di sudut lapang lodaya. dulu dia dibimbing multilayer pcb design house taiwan hingga menghasilkan motherhboard PC thin client, yang sayang tidak berlanjut menjadi industri. 😀

  8. udininaction berkata:

    salam kenal pak rio.
    blog saya baru dibikin semalam. belum berisi. kayaknya mau ngisi informasi yang bermanfaat seperti blog pak rio. i lov yu blog full

  9. davidgultom berkata:

    wahhh.. niatnya mau nyari nama lengkap bapak sekaligus gelar bapak buat di buku TA saya eh malah ketemu blog bapak nih di sini..hehe
    doakan saya pak, anak bimbingan bapak, yang sedang bergulat dengan tugas akhir.. kira2 tanggal 10 atau 11 maret ini akan sidang, pak..
    btw, blog nya bagus pak!
    terimakasih pak..

  10. PMB Bandung berkata:

    Diantos gabung di Milis PMB… aya 240 email…

    Bambang Budianto PMB 79

  11. bayu putra berkata:

    jujur sudah lama (baru 2 bulan pak kan mulai menggeluti blog baru 2 bulan, masih pemula pak perlu banyak belajar lagi sama bapak.) saya mencari2 blog guru sebagai wadah bertukar pikiran,pengalaman dan ide2..terutama saya yg hanya guru honorer pak jadi masih pemula sekali..tetapi niat saya besar pak supaya murid2 saya bisa sukses semua…semoga kita bisa menjadi sahabat/patner pak yah wlaalupun hanya melewati dunia maya saja…salam hormat dari saya di Kalimantan Tengah Pak…

    • rioseto berkata:

      mas Bayu jangan suka merendah begitu ‘deh… kalau bukan kita yang membesarkan dan memuliakan diri lalu siapa lagi (mungkin yang tidak perlu adalah tidak usah diomongkan, hehe… )

      Prestasi blog mas Bayu saya nilai sebuah prestasi luar biasa hasil blogging (baru) 2 bulan; tulisan marak penuh dengan nuansa pendidikan. Yang saya suka itu lho, “PNAUD” (Pendidikan Ngeblog Anak Usia Dini). Luar biasa… excellent!

      Lanjutkan mas Bayu! Hidup Kalimantan Tengah…
      (keep in touch always)

  12. bayu putra berkata:

    Salam kenal Pak RioSeto.. suatu kehormatan besar bagi saya karena bisa berkunjung ke blog bapak..sebelumnya beribukata terimakasih saya ucapakan kepada Bapak karena sudah berkunjung ke laman blog saya…
    untuk memper erat tali silaturahmi saya mentaut blog bapak di blog saya dan supaya saya juga bisa mudah mengunjungi laman blog bapak….

  13. rey berkata:

    salut mas seto. blog nya sangat bagus. saya paling suka bagian motivasinya.membakar orang untuk maju. sepuluh jempol nih buat mas seto….he he…
    nb: orang sesibuk mas seto gimana cara bagi waktunya ya????????? bingung gw

    • rioseto berkata:

      sehari 24 jam alias 86,400 detik, sepertiga untuk istirahat, selebihnya kegiatan diabdikan untuk mendidik termasuk menulis blog, untuk berbagi samasekali bukan menggurui… (jauuh).

      jempol cuma ada 4, sisanya pinjam ya? hehe… itulah tugas guru, cuma satu, mencerdaskan anak bangsa, mengantar supaya cerdas, berbudi luhur, sejahtera… bukannya mas rey sama?

      😀

  14. kepinghidup berkata:

    Pak Seto…salam kenal pak.. saya pendukung teknologi lho.. walaupun kadang-kadang gatek. saya termasuk pendukung teknologi bisa meningkatkan kinerja organisasi.. salam sukses

    • rioseto berkata:

      salam kenal lagi mas Indra… ayo maju terus, teknologi khususnya informasi tak pernah habis-habis, berubah terus; tetap semangat biar banjir juga (eh, tidak kebanjiran di daerahnya mas Indra, ya).
      😀

  15. rioseto berkata:

    @chachanpesulaphandal
    itu dulu..uu sekali; selubung jempol, telor bolong, kartu kembar, tongkat kertas, hehe… sekarang pasti lebih canggih pakai teknologi, ya.
    😀

  16. rey berkata:

    bos, ko belum balas?
    boleh minta nomor hp ga? soalnya kalau ada yg “penting” saya bisa nanya .( kalau ga keberatan)
    thanks berat ya bos

    • rioseto berkata:

      rasanya sudah, yang 4 MHz itu ‘kan? ada lagi ‘gitu? oke dalam kondisi darurat silakan di-call saja di 0816 486 3306, hehe… Rey sibuk banget, ya.

  17. salam kenal dan persahabatan om rio, isi blognya sangat menarik, menambah pengetahuan dan wawasan saya.

  18. reynhard binsar berkata:

    nambah lagi pa seto ya
    tulisan di atas komponennya seperti ini:
    50600-136
    4.000000MHZ
    MHO+13F AD
    M-TRONO4-10-42

    saya udah periksa ulang ,nol nya ada 6 buah.

    kalau prescaler, mau buat sendiri contoh rangkaiannya ada dimana ya..
    thanks berat bos, atas bantuannya

  19. reynhard binsar berkata:

    pa seto:
    1.saya ada board punya pabrik.saya bingung servisnya.Xtal nya 4.000.000 Mhz sedangkan alat ukur saya cuma mampu 10 Mhz. Gimana cara ngakali supaya bisa ukur dengan alat ukur sy.
    2. gimana caranya spy blog yang kt buat dapat di baca org.Saya udah buat banyak blog,tapi setiap sy ketik kata kuncinya ( mis nama saya ) tidak muncul apa apa.
    Apanya yg salah.
    thanks berat bos…..jangan pernah bosan dengan pertanyaan sy.
    soalnya dari warnet, jadi banyak kata kata yang salah

    • rioseto berkata:

      Dijawab di sini saja, ya.

      Tidak salah tulis, 4.000.000 Mhz? Mungkin maksudnya 4.000 Mhz (4 GHz) ya. Diperlukan rangkaian tambahan namanya Prescaler atau Frequency Divider; kalau tidak ada yang jual terpaksa harus bikin sendiri. Kalau dibagi 1000 saja, tinggal 4 MHz, bisa diukur pakai alat ukurnya Reynhard.

      Hehe… blog itu seperti orang, untuk dikenal juga harus lapor dan mendaftarkan diri dulu dong! Silakan daftar, ada banyak di sini http://www.wordsinarow.com/blog-registration.html Kalau sudah (atau belum) sukses, kasih tahu, ya.

  20. endar berkata:

    salam kenal pak
    blognya mantap sekali pak.. layak dijadikan referensi
    terima kasih

  21. yogasawara permana berkata:

    assalamu’alaikum pak..
    pak gimana kabarnnya????
    baik kan????
    pak gimana keadaan pak sigit ma udin sehat kan pak???
    salam untuk semua ya pak…

  22. reynhard binsar berkata:

    setuju pa seto. kita beli sandal dari tanah abang,terus dikasi assesoris, udah bisa dijual hampir 2x lipat. mnrt sy yg penting kita dapat membuat nilai tambah dari barang tsb. btw mail saya belum di jawab nih bos…udah sy tunggu hampir 2 minggu

    • rioseto berkata:

      Hehe… mas Rey, bisnis itu think big start small, tidak usah yang muluk-muluk tetapi realistis. Dengan waktu nanti juga tumbuh besar. Percayalah.

      Nanti coba saya cek mailnya Rey, takut terlewat, maklum banjir…

  23. romailprincipe berkata:

    bisnis elektronik ya?
    hmmm..bisnis sembako aja,,mau lebaran..ups..asal jangan nimbun yak

    Salam hangat pak

    • rioseto berkata:

      ‘Ngomongnya betul elektronika, IT, software, dll. … tapi bisnis tidak harus elektronika. Saya senang kalau mas Romail mau menekuni bisnis jangka panjang. Sembako buat Lebaran ‘kan musiman seperti Natalan, Tahun Ajaran Baru, dst.

      Tidak usah yang susah, “cangkang” flash-disk didesain ulang dan disesuaikan permintaan kustomer seperti di”ukir”logo PT, atau, ucapan terimakasih acara wedding, atau selamat ulang tahun, atau cinderamata wisata, wisuda sekolah (SMP, SMU, sekolah tinggi). (setahun bisa jual 50,000, untung bersih $1, berapa?)

      Salam,

  24. rioseto berkata:

    @nusantaraku,
    ada riset kecil-kecilan LIPI, entrepreneur itu berasal dari mereka yang tidak tamat menyelesaikan sekolah tingginya; jadi orang-orang seperti mas Rey ini harus didorong maju, karena merekalah pencipta lapangan kerja…

    Terimakasih dorongannya, saya pikir kita harus membentuk blog “mosaik”, blog-blog yang saling melengkapi dan bersinergi, membangun negeri ini seperti, nusantaraku . Excellent!

  25. rey berkata:

    ternyata buat milist susah juga ya.kemaren udah utak atik tapi pas di buka ko ga ada ya?tapi harus di coba lagi. kaya servis tv. coba,gagal,coba,gagal…..eh lama lama bisa. btw,pa seto tau ga yang jual gps,tapi komponennya.udah mutar2x,glodok,yang ada yang udah jadi.n harganya mahal(paling murah 1,2 jut a(gps garmin)).mau buat aplikasi gps berbasis mikrokontroler.padahal klo searcing di web,paling 100.000an.cuma klo beli banyak,kantong sy bisa robek besar.thanks berat atas bantuannya

  26. rioseto berkata:

    Sii..ip, luar biasa semangat mas Rey ini! Sudah lama ditunggu-tunggu; horee… blog eksperimen saya berhasil mengemban misi melahirkan banyak aktivitas baru dampak berbloging. (Yang harus terus berlanjut ke dampak ekonomi/bisnis, dalam produk dan jasa, termasuk industri kecil-kecilan.)

    Beritahu saya kalau sudah siap, oke?

    Nanti saya kontak toko di Bandung yang tentu punya link toko di Jakarta, baik Glodok maupun Mangga-Dua.

    Rey akan jadi besar karena kemauannya yang keras, mau belajar dan berusaha. Jadilah teladan untuk menarik teman-teman lain. Dorong, maju terus…

  27. rey berkata:

    ok deh.saya akan coba buat milist dan blognya.kasih saya waktu 1 minggu untuk mempelajari cara buatnya.maklum pendidikan saya tidak tinggi,jadi butuh waktu lama dan perjuangan berat untuk mengerti dan membuat sesuatu.tapi kalau semangat saya jangan ditanya, lagi berkobar kobar…..kalau boleh toko di jakarta juga .soalnya saya tinggal di jakarta.

  28. rey berkata:

    ini usul saya pribadi nih. gimana klo disediakan tempat,supaya kita kita yang hobby elektronika dapat bertanya.kan sayang ilmu bapak,ga semua orang dapat mendengar.kebayang kan klo 1% peminat elektronika di indonesia dapat bergabung. saya pikir,kebanyakan mungkin mirip saya,yang dipikirin servis melulu,padahal banyak sisi yang lain yang belum kepikir sama sekali.mungkin mind set nya harus dirobah.

    • rioseto berkata:

      Bagus! Mas Rey yang buat blognya atau forum milisnya, bagusnya sih kedua-duanya, saya dukung dari belakang dengan informasi apa saja yang berguna. Coba nanti saya hubungi toko-toko elektronika di Bandung minta bantuan agar beli komponen atau buat pcb harga diskon! (Harga biasa tetapi diskonnya untuk kas forum biar tumbuh jadi gede!) Setuju?

  29. rey berkata:

    nyambung lagi nih. klo benar, banyak yang ingin saya tanyakan tentang elektronika,misalnya peluang bisnisnya,cara pengelolaannya,dan hal hal lain yang perlu di perhatikan.saya sedang belajar elektronika ,yaitu cara desain hardware dan software.kira kira kemana mau arahnya ya ??????

  30. rey berkata:

    biarpun blog nya agak kurang….,tapi salut atas prinsipnya yang “nekat” mencoba .klo negara kita ada 1% aja berprinsip kaya gini,kita pasti maju.saya dukung 100%,agar prinsipnya di tularkan ke semua orang?btw,benarkan bapak dosen itb?adek saya dulu kuliah disana.

    • rioseto berkata:

      Terimakasih mas Rey atas kritikan membangunnya. Begitulah kita maju, kalau bisa kritik lanjut dengan solusi bagaimana blog ini seharusnya. Memang rencana setelah bulan ke 3, saya berhasil menemukan bentuk final blog, dan keluar blog baru yang cantik dan menarik… (Blog ini baru 65 hari, mas Rey, mohon maklum deh.)

      Siapa nama adiknya, jurusan apa dan angkatan berapa? Bisa dilacak ‘kok.

  31. rey berkata:

    saya suka dengan blog ini.btw ini rio seto yang dosen itb/lab manufaktur PAU atau yang lain? ntar komentar salah orang lagi

    • rioseto berkata:

      Sesalah-salahnya salah orang, tidak salah dik Reynhard! Pasti pernah bertemu, di mana?
      Hehe… what do you like from this blog?

  32. rioseto berkata:

    Belum, nanti saya kunjungi Kompasiana, oke… mas Ahsan lupa kasih judul artikelnya apa, ya?

  33. l.ahsan-raha berkata:

    Rio Seto !
    Apa pernah juga liat blog aku di kompasiana?
    Saya sedikit kritik tentang penyelenggaraan pendidikan di negeri ini!!!
    Nah sebagai Guru, gimana tanggapannya???

  34. l.ahsan-raha berkata:

    Rio Seto !!!
    Apa pernah juga blob aku dikompasiana?
    Saya ada kritik tentang penyelenggaraan pendidikan di negeri.
    Sebagai Guru, gimana tanggapannmu???

  35. kunilkuda berkata:

    Wah. Akhirnya muncul juga Pak Seto di internet =D

    Jangan nulis soal blog mulu aja Pak, bagi donk ilmu me-rakyat-nya. Kan Pak Seto jago-nya… hehehe =P

    • rioseto berkata:

      Hai Kunil! Senang ketemu Anda! Aku sudah lihat blognya, hehe… belum diupdate, ya. Stres liburan, jadi nekat bikin blog biar belepotan juga, sambil ngukur jalan (tidak ada rencana tadinya).

      Eh iya sih bikin blog menghabiskan waktu, tetapi menyenangkan, dan satu saat aku ingin elektronika juga bisa jadi besar berkat ulah blog. Begitu.

  36. apiqquantum berkata:

    Salam sukses…!
    Saya nantikan tulisan-tulisan di blog selanjutnya,
    Agus EL93

  37. Budi Nugroho berkata:

    Hebat

    • rioseto berkata:

      Mas Budinuk, hehe… , nama panggilan bagus, anda juga hebat! Buat komentar lagi di artikel utama oke, biar yang lain baca. Terimakasih.

  38. Mr.o2n berkata:

    Aku mas bermodalkan penasaran akan hal2 yg tdk aku ketahui.ngenet aja aku dapatnya secara otodidat bikin email,facebook,blogging,kesemuanya kudapat dgn belajr sndiri,dan lbh parahnya aku kaga pernah megantu apa namanya kmputer,maklum mas org pedalaman kaga ada warnet,warkop aja susah nyarinya.

    • rioseto berkata:

      Mas Jumal itu hebat! Jarang orang yang begitu bersemangat, dengan perangkat yang ada (cuma hape), dengan kemampuan sebisa-bisa, apalagi belajar sendiri, berusaha untuk bisa membangun relasi sosial… award yang begitu banyak sudah cukup jadi bukti. Sabar mas Jumal, nanti ada saatnya mas Jumal keluar tampilkan diri. Tetap bersemangat, oke?

Silakan komentar, 'like' juga oke

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Kereta Api di Jembatan Cikubang Purwakarta

Kereta api melintas di atas jembatan Cikubang Purwakarta